Menu
DUKUNG THE NEW NORMAL, BTN AJAK PENGEMBANG BANGUN RUMAH RAKYAT - MONITORING TRANSPORTASI LAUT JELANG LEBARAN 2020, PELABUHAN DI BALIKPAPAN AMAN DAN TERKENDALI -   BNI Syariah Ajak Masyarakat untuk Bijak Bertransaksi di Masa Pandemi - Sambut Idul Fitri, ASDP Bagikan 3.671 Paket Sembako Bagi Masyarakat Sekitar Pelabuhan di 9 Provinsi - Kemenkop dan UKM Libatkan Komunitas untuk Distribusikan Masker Kain Bagi Pedagang - Tumbuh 2,8 Persen, IPC Catatkan Laba 2019 Sebesar Rp 2,5 T - Wujudkan _Covid Safe BUMN_, BNI Hi-Movers Sisihkan THR Rp 130,2 Miliar untuk Tangkal Virus - _PLAY_ ! Siaran PUPR TV Mengudara di Kanal Resmi KemenPU - INFINIX BERBAGI DENGAN PARA ANAK YATIM DI JAKARTA, MELALUI PROGRAM #INFINIXCARE - Gandeng Blibli.com, Kementerian Koperasi dan UKM Luncurkan KUMKM Hub

BNI Syariah Kembangkan Produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah

Mei 17, 2020 | ekbis

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu, BNI Syariah telah memiliki inovasi produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset yaitu BNI Griya Swakarya iB Hasanah. Setelah mengembangkan proyek di kota Bogor dan Sumenep, kini BNI Syariah merambah daerah lain yaitu Pamulang dan Tangerang.

Menurut Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi untuk proyek Griya Swakarya tahun 2020, BNI Syariah tetap mengedepankan prinsip “Kami Beri Rumahnya, Bukan Uangnya”.

“Pada tahun ini, BNI Griya Swakarya iB Hasanah terus mengkaji dan mengembangkan pola strategi marketing yang tepat sebagai strategi berbisnis sehingga sesuai dengan prinsip awal program ini,” kata Iwan Abdi. Iwan menjelaskan produk ini mempunyai beberapa keunggulan seperti adanya diferensiasi antara Bank Syariah dengan Bank Konvensional, di mana obyek Griya Swakarya berupa tanah & bangunan merupakan aset milik Bank.

Saat ini pola pengembangan proyek BNI Griya Swakarya iB Hasanah dilakukan dengan mencari captive market terlebih dahulu. Calon pembeli kemudian dapat menyerahkan surat minat kepada BNI Syariah sebagai tanda bukti keseriusan disertakan foto copy ktp pasangan suami-istri dan booking fee.

Di daerah Pamulang, BNI Syariah mengembangkan perumahan yaitu Palm Resort, yang berada di Jalan Benda Raya, Pamulang. Lokasi perumahan ini sangat strategis karena dekat dengan area pengembangan Tol BSD-Bintaro. Proyek perumahan dengan luas kurang lebih 3 hektar ini rencananya akan dikembangkan menjadi 254 unit rumah dan 7 unit ruko.

Palm Resort merupakan kawasan perumahan dengan konsep one gate system yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti: masjid, kolam renang, jogging track, taman dan playground serta area komersial. Palm resort menawarkan rumah bernuansa Scandinavia-Modern dengan beberapa tipe mulai dari 1 lantai, mezzanine dan 2 lantai dengan harga unit rumah mulai dari Rp430 juta.

Sedangkan di kota Tangerang, BNI Syariah mengembangkan proyek Griya Swakarya di Perumahan Daru Indah, Tangerang berada persis di sebelah stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Daru dengan lebih dari 40 jadwal keberangkatan dan kepulangan ke ibu kota Jakarta.
Model rumah yang ditawarkan adalah rumah berkonsep minimalis modern dengan sentuhan relief islami yang bernuansa asri dan segar sehingga menambah kesan hommy di dalamnya. Harga yang ditawarkan untuk tipe 36/72 sebesar Rp252 juta dengan beberapa fasilitas di antaranya adalah masjid, taman, dan lapangan olahraga.

Untuk meningkatkan penjualan produk Griya Swakarya Palm Resort, Pamulang dan Daru Indah, Tangerang, BNI Syariah menawarkan beberapa promo diantaranya adalah promo pembelian tanpa DP (down payment) untuk 60 pembeli pertama. Kemudian ada pula promo margin spesial, bebas biaya (admin, appraisal dan provisi). Harga rumah sudah termasuk biaya seperti PPn 10%; Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB); Akta Jual Beli (AJB); dan Balik Nama Sertifikat.

BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan inovasi BNI Syariah dimana BNI Syariah merupakan bank syariah pertama yang mempunyai produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset.

Produk ini memiliki model bisnis syariah dengan dasar akad murabahah atau jual beli. Dalam hal ini bank syariah terlebih dahulu menguasai aset properti yang akan dikelola, dibangun dan dijual dimana dalam neraca didudukan sebagai persedian bank. Secara prinsip syariah murabahah menjadi lebih sempurna karena objek yang diperjualbelikan telah dikuasai oleh bank.

Dengan bank bertindak sebagai developer sekaligus pemberi pembiayaan, menjadikan harga properti yang ditawarkan kepada calon konsumen menjadi lebih kompetitif dengan promo bundling yang diberikan serta kemudahan proses pembiayaan.

Dengan pengembangan BNI Griya Swakarya iB Hasanah diharapkan bisa membantu target Pemerintah terkait program satu juta rumah dan penyediaan rumah layak bagi seluruh masyarakat.

BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan upaya BNI Syariah untuk memaksimalkan bisnis pembiayaan konsumer, sejalan dengan corporate strategy BNI Syariah yaitu Embracing New Opportunities, dimana BNI Syariah siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan menjadi partner yang lebih baik salah satunya di bidang pembiayaan properti.

Alhamdulillah sampai dengan Maret 2020, outstanding pembiayaan KPR BNI Syariah yaitu BNI Griya iB Hasanah berada di posisi Rp13,58 triliun dengan pertumbuhan 11,86% year on year. Pada tahun 2020, BNI Syariah menargetkan pertumbuhan pembiayaan BNI Griya iB Hasanah sebesar 12% secara tahunan atau year on year (yoy).

BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,95% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, Layanan 24 jam BNI Call (1500046), BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu lebih dari 375 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah.

Tentang Hasanah
Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Partner
BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memperhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.
Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode; Komaruddin Hidayat
Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Kepatuhan: Tribuana Tunggadewi; Direktur: Wahyu Avianto; Direktur: Iwan Abdi; Direktur: Babas Bastaman* (jef)

*) Belum efektif, dalam proses persiapan fit & proper test OJK

Related For BNI Syariah Kembangkan Produk BNI Griya Swakarya iB Hasanah