Menu
Sesmenkop UKM Bersama Deputi UKM Menyiapkan Rumah Produksi Bersama Olahan Nanas di Kab Subang - Bank DKI Sediakan Fitur Scan To Pay Permudah Masyarakat Bayar Zakat, Infaq, dan Sedekah - KemenkopUKM Siap Dirikan Rumah Produksi Bersama Kluster Bawang Merah di Brebes - Praperadilankan KPK, Eks Bupati Talaud Tuding KPK Langgar HAM - MenkopUKM: Belanja Melalui LPSE LKPP Dapat Cegah Praktik Korupsi - Penuhi Kebutuhan Lebaran, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 12,9 Triliun per Minggu - Transaksi Digital BNI Alami Kenaikan Signifikan - Inilah Rangkaian Promo Berkah Ramadan dari BNI - MenkopUKM Apresiasi Indeks Kepercayaan UMKM kepada Pemerintah Meningkat - KemenkopUKM Fasilitasi Pengusaha Kuliner Masuk Marketplace dan Laman Bela Pengadaan

BELAJAR BARENG FPPTI DIY #3  OPTIMALISASI GOOGLE ANALYTICS, GOOGLE CSE, DAN GOOGLE WEBMASTER DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN  

April 7, 2021 | news


 
Yogyakarta:(Globalnews.id)- Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Webinar Optimalisasi Google Analytics, Google CSE, dan Google Webmaster dalam Pengelolaan Perpustakaan.

Dalam sambutannya Ketua FPPTI DIY Heri Abi Burachman Hakim menyampaikan bahwa website atau  sistem informasi hampir semua berbasis web sehingga pustakawan perlu memiliki kompetensi berbagai aplikasi web perpustakaan. Oleh karena itu tema ini dipilih FPPTI guna memberikan penguatan wawasan dan keterampilan pustakawan di era digital ini. 
 
Acara webinar ini diselenggarakan atas kerjasama FPPTI DIY dengan Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Sebelum membuka acara webinar Ibu Wakil Rektor I Universitas Atmajaya Yogyakarta, Ibu Sushardjanti Felasari, ST., M.Sc. CAED., Ph. D. menekankan bahwa perpustakaan sebagai jantung institusi pendidikan sudah selayaknya mendapatkan perhatian lebih. Adanya perkembangan teknologi informasi yang pesat menjadikan perpustakaan tidak sebagai gedung, namun perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional hingga perpustakaan virtual. Perpustakaan perlu dukungan pustakawan yang handal sehingga mampu menjadi garda depan dan semakin relevan di tengah masyarakat digital.
 
Narasumber Belajar Bareng #3 FPPTI DIY kali ini adalah Bapak Eko Kurniawan, SIP., M.A. pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan moderator Bapak Arif Cahyo Bahtiar SIP., MA. pustakawan Universitas Islam Indonesia. Keduanya merupakan pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi DIY. 

 
Pada paparannya narasumber (bapak Eko Kurniawan) menyampaikan materi menarik terkait Google Analytics, Google CSE dan Google Webmaster. Lebih lanjut narasumber menjelaskan Google CSE bermanfaat sebagai portal pencarian terintegrasi karena perpustakaan umumnya memiliki beberapa e-resources. Selain itu Google CSE juga dapat dimanfaatkan untuk mengintegrasikan e-resources dari berbagai perpustakaan, sehingga e-resources yang ada lebih bermanfaat.

Terkait Google Analitik narasumber menyampaikan manfaatnya antara lain untuk memperoleh data pengunjung secara online, mengetahui kata kunci apa yang digunakan oleh user untuk mengakses website kita, mengetahui rata-rata waktu yang digunakan oleh user dalam mengakses website, mengetahui halaman yang paling sering diakses user, mengetahui perangkat yang digunakan oleh user dalam mengakses website perpustakaan, mengetahui posisi/lokasi user ketika mengakses website, serta mengetahui tipe pengunjung website. Secara detail narasumber memaparkan bagaimana memanfaatkan Google Analytics dan Google Webmaster bagi perpustakaan. Paparan Narasumber sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan keterampilan bagi pustakawan peserta belajar bareng FPPTI. 
 
Peserta join webinar ini berasal dari berbagai daerah di tanah air. Hadir pula dalam webinar ini, Kepala Perpustakaan UAJY, Bapak Cornelius Hudiananto, S. Kom. Belajar bareng FPPTI DIY merupakan wadah bagi anggota FPPTI DIY dan luar DIY untuk belajar bersama terkait pengetahuan dan keterampilan sesuai perkembangan perpustakaan, sehingga pustakawan semakin mampu meningkatkan kualitas layanan perpustakaan kepada masyarakat. (Jef)
 

Related For BELAJAR BARENG FPPTI DIY #3  OPTIMALISASI GOOGLE ANALYTICS, GOOGLE CSE, DAN GOOGLE WEBMASTER DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN