Akan dibangun Rel KA Sepanjang 5,7 km Hubungkan Stasiun Wojo dengan YIA

YOGYAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Yogyakarta International Airport (YIA) nantinya akan dihubungkan langsung dengan Stasiun Wojo yang merupakan stasiun kereta bandara terdekat dari Bandara YIA.

Kereta bandara ke YIA saat ini sudah beroperasi dari Stasiun Wojo menuju Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Maguwo. Namun sayangnya untuk menuju Stasiun Bandara Wojo, penumpang harus naik kendaraan umum lagi.

Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Ristiawan mengatakan, nantinya akan ada rel baru sepanjang 5,7 km yang menghubungkan dari Stasiun Wojo dengan Bandara Kulonprogo, sehingga masyarakat yang baru turun bisa langsung menggunakan kereta bandara.

“Ada jalur KA ke YIA ini akan jadi jalur baru. Jalurnya sepanjang 5,7 km, dan akan masuk bandara dari Stasiun Wojo,” ujarnya di Yogyakarta, Sabtu (6/7/2019).

Nantinya rel tersebut bentuknya campuran antara rel layang dengan rel yang yang berada di atas tanah (at grade). Adapun rinciannya adalah 5 kilometer (km) akan dibangun melayang, sedangkan sisanya 0,75 km dibangun at grade.

Pengerjaan sendiri dilakukan selama 2 tahun. Pembangunam dimulai pada tahun ini yang artinya bisa dipakai pada tahun 2021.

“Nanti akan di mix 5 km elevated, 750 meter sisanya at grade, pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi,” ucapnya.

Khusus Stasiun Wojo, nantinya akan ditingkatkan kapasitasnya. Sebab saat ini kapasitas penumpang belum mampu menampung untuk jumlah yang besar.

Apalagi, stasiun ini nantinya akan menjadi koneksi utama antara kereta bandara hingga bus Damri. Tentunya dibutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi untuk menampung penumpang dalam jumlah besar.

“Peningkatan Stasiun Wojo, karena stasiun ini akan digunakan sebagai koneksi ke bus airport (Damri). Di sana akan ada perluasan parkir, bangunan stasiun, sampai peron. 5,7 km waktu tempuhnya 10 menit,” pungkasnya.(jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.