Menu
Kolaborasi dalam Mengurus UMKM Semakin Bagus dan Arah Pengembangan Koperasi Semakin Jelas - Kirim Uang ke LN Makin Mudah, Cukup dari HP Aja - Menaker Ida Fauziah, Terpilih Sebagai Ketua Menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN - Ada Peluang Bisnis Bagi UMKM di Tengah Covid-19 - Inilah Para Pahlawan Digital UMKM 2020 - KemenkopUKM Terus Perkuat Ketahanan Finansial dan Transformasi Perkoperasian - BNI Fokus Pemberdayaan UMKM GoDigital - Masyarakat Papua Ingin Memiliki Koperasi Grosir Pada 2021 - Pengamat: Bisa Hancur Keduanya,Rencana merger PT INKA-PT KAI Tidak Tepat - UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM

Bukalapak Siap Kerahkan Jutaan Pelapak Dukung Kemenkop dan UKM

November 5, 2019 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Kementerian Koperasi dan UKM tengah menjajaki kerjasama dengan marketplace kondang Bukalapak dalam pengembangan usaha dan jaringan pemasaran produk UMKM di Indonesia. “Kami bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sudah membahas bagaimana cara mengembangkan UMKM di Indonesia. Pasalnya, Bukalapak memiliki jutaan pelapak yang mayoritas merupakan UMKM”, ucap Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo, usai menemui Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di ruangan Menteri Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11).

Teddy pun memastikan bahwa pihaknya akan bekerjasama dan bersinergi dengan Kemenkop dan UKM supaya bisa membangkitkan kinerja usaha para pelapak di Indonesia. “Kita akan mengkaji lebih jauh lagi nantinya untuk masuk ke tahapan pembahasan program”, ujar Teddy.

Selain itu, Teddy juga memaparkan bahwa Bukalapak sudah banyak bermitra dengan lembaga keuangan dan perbankan dalam menyalurkan bantuan permodalan bagi para pelapak. “Itu sudah berjalan. Terlebih lagi, kita memiliki sekitar 1,2 juta warung dan kios binaan Bukalapak. Total mitra kita ada sebanyak 2,5 juta UKM”, kata Teddy.

Teddy juga mengakui, Bukalapak memiliki Big Data untuk mempermudah kerjasama dengan berbagai lembaga keuangan dan perbankan. Dan semua itu dilakukan secara online. “Kita tertarik kerjasama dengan Kemenkop dan UKM karena memang jiwa kita adalah UKM”, tukas Teddy.

Di samping itu, Teddy juga mengatakan, di Bukalapak rutin dilakukan pelatihan bagi para UKM yang menjadi mitranya. “Setiap tahun di 100 kota di Indonesia ada sekitar 500 event pelatihan yang dilakukan para pelapak senior bagi para pelapak junior. Semacam transfer knowledge dari senior ke junior”, tandas Teddy.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Victoria Br Simanungkalit menambahkan, Bukalapak memiliki Big Data yang bisa dimanfaatkan untuk mengkurasi produk UKM mana yang bisa didorong dengan cepat masuk ke pasar global melalui marketplace atau aplikasi yang ada.

“Idenya kita akan berkolaborasi dengan marketplace, agar supaya 62 juta UKM bisa kita agregasi lebih cepat, dalam mengakses permodalan dan pemasaran. Hal itu nanti yang akan kita bahas lebih detail dan kongkrit”, pungkas Victoria.(jef)

Related For Bukalapak Siap Kerahkan Jutaan Pelapak Dukung Kemenkop dan UKM