Global News Indonesia
Menu
Percepatan KUR BNI Sinergikan Program Serap Gabah dan Kewirausahaan Pertanian di Garut - Sambut Lebaran 2018, Sriwijaya Air Group Siapkan 125 Ribu Extra Flight - Lewat Prukades, ‘Good Bye’ Desa Tertinggal - Bank DKI Borong 8 Penghargaan Kepuasan Nasabah - BNI Salurkan 6.000 Paket Sembako Murah untuk Keluarga PMI - Bank BRI Beri Kemudahan Transaksi Perbankan di Lingkungan Kementerian ATR/ BPN - Sinergikan Jaringan Penerbangan, Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group Kerjasama Codeshare - SINERGIKAN JARINGAN PENERBANGAN, GARUDA INDONESIA GROUP DAN SRIWIJAYA AIR GROUP LAKSANAKAN KERJASAMA CODESHARE - Kemenhub Siapkan Mudik Gratis Ke 32 Kota - Tingkatkan Good Governance OJK Luncurkan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi

BNI Luncurkan Uang Elektronik UnikQu

Desember 26, 2016 | ekbis

_no_6565

JAKARTA (Globalnews.id)- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mempunyai produk uang elektronik yaitu UnikQu. UnikQu merupakan plikasi uang elektronik berbasis server yang dapat diakses melalui smartphone berbasis iOS dan Android.

UnikQu berfungsi untuk transaksi dilakukan secara digital, sehingga pemilik smartphone dapat bertransaksi secara lebih mudah, lebih cepat, lebih hemat dalam berbelanja, serta lebih aman saat bertransaksi.

Dengan memanfaatkan pengguna smartphone, BNI menargetkan uang elektronik ini bisa memiliki pengguna mencapai 5 juta.

“Berdasarkan data Emarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia berpotensi mencapai 92 juta pengguna pada 2019 sehingga kita menargetkan pengguna UnikQu bisa mencapai 5 juta nya,” ungkap Produk Owner UnikQu Ricky Pardede dalam Media Workshop BNI di Jakarta, Kamis (22/12).

Ricky menjelaskan didisain dengan mudah sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua orang lantaran aplikasi ini memanfaatkan scan QR barcode. “Jadi aplikasi ini hanya memanfaatkan kamera saja yang mana hampir semua smartphone mempunyai kamera,” katanya.

Disamping itu, dalam rangka memanjakan para pengguna UnikQu, lebih dari 2.000 merchant nasional baik online maupun offline yang telah bekerjasama dengan BNI.

Belanja juga lebih hemat dengan berbagai macam penawaran promo diskon di berbagai merchant yang telah bekerja sama. UnikQu juga merupakan uang elektronik berbasis server, sehingga potensi kekurangan uang kembalian dapat dihilangkan.

Aplikasi UnikQu mengharuskan pengguna memasukkan PIN berupa enam digit angka setiap kali akan masuk dalam aplikasi untuk memastikan keamanan transaksi.

Dengan lebih dari 2.000 jaringan merchant penerima yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran pada merchant yang berada di luar domisili pengguna UnikQu.

Beberapa merchant yang dapat menerima pembayaran menggunakan UnikQu antara lain Ace Hardware, Bakerzin, Chatime, Gramedia, Haagen-Daz, Informa, dan Inul Vizta. Saldo UnikQu dapat diisi melalui lebih dari BNI SMS Banking serta lebih dari 27 ribu Agen46 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

BNI juga terus bekerja sama dengan jaringan merchant, convenient store, dan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan pengembang financial technology (fintech) untuk dapat mengembangkan dan memperluas alternatif pengisian saldo serta penggunaan UnikQu.

Pengguna Meningkat

Sebelumnya, Layanan pembayaran dengan memanfaatkan kode QR (quick response) diklaim semakin meningkat. Chief Executive Officer Dimo Pay by QR Brata Rafly mengatakan jumlah penggunanya terus meningkat sepanjang 2016. “Pengguna aktif bulanan kami meningkat 7.000 persen sepanjang tahun,” ucap Brata Rafly.

Ia optimistis penggunaan layanan pembayaran menggunakan metode pemindaian kode QR pada barang akan semakin bertumbuh pada 2017. Volume transaksi Dimo di akhir tahun juga diklaim meningkat sebesar 7.150 persen dari awal tahun 2016. Peningkatan terjadi sebesar 73 kali jika dibanding data Januari 2016.

Sedangkan nilai transaksi yang terjadi selama 2016 diklaim meningkat sebesar 16.885 persen atau tumbuh 170 kali dibandingkan dengan Januari 2016. Peningkatan transaksi yang didapat Dimo diklaim berasal dari penggunaan aplikasi PayByQR dari issuer Dimo, seperti e-wallet, mobile banking, dan credit card loyalty points.(jef)

Related For BNI Luncurkan Uang Elektronik UnikQu