Global News Indonesia
Menu
BNI Dukung Program Wirausaha bagi Pensiunan Peserta Taspen - Gerakan Koperasi Pertanyakan Soal Dekopin , Pembahasan RUU Koperasi Segera Dirampungkan - Barisan Prabowo Sandi: Melalui Pemilu Inginkan Perubahan, Kebijakan ke Depan Harus Berpihak pada Rakyat - Kemenkop dan UKM Diharapkan Fokus Pada Upaya Reformasi Total Koperasi - Kemenkop dan UKM Berharap Kemitraan dengan India mampu perkuat eksistensi UMKM Hadapi Revolusi Industri 4.0 - Jadi Entrepreneur Jangan Mudah Menyerah - Peroleh SMM ISO 9001:2015, Kini RTGS, Remitansi, dan Garansi Bank BNI Berstandar Dunia - 3,9 Juta Pelaku UMKM Nikmati KUR BRI Senilai Rp.80,2 Triliun di 2018 - Sukses Salurkan Rp 7,3 Triliun di 2018, BNI Kembali Salurkan Bansos PKH Non Tunai Tahun 2019 - Capai Pertumbuhan Remitansi Dua Digit Pada 2018, BNI Jadi Pioneer Go Live SWIFT GPI di Indonesia

Indonesia Bagi Kunci Sukses UKM Era Digital di Italia

Oktober 7, 2018 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(Globalnews.id)- Indonesia membagi kunci sukses pengembangan UKM di era digital dalam forum Global Entrepreneurship Conference yang digelar pada 4-5 Oktober 2018 di Amalfi Coast, Italia.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Hermawan Kartajaya yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM dalam forum tersebut mengatakan ia baru saja memaparkan materi terkait sesi Humane Entrepreneurship and Social Innovation dalam forum yang digelar di Salermo University Italia itu.
“Intinya di era teknologi seperti sekarang kemanusiaan semakin penting,” katanya.

Dengan demikian kata dia, situasi paradoks semakin meluas dimana mana dan rumus sukses bagi UKM adalah mengintergrasikan dua hal yang paradoks itu.”Jadi UKM tidak boleh hanya tradisional aja tapi harus mengadopsi teknologi. Tapi juga tidak boleh melupakan sisi kemanusiaan,” katanya.

Menurut dia, selama ini mesin justru yang telah mempersempit peluang manusia untuk bisa berperan lebih besar.”Sebaliknya UKM start up juga jangan hanya berpegang pada online digital karena justru offline experience bagi customerlah yang paling punya value,”‘katanya.

Ia berpendapat, pelanggan akan kecewa kalau secara online sebuah produk terlihat sangat bagus dan tidak terlalu bagus pada kenyataannya.”Alibaba yang paling hebat e-commerce nya juga sudah masuk ke offline store.Matinya Seven Eleven di Indonesia bukan karena ada shifting Offline ke Online. Tapi lebih karena model bisnis offline-nya memang keliru,” katanya.

Sebaliknya Glodok yang pernah menjadi pusat elektronik terbesar justru redup pamornya karena tidak menerima digitalisasi.”Jadi rumus untuk sukses UKM harus berhasil mengintegrasikan online dan offline, IT menciptakan pengalaman terbaik bagi konsumen,” katanya.

Hermawan menilai hal tersebut bisa menjadi pelajaran yang baik bagi para pelaku UKM di dunia.Forum tersebut digelar dalam upaya untuk meneruskan program ICSB yang dilakukan di PBB pada 2016 yang lalu dengan menyelenggarakan “Gobal Entrepreneurship Conference”.

Hermawan akan mewakili Menteri KUKM RI yang diundang sebagai pembicara mengingat Indonesia adalah salah satu inisiator bersama enam negara lain di PBB seiring peresmian UN SME Day 27 Juni.(jef)

Related For Indonesia Bagi Kunci Sukses UKM Era Digital di Italia