Menu
Angkasa Pura I Berikan Bantuan kepada Korban Banjir Banjar dan Manado - Komitmen KemenkopUKM Dorong Kolaborasi dan Digitalisasi Warteg untuk Tingkatkan Produktivitas Usaha - Tahun 2021, LPDB-KUMKM Juga Fokus Kembangkan Koperasi Syariah - MESKI PANDEMI, KINERJA 2020 PELINDO 1 TETAP POSITIF - SEMARAK HUT KE-71, BTN GELAR LOMBA KARYA TULIS DAN FOTO JURNALISTIK BTN siapkan hadiah total sebesar Rp171 juta - 2021, LPDB-KUMKM Dampingi Koperasi Potensial Melalui Inkubator Wirausaha - Sriwijaya Air Dampingi Keluarga Penumpang Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182 - LPDB-KUMKM Bantu Koperasi Bertahan di Masa Pandemi - MenKopUKM Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM agar Pasar Ekspor Meningkat - KemenKopUKM Fokus Kembangkan Enam Program pada 2021

Angkasa Pura I Berikan Apresiasi kepada Penumpang pada Momentum Pergantian Tahun

Januari 2, 2021 | ekbis

Jakarta:(Globalnews.id) – Bandara-bandara PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut datangnya momentum pergantian tahun 2020 ke 2021 dengan memberikan apresiasi kepada para penumpang dan awak kabin. Apresiasi itu diberikan kepada penumpang dan kru pesawat pada penerbangan terakhir tahun 2020 dan kedatangan perdana di tahun 2021 di bandara-bandara Angkasa Pura I.

Misalnya, di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), penumpang Lion Air JT 279 dari Pekanbaru yang mendarat pukul 18.40 WIB sebagai penerbangan dan kedatangan terakhir pada 2020, disambut oleh Manajemen YIA dan diberikan bouquet bunga dan cinderamata menarik. Tidak hanya penumpang yang datang, penumpang yang berangkat terakhir pada 2020 menggunakan Sriwijaya Air SJ 244 tujuan Jakarta juga dilepas dengan diberikan cinderamata. 

Di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, penumpang keberangkatan terakhir tahun 2020 pada Kamis (31/12) pukul 17.30 WITA menggunakan Garuda Indonesia GA 533 dilepas dengan disuguhi penampilan tari spesial khas Borneo. Keesokan harinya sambutan untuk penumpang pertama yang sampai di Bumi Lambung Mangkurat pada tahun 2021 (1/1) dilakukan di area Baggage Claim Bandara Internasional Syamsudin Noor. Para penumpang pesawat Citilink QG 484 yang mendarat pukul 08.10 WITA dari Surabaya ini disambut secara langsung oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan pengalungan selendang sasirangan dan pemberian souvenir spesial.

Sedangkan di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, penumpang pesawat Citilink Indonesia QG 9790 rute Jakarta – Semarang dan pesawat Lion Air JT 625 rute Balikpapan – Semarang yang mendarat di Bandara Semarang pukul 06.50 WIB dan menjadi penumpang yang mendarat pertama kali pada 2021 disambut dan diberikan bunga tangkai serta suvenir yang berisi masker, _hand sanitizer_, dan vitamin. Hal serupa juga dilakukan di bandara-bandara Angkasa Pura I lainnya.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Angkasa Pura I tetap melakukan apresiasi kepada penumpang pada momentum pergantian tahun ini dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Apresiasi kepada penumpang ini merupakan salah satu wujud komitmen Angkasa Pura I  di bidang pelayanan yang bertujuan untuk menciptakan _customer experience_ yang menyenangkan sehingga berdampak positif pada _customer engagement_,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi. 

Angkasa Pura I, lanjut Faik Fahmi, senantiasa mengimbau kepada calon panumpang pesawat untuk melakukan penerbangan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menyiapkan seluruh dokumen syarat penerbangan sebelum berangkat ke bandara pada hari keberangkatan.

Regi, salah satu penumpang penerbangan terakhir di YIA, mengaku terkesan dengan sambutan dari Manajemen YIA. “_Surprised_ sekali, saya baru saja tiba dari Pekanbaru untuk tugas studi di Jogja, lalu mendapatkan sambutan yang hangat dari manajemen bandara dengan keramahan yang khas mewakili istimewanya Jogja. Saya juga menyampaikan apresiasi atas penerapan protokol kesehatan di sini, sehingga saya merasa nyaman dan aman selama penerbangan hingga tiba di YIA. Selamat tahun baru! Sukses selalu untuk Angkasa Pura I,” ungkapnya.

Hendro, salah satu penumpang kedatangan perdana pada 2021 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dari Surabaya, mengatakan, “Saya senang sekali diberikan apresiasi ketika tiba di bandara sebagai penumpang pertama tahun 2021. Saya berharap Bandara Internasional Syamsudin Noor dapat selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpang”.

*Trafik Penumpang Angkutan Nataru Hingga 1 Januari Sebesar 1,4 juta Penumpang*

Trafik penumpang pada masa Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru  2021 (Nataru) sejak 18 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 sebesar 1.458.522 penumpang, turun 61,72% dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 3.810.093 penumpang. Sedangkan trafik pesawat sebesar 19.137 pergerakan pesawat, turun 37,01% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 30.282 pergerakan. Sementara trafik kargo justru mengalami pertumbuhan 10,54% menjadi 19.666.619 kg dari 17.790.968 kg pada periode yang sama tahun lalu. 

Adapun bandara dengan trafik penumpang tertinggi pada periode 18 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 yaitu Bandara Sultan Hansanuddin Makassar dengan 329.486 penumpang, diikuti Bandara Juanda Surabaya dengan 282.654 penumpang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 195.471 penumpang.(Jef)

Related For Angkasa Pura I Berikan Apresiasi kepada Penumpang pada Momentum Pergantian Tahun