Menu
SeskemenkopUKM: UU Ciptaker Ciptakan Ruang Tumbuhnya Usaha Mandiri di Masyarakat Khususnya UMKM - Anggota DPR: Koperasi Jadi Salah Satu Wadah Terdepan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional - MenkopUKM: Peran Koperasi Syariah Strategis Dalam Pengembangan Ekonomi Umat - ACIS 2020 Bantu Pelaku Industri Temukan Strategi Lewati Pandemi Percepat Pemulihan Kinerja dan Menciptakan Masa Depan Perusahaan - MenkopUKM Tekankan Tiga Hal Dorong UMKM Go Digital - KemenkopUKM Dukung Smesco Ciptakan Inovator Bisnis Berbasis Tanaman Di Loka Hejo - Peringati Hari Guru, BNI Syariah Gelar Webinar Bersama ESQ - Pelaku Usaha Mikro di Bandung Rasakan Manfaat Banpres Produktif - MenkopUKM: UMKM Papua Bisa Fokus Pada Komoditas Unggulan - Bank DKI Dukung Layanan Digital Petrokimia Gresik

Physical Distancing, Tetap Produktif di tengah Wabah dengan Pelatihan Online

April 11, 2020 | ekbis

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dengan melaksanakan _physical distancing_ telah membuat metode _live streaming_ menjadi pilihan masyarakat untuk tetap bersosialisasi, berbagi pengetahuan, dan produktif. Salah satunya adalah dalam melaksanakan Pelatihan atau Diskusi secara online.

Seperti yang dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama konsultan media OK’S Consultant (PT Opatan Komunika Sejahtera) saat menggelar Pelatihan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Peserta diskusi dapat menyimak pembicara pelatihan dari tempatnya masing-masing dengan mengakses channel pada aplikasi video sharing, _youtube_. Pelatihan yang mengusung pembicara Dudung Arief Rahmanto (pegiat Search Engine Organizing/ SEO dari Dominasiserp.com) ini dilaksanakan pada Sabtu (11/4/2020).

Uniknya Dudung berbagi ilmu dari sebuah kota di Jawa Timur, sementara penyelenggara OK’Consultant memandu acara dari beberapa tempat di Jabodetabek. Tema pelatihan pun bermanfaat bagi UKM agar lebih maksimal melakukan pemasaran online yaitu “Digital Marketing, Solusi Hemat Promosi UKM di Tengah Wabah Covid-19” .

Dalam pemaparannya Dudung menuturkan, memasuki era milenial yang sarat ketergantungan pada _social media_ seperti sekarang ini, _digital marketing_ telah menjadi salah satu strategi promosi dan pemasaran yang sangat relevan sekaligus efisien bagi UKM. Salah satu bagian dari strategi yang dapat memaksimalkan _digital marketing_ adalah dengan mengimplementasikan SEO agar dapat mengoptimalkan promosi produk atau website milik UKM.

“Dengan implementasi SEO, UKM berpeluang menghemat biaya iklan. Selain itu, implementasi SEO juga terbilang simple, siapapun bisa melakukannya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama OK’S Consultant, Mukhtar Wijaya berharap langkah produktif ini dapat mendukung upaya seluruh pihak untuk menekan penyebaran Covid-19 sekaligus tetap menambah kapasitas UKM dalam hal digital marketing. “Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada BNI yang telah mendukung suksesnya pelatihan UKM di bidang digital marketing ini. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami dalam menumbuhkembangkan sektor UKM yang berdaya saing global,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, OK’S Consultant memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya-upaya pengembangan UKM di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, perseroan senantiasa menjadi bagian dari penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan serta pendampingan bagi UKM. Karena itu, hingga saat ini OK’S Consultant telah memiliki lebih dari 1.000 UKM mitra binaan dari berbagai bidang usaha yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Selama ini kami memposisikan diri sebagai jembatan antara UKM dengan pemangku kebijakan, sektor usaha skala besar, lembaga pembiayan, serta seluruh stakeholders terkait. Dengan harapan, UKM tidak hanya dijadikan sebagai jargon kekuatan perekonomian nasional tetapi juga menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” pungkas Mukhtar Wijaya. (jef)

Related For Physical Distancing, Tetap Produktif di tengah Wabah dengan Pelatihan Online