Global News Indonesia
Menu
Tingkatkan Kapasitas UMKM Pengrajin, Kemenkop & UKM dan Kemenperin Sinergi dengan Dekranas dan TP PKK - Kemajuan UKM Jadi Tanggung Jawab Bersama - E-Samsat Tahap II Dibuka, BNI Perluas Layanan ke 16 Provinsi - Kejar Target Rasio Elektrifikasi, BNI Salurkan Kredit ke PLN Rp 1,1 Triliun - BNI Rintis “Aku Saudagar Muda” Cetak Siswa SMK Berjiwa Bisnis - Kemenkop dan UKM bersama TopKarir Atasi Masalah Pengangguran di Indonesia - BNI Berikan Solusi Keuangan Menyeluruh Bagi Semen Indonesia Group - Dua Ruas Tol yang Dibiayai BNI Diresmikan - Program Perhutanan Sosial, Dukungan BNI Sentuh 2.000 an Petani Jabar - Menteri Puspayoga Ajak Lulusan Unas Jadi Pengusaha

BRI Kerja Sama Srategis dengan UGM dan UNAIR, Sediakan Layanan Perbankan, Corporate Card dan Student Loan Briguna Pendidikan

April 21, 2018 | ekbis

YOGYAKARTA: (Globalnews.id) – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk berkomitmen dalam pengembangan layanan perbankan bagi institusi pendidikan di Indonesia. Setelah meluncurkan student loan Briguna Pendidikan di kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti), Jakarta pada 23 Maret 2018 lalu, kali ini Bank BRI bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam layanan berbagai bidang produk perbankan.

Hal ini ditandai dengan adanya kerja sama strategis melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BRI dengan UGM mengenai Pemanfaatan Jasa dan Layanan Perbankan, pemberian Corporate Card, serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemberian fasilitas kredit student loan Briguna Pendidikan. Penandatanganan dilakukan antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dengan Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono di Rektorat UGM, Yogyakarta, Jumat (20/4).

Dalam kegiatan tersebut turut diserahkan beasiswa pendidikan Rp 500 juta dari BRI kepada UGM untuk diberikan bagi mahasiswa dengan kriteria yang nantinya akan ditetapkan oleh pihak kampus. “Bagi kami, berbagai jalinan kerja sama ini merupakan wujud komitmen BRI dalam pengembangan layanan perbankan untuk institusi pendidikan”, ungkap Sis Apik.

Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi civitas akademika UGM dalam memanfaatkan layanan jasa perbankan yang cepat, tepat sasaran, nyaman, modern, dan terpercaya melalui jaringan BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bila dulu untuk memenuhi kebutuhan kedinasan pihak kampus diperlukan waktu dan prosedur yang relatif lebih lama dalam penggunaan dana institusi, saat ini dimudahkan dengan adanya fasilitas BRI Corporate Card.
BRI Corporate Card merupakan produk dari kartu kredit Bank BRI yang diperuntukkan bagi satuan kerja kementerian dan lembaga negara maupun institusi yang berfungsi sebagai alat pembayaran dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan satuan kerja.

Kebutuhan ini diantaranya untuk pembelian tiket pesawat perjalanan dinas, belanja barang operasional & persediaan, belanja sewa, belanja pemeliharaan operasional serta non- operasional.

Kartu ini mempunyai keunggulan yaitu dedicated corporate team, smart data online untuk memudahkan pengawasan transaksi secara online, gratis executive lounge di bandara di Indonesia, penyesuaian besaran limit kartu sesuai kebutuhan, penyajian data tagihan dalam bentuk grup atau individual, serta penerapan data sesuai Good Corporate Governance (GCG).

Adapun Briguna Pendidikan berlaku untuk mahasiswa sebagai pekerja aktif dengan status pekerja tetap pada instansi atau perusahaan. Produk ini dapat diajukan oleh mahasiswa S1, S2 maupun S3 serta untuk kepentingan penelitian dengan adanya keunggulan dari sisi fleksibilitas, berupa grace periode atau kelonggaran waktu pembayaran. Mahasiswa diperbolehkan hanya membayar bunga berjalan selama masa pendidikan kuliah sedangkan pokok pinjaman dapat dibayarkan setelah mahasiswa lulus sampai dengan jangka waktu pinjaman berakhir.

Mengenai jangka waktu, fasilitas Briguna Pendidikan untuk mahasiswa S1 dan S3 dapat diangsur sampai dengan 10 tahun, untuk mahasiswa S2 dapat diangsur maksimal jangka waktu pinjaman selama 6 tahun. Adapun plafond pinjaman yang bisa diberikan untuk mahasiswa S1 maksimal Rp 50 juta, mahasiswa S2 dan S3 maksimal Rp 250 juta. Sedangkan untukk keperluan penelitian atau riset dapat diajukan pinjaman maksimal plafond Rp 100 juta dengan jangka waktu angsuran maksimal 5 tahun.

“Dengan skema bunga yang ringan. Briguna Pendidikan mensyaratkan dokumen administratif yang relatif mudah. Dokumen yang diperlukan antara lain foto copy identitas diri/KTP dan KK, slip gaji bagi yang sudah berpenghasilan, SK pegawai/karyawan, dan surat rekomendasi tempat bekerja maupun rekomendasi dari universitas” pungkas Sis Apik.

Kerja Sama dengan UNAIR

Pada hari yang sama, Bank BRI juga menjalin kerja sama strategis dengan Universitas Airlangga (UNAIR). Hal ini ditandai dengan adanya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BRI dengan UNAIR mengenai Pemanfaatan Jasa dan Layanan Perbankan, pemberian Corporate Card, serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemberian fasilitas kredit student loan Briguna Pendidikan untuk mahasiswa strata satu, strata dua, dan strata tiga.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan antara Direktur Corporate Banking Bank BRI Kuswiyoto dengan Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih di Gedung Rektorat Universitas Airlangga, Surabaya, Jumat (20/4).

Dalam kegiatan tersebut turut diserahkan beasiswa pendidikan Rp 500 juta dari BRI kepada UNAIR untuk diberikan bagi mahasiswa dengan kriteria yang nantinya akan ditetapkan oleh pihak kampus. Melalui jalinan kerja sama ini diharapkan dapat turut mendukung pengembangan layanan perbankan bagi institusi pendidikan dan civitas akademikanya. (jef)

Related For BRI Kerja Sama Srategis dengan UGM dan UNAIR, Sediakan Layanan Perbankan, Corporate Card dan Student Loan Briguna Pendidikan