Global News Indonesia
Menu
Membangun Pelayanan Kesehatan Berkualitas, Ground Breaking Ceremony MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI - Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi - BNI dan Mandiri Fokus Percepat Pembangunan HUNTARA di Sigi - LPDB KUMKM Optimis Kucurkan Dana Bergulir Rp 1,2 Triliun di 2018 - Pendampingan Kemenkop dan UKM di Pesisir Barat, Masyarakat Mampu Tingkatkan Nilai Jual Kopi - Tekan Angka Kecelakaan, DPP Organda Rekomendasikan Perusahaan Otto - Pemerintah Dorong Milenial Berkoperasi dan Manfaatkan Teknologi - Kuartal III Tahun 2018, BNI Cetak Laba Bersih Rp 11,4 Triliun, Didorong Pertumbuhan Kredit 15,6% - Insurance Day 2018, Rekor MURI Literasi Kampus Terbanyak Sasar Generasi Millenial Cerdas, Sejahtera & Mandiri - Kemenkop dan UKM Fasilitasi KUKM Potensial Ekspor untuk Ikut TEI 2018

Indonesia Bagi Kunci Sukses UKM Era Digital di Italia

Oktober 7, 2018 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(Globalnews.id)- Indonesia membagi kunci sukses pengembangan UKM di era digital dalam forum Global Entrepreneurship Conference yang digelar pada 4-5 Oktober 2018 di Amalfi Coast, Italia.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Hermawan Kartajaya yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM dalam forum tersebut mengatakan ia baru saja memaparkan materi terkait sesi Humane Entrepreneurship and Social Innovation dalam forum yang digelar di Salermo University Italia itu.
“Intinya di era teknologi seperti sekarang kemanusiaan semakin penting,” katanya.

Dengan demikian kata dia, situasi paradoks semakin meluas dimana mana dan rumus sukses bagi UKM adalah mengintergrasikan dua hal yang paradoks itu.”Jadi UKM tidak boleh hanya tradisional aja tapi harus mengadopsi teknologi. Tapi juga tidak boleh melupakan sisi kemanusiaan,” katanya.

Menurut dia, selama ini mesin justru yang telah mempersempit peluang manusia untuk bisa berperan lebih besar.”Sebaliknya UKM start up juga jangan hanya berpegang pada online digital karena justru offline experience bagi customerlah yang paling punya value,”‘katanya.

Ia berpendapat, pelanggan akan kecewa kalau secara online sebuah produk terlihat sangat bagus dan tidak terlalu bagus pada kenyataannya.”Alibaba yang paling hebat e-commerce nya juga sudah masuk ke offline store.Matinya Seven Eleven di Indonesia bukan karena ada shifting Offline ke Online. Tapi lebih karena model bisnis offline-nya memang keliru,” katanya.

Sebaliknya Glodok yang pernah menjadi pusat elektronik terbesar justru redup pamornya karena tidak menerima digitalisasi.”Jadi rumus untuk sukses UKM harus berhasil mengintegrasikan online dan offline, IT menciptakan pengalaman terbaik bagi konsumen,” katanya.

Hermawan menilai hal tersebut bisa menjadi pelajaran yang baik bagi para pelaku UKM di dunia.Forum tersebut digelar dalam upaya untuk meneruskan program ICSB yang dilakukan di PBB pada 2016 yang lalu dengan menyelenggarakan “Gobal Entrepreneurship Conference”.

Hermawan akan mewakili Menteri KUKM RI yang diundang sebagai pembicara mengingat Indonesia adalah salah satu inisiator bersama enam negara lain di PBB seiring peresmian UN SME Day 27 Juni.(jef)

Related For Indonesia Bagi Kunci Sukses UKM Era Digital di Italia