Menu
LPDB-KUMKM Optimalkan Peran Satgas Percepat Penyerapan Dana PEN - MenkopUKM Tegaskan Pemulihan Ekonomi Nasional Dimulai dari UMKM - BNI Syariah Gelar Qurbanku Hasanahku Salurkan 530 Hewan Kurban Senilai Rp4,3 Miliar - KemenkopUKM Raih Opini WTP Dari BPK Enam Tahun Berturut-Turut - SEMESTER I/2020, BTN KANTONGI LABA BERSIH RP768 MILIAR - Tinjau Grand Smesco Hills, MenKopUKM Akan Fokus Untuk Pelatihan Bisnis - Nurdin Halid Somasi Dirjen Peraturan Perundang-undangan - MenKopUKM Optimis Rungkun Awi Cisarua Menjadi Titik Ekonomi Baru Masyarakat - Berkat Program PEN, Debitur Mikro Bank BRI Kembali Bangkit - MenkopUKM Tegaskan Perlunya Koperasi Pangan Diperkuat di Indonesia

Civitas Akademika ABSI Gelar Pengabdian Masyarakat di Yayasan Sakinah Depok

Januari 10, 2020 | news

DEPOK:(GLOBALNEWS.ID)- Segenap civitas akademika Akademi Bina Sarama Informatika (IBSI) yang terdiri dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Yayasan Sakinah Depok, Rabu (25/12/2019) lalu.

Pesan dari kegiatan ini adalah sejatinya, sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat pada orang lain, itulah inti dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Dosen dan mahasiswa UBSI pada kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Peranan Media Informasi dan Pelatihan Pengenalan WEB Blog Tahap Satu bagi Pemula.

“Pada kegiatan ini selain kami ingin mengenalkan sisi lain dari media sosial dan manfaat teknologi informasi digital bagi kalangan millennia, sekaligus ingin mengajarkan secara langsung bagaimana membuat web blog secara mudah dan praktis” demikian dikatakan Prasojo Herdy Sutanto, selaku Ketua Pelaksana. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini sendiri diikuti 4 orang Dosen Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Prasojo Herdy Sutanto,S.Kom MMSI, Bilgah SE MM, Linda Maulida, ST, M.Kom, Nanang Lidwan M.Ag, dan DR (c) Irfan Fauzi Arief M.Si, serta 2 orang mahasiswa UBSI yaitu Satria Apilian dan Dewi Nur Fatiah.

Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa setiap Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar atas diselenggarakannya kegiatan Program pengabdian pada masyarakat oleh Universitas Bina Sarana Informatika. “Pada dasarnya, kegiatan pengabdian terhadap masyarakat ini diharapkan bisa menjawab tantangan dan permasalahan yang terjadi dimasyarakat mereka” Tambah Bilgah.

Yayasan Panti Asuhan Sakinah sendiri didirikan oleh Ustad Bagja Wijaya yang akrab di sapa Abi Bagja, pada tanggal 16 Agustus 2010 yang bergerak dibidang pembinaan dan penyantunan anak-anak yatim dan kurang mampu yang berlokasi di Jl.Samudra Jaya No.1.A RT.04/02 Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Dalam pantauan media, sebagian besar anak-anak di panti tersebut mulai menginjak usia remaja. _“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali pada Bapak/Ibu Dosen serta Mahasiswa dari UBSI yang sudah memberikan pengetahuan dan mengarahkan anak-anak remaja kami di panti asuhan Sakinah ini agar mereka bisa mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi informasi secara baik dan benar, bahkan bisa menjadi peluang bisnis buat mereka kelak”_ demikian Abi Bagja menyampaikan pada media.

Senada dengan Abi Bagja, Nanang Lidwan menambahkan bahwa _“Anak-anak remaja ini bila tidak diberikan informasi yang benar tentang pemanfaatan teknologi informasi yang baik, mereka bisa mendapatkan dan mencari dari sumber yang salah yang tentu bisa berdampak buruk pada penggunaan teknologi informasi”_

“Apalagi saat ini Indonesia adalah pengguna internet nomor 5 di dunia dan nomor 3 di Asia, dengan 63 juta orang pengguna media sosial” tambah Linda Maulida.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, selain acara Workshop tentang pemanfaatan teknologi Informasi serta Pengenalan WEB Blog Tahap Satu bagi Pemula, juga dilaksanakan kegiatan assessment minat dan bakat anak-anak binaan Panti Asuhan Sakinah yang dipimpin langsung oleh Irfan Fauzi Arief atau lebih dikenal dengan sebutan Kang Irfan, seorang motivator sekaligus trainner bidang *Achievement Motivation Training* (AMT). Media melihat para peserta workshop tersebut terlihat sangat antusias dan semangat mengikuti acara Workshop yang ditutup dengan motivasi ini.

“usia remaja adalah masa dimana mereka mencari identias diri, apapun background mereka, baik berasal dari keluarga biasa maupun anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan, perkembangan psikologinya umumnya relatif sama, dimana rasa ingin tahu dan ingin eksis mendominasi alam bawah sadar mereka, untuk itu adanya kegiatan workshop ini diharapkan bisa sedikit menjawab rasa ingin tahu mereka sekaligus bisa memotivasi mereka agar bisa memanfaatkan teknologi informasi secara tepat” imbuh Irfan. (jef)

Related For Civitas Akademika ABSI Gelar Pengabdian Masyarakat di Yayasan Sakinah Depok