Global News Indonesia
Menu
Kawal Musim Tanam 2018/2019, BNI & Kementan Kini Garap Bumi Borneo - BNI Kembali Wujudkan Turnamen Pro-Am Indonesian Masters 2018 - LPDB Siap Dukung Lahirnya Wirausaha Pemula - HUT KPR KE-42 MOMENTUM BTN AJAK MILENIAL MENGAMBIL PERAN - Menteri Puspayoga Harapkan ICSB Lahirkan UKM Eksportir - Industri Asuransi Jiwa Tetap Miliki Prospek Pertumbuhan yang Meningkat di 2018 - Bintang Puspayoga Tinjau Palu dan Salurkan Bantuan Pasca-Bencana - Tumbuhkan Kecintaan pada Dunia Penerbangan, DitjenHubud Adakan Aviation Goes To School - Lanjutan Gerakan Kawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019 BNI Garap Jember - Sambut Nataru 2018 Ada Mudik Gratis dan Kereta Api Tambahan

BUMDes Mitra BRI Tembus Pasar Global

April 3, 2018 | ekbis

KUALA LUMPUR (Globalnews.id) – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus tunjukkan komitmen mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah naik kelas dengan cara meningkatkan promosi produk lokal di tingkat internasional. Kali ini, Bank BRI mengirimkan BUMDes Mitra Bisnis untuk mengikuti Pameran Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2018 yang diselenggarakan di Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kuala Lumpur, Malaysia (03/04).
Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KEMENDES) RI serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur di Malaysia ini diselenggarakan dalam rangka optimalisasi pengembangan ekonomi mikro berbasis perdesaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta mendorong daya saing para pelaku ekonomi mikro nasional agar mampu bersaing secara global.

“Dengan berpartisipasi dalam acara ini, Bank BRI ingin memperkenalkan berbagai Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) yang dibawa oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Kelompok Usaha Ekonomi Desa UMKM dari Indonesia di kancah internasional,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto.

Melalui pameran Prukades ini dapat pengusaha dapat memperluas pasar produk-produk unggulan Desa. “Kami terus mendorong seluruh nasabah binaan Bank BRI dan berbagai produk unggulan BUMDes agar naik kelas, salah satunya dengan mengikutsertakan di event nasional dan internasional seperti ini. Hal ini bertujuan untuk mendorong UMKM nasional o Digital dan Go Global,” ungkap Sis Apik.

115 peserta Expo perwakilan dari sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat Desa ikut hadir dalam acara tersebut, di antaranya BUMDes-BUMDes dan Kelompok Usaha Binaan Bank BRI dari berbagai daerah, ikut ambil bagian dengan memamerkan produk-produk unggulan mereka seperti bahan pokok, makanan ringan, herbal, kerajinan, dan keunggulan wisata lainnya.

BUMDes Binaan BRI yang turut dalam acara ARCHEX 2018 antara lain BUMDes Bungai Jaya dari Kabupaten Kapuas, BUMDes Maju Mandiri dari Kabupaten Gunung Kidul, BUMDes Matigisene, BUMDes Tarakan dari Halmahera Barat, BUMDes Gemata dan Cisuka dari Kabupaten Tasikmalaya. Adapun Kelompok Usaha yang diikutsertakan antara lain dari Takengon, Bandar Lampung, Denpasar, Bengkulu dan Palu.

Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Daerah dari Kepulauan Tidore, Kabupaten Bima, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Bolang Mongondow Selatan, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Halmahera Barat guna memberikan paparan terkait potensi daerah masing-masing dalam rangka menarik minat investor dari Malaysia dalam Regional Invesment Forum.

Kerjasama yang digarap oleh Bank BRI dengan KEMENDES RI ini diharapkan dapat membentuk sinergi kemitraan strategis kedepanya. Hingga saat ini Bank BRI telah menjadikan lebih dari 13.000 BUMDes sebagai Mitra Bisnis Bank BRI di seluruh Indonesia
“Ke depan Bank BRI akan terus berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan kepada BUMDes di seluruh Indonesia untuk mendukung ekonomi kerakyatan. Diantaranya melalui sosialisasi, pelatihan kewirausahaan, pelatihan manajemen keuangan serta perluasan pemasaran baik melalui website Indonesia Mall maupun dengan mengikutkan di acara pameran seperti ini”, tutur Sis Apik.
(jef)

tags:

Related For BUMDes Mitra BRI Tembus Pasar Global