Global News Indonesia
Menu
Lanjutan Gerakan Kawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019, BNI Garap Deli Serdang - Hari Ibu dan HUT DWP Momentum Kebangkitan Perempuan Indonesia - Bluebird Jalin Kerja Sama dengan UNICEF untuk Pendidikan Anak Indonesia - Penerapan Cukai Plastik Diragukan Bisa Mengubah Perilaku Masyarakat - Bank DKI - Taspen Dukung Layanan Keuangan bagi Pensiunan - Peresmian Kampung Nelayan Teknologi Warnai Baksos Dharma Pertiwi - Milenial BUMN Diajak Peduli Petani, Gerakan Kawal Masa Tanam Sentuh Banyumas - KSP Harus Terapkan Tata Kelola Keuangan Yang Bertanggung Jawab - Sambut Nataru, Lima Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan 2 Minggu - Mulai di Malang, KUR BNI Wujudkan Drying Center Petani

Dua Ruas Tol yang Dibiayai BNI Diresmikan

November 12, 2018 | ekbis

TEGAL: (Globalnews.id)- Tol Ruas Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 telah diresmikan hari ini. Dengan demikian, Tol Ruas Pejagan-Pemalang telah dapat beroperasi secara penuh. Pada kesempatan yang sama, Tol Ruas Pemalang Batang Seksi 1 juga diresmikan. Sebagai salah satu bank BUMN, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjadi Mandated Lead Arranger dalam pembiayaan sindikasi untuk pembangunan kedua ruas tol tersebut.

Kedua ruas tol tersebut diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Turut hadir pada peresmian kedua tol tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini M Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono di Tegal, Jumat (9 November 2018).

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, dalam pembangunan Tol Ruas Pejagan Pemalang, BNI mengambil porsi kredit sindikasi sebesar Rp 1 triliun atau 21,15% dari total sindikasi (Rp 4,7 triliun). Project cost dari Tol Ruas Pejagan Pemalang sendiri adalah sebesar Rp 7,6 triliun.

Sedangkan, BNI mengambil bagian sebesar 28,84% atau Rp 1,5 triliun dari total kredit sindikasi (Rp 5,2 triliun) yang disalurkan untuk pembangunan Tol Ruas Pemalang Batang yang project cost-nya mencapai Rp 7,5 triliun.

“Sejalan dengan langkah pemerintah yang fokus pada pembangunan infrastruktur, BNI aktif terlibat dalam berbagai penyaluran kredit sindikasi infrastruktur. Dalam pembangunan Tol Ruas Pejagan Pemalang dan Tol Ruas Pejagan Pemalang, BNI berperan Agen Fasilitas, Escrow, dan Jaminan. BNI sendiri menjadi lead dalam kedua pembiayaan sindikasi yang juga mendapat partisipasi dari lembaga pembiayaan dan bank lain tersebut,” ujar Kiryanto.

Selain BNI, terdapat 13 bank dan lembaga pembiayaan di dalam kepesertaan kredit sindikasi Tol Ruas Pejagan Pemalang yaitu SMI, LPEI, ICBC, Panin, Bank Artha Graha, Bank Sumut, Bank Jateng, Bank Sulselbar, Bank Kalteng, Bank Nagari, Bank Maluku Malut, Bank DIY, dan Bank Jambi.

Sedangkan dalam kredit sindikasi pembangunan Tol Ruas Pemalang Batang, selain BNI terdapat 23 bank dan lembaga pembiayaan partisipan yaitu Bank Panin, Bank Artha Graha, Bank Sumut, Bank Jateng, Bank Sulselbar, Bank Kalteng, Bank Nagari, Bank Maluku Malut, Bank DIY, Bank Jambi, BPD Bali, Bank Papua, IIF, Bank Riau Kepri, Bank Sumsel Babel, Bank Kalsel, Bank Sulteng, BNI Syariah, Bank Aceh Syariah, Bank DIY Syariah, BJB Syariah, Bank Riau Kepri Syariah, dan Bank Kalsel Syariah.(jef)

tags:

Related For Dua Ruas Tol yang Dibiayai BNI Diresmikan