Menu
KemenkopUKM: Gotong Royong Sangat Penting untuk Memulihkan UMKM dari Pandemi - Kolaborasi Kementan dan Perbankan,Jaga Ketahanan Pangan di Bangka Belitung - KemenKopUKM Dukung Inisiatif #MelajuBersamaGojek Sebagai Solusi UMKM Go-Digital - Rabithah Alawiyah Jawa Tengah Sinergi dengan KemenkopUKM dalam Pelatihan Kewirausahaan Pondok Pesantren - KemenkopUKM Apresiasi Tekad Pelaku UMKM Milenial Papua Yang Siap Sukseskan PON dengan Produk Lokal - Kembangkan Destinasi Wisata Alam Petungkriyono Melalui Koperasi dan Medsos - Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pondok Pesantren - Selenggarakan Pelatihan, DWP Kemenkop UKM Ingin Pemahaman Perkoperasian Benar - KemenkopUKM Siap Dukung Digitalisasi Koperasi dan UKM Di Papua - MenkopUKM: Kelembagaan Koperasi Nelayan Harus Diperkuat

e’Sambelin, UKM yang Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Mei 4, 2020 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Di tengah mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia, banyak pelaku UKM yang diuji kreatifitas pemasaran produknya. Salah satunya, melalui jalur dunia maya alias media sosial (medsos). Begitu juga yang dilakukan Darmono, UKM produsen sambel khas dengan merek e’Sambelin.

Darmono mengatakan, sejak maraknya virus Covid-19, dirinya memanfaatkan sarana medsos untuk mempromosikan dan memasarkan produk sambel khasnya. “Alhamdulillah, animo konsumen tetap tinggi”, tandas Darmono kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Awalnya, aku Darmono, pesanan sambel datang dari komunitas teman-teman sendiri. Setelah dari mulut ke mulut, pesanan sambel pun datang dari komunitas yang lain. “Kuncinya ya kreatifitas, baik pemasaran maupun kualitas produk”, ucap Darmono.

Soal rasa, sambel khas e’Sambelin Cak’Mono juga sudah memiliki variasi rasa. Dengan ukuran botol 150 milimeter, selain rasa sambel biasa, ada juga varian rasa teri, petai, dan tongkol.

Yang terbaru adalah varian rasa cumi. Harga yang dipatok berkisar Rp30 ribu sampai Rp35 ribu saja. Sedangkan untuk rasa cumi Rp45 ribu. “Bagi Reseller mendapat cashback atau diskon Rp5 ribu”, ungkap Darmono seraya menyebutkan dirinya mampu memproduksi sambel sebanyak ratusan botol dalam setiap pemesanannya.

Meski masih didominasi pemesanan di wilayah Jabodetabek, namun pesanan sambel dari beberapa daerah di Indonesia pun mulai meningkat. “Sudah mulai banyak juga pesanan dari luar Jakarta”, kata Darmono.

Soal kemasan, e’Sambelin juga kini tersedia dalam kemasan plastik yang simpel dan praktis. Namun, tetap mengutamakan unsur higinietasnya.

Ke depan, e’Sambelin akan tetap berinovasi untuk berkembang, baik dari sisi kualitas produk, varian rasa, hingga inovasi dalam pemasaran. “Wabah Corona ini sebagai ajang UMKM bisa naik kelas dengan kreatifitas, inovasi, keuletan, dan bagaimana bener-benar memanfaatkan media sosial”, pungkas Darmono.(jef)

tags: ,

Related For e’Sambelin, UKM yang Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19