Menu
24 Ribu Penumpang Terima Vaksinasi di Sentra Vaksinasi 15 Bandara Angkasa Pura I - Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid - MenkopUKM: Transformasi Digital, Solusi Bagi UMKM yang Terdampak PPKM - ASDP Salurkan Bantuan 2000 Paket Sembako untuk Pengemudi Ojol di 4 Kota - Respons PPKM KemenkopUKM Terus Salurkan BPUM Tahap 2 - MenkopUKM: Kolaborasi Berbagai Pihak, Kunci Selamatkan UMKM di Masa Pandemi - ASDP Raih Pendapatan 1,69 Triliun dan Cetak Laba 147 Miliar di Semester I - 2021 - KPLP EVAKUASI JENAZAH ABK WNI YANG MENINGGAL SAAT BEKERJA DI KAPAL IKAN BERBENDERA CINA - BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS - PELNI Siapkan Kapal Jadi Tempat Isolasi Khusus OTG Covid-19

Ini Lho Sosok Pemimpin yang Bikin Kalsel Bertabur Penghargaan

April 7, 2021 | news

Banjarmasin:(Globalnews.id)-Sebuah capaian keberhasilan kepemimpinan di sebuah daerah, setidaknya bisa ditakar dari prestasi dan pengghargaan yang diperoleh. “ No pain no gain” yang artinya harfiahnya kurang lebih “tidak ada keberhasilan tanpa melalui kerja keras”, dan menghasilkan penghargaan adalah alat ukur bagaimana kinerja kepemimpinan di sebuah daerah. “Di Kalimantan Selatan, kami ikut senang punya gubernur yang bisa meraih banyak prestasi,” kaat Muhidin, mantan Walikota Banjarmasin, 6 April 2021.

Di Kalimantan Selatan (Kalsel) sepanjang kepemimpinan H. Sahbirin Noor atau karib disapa Paman Birin, capaian prestasi dan keberhasilan itu tersinar terang. Kerja kolektivitas seluruh unsur SKPD di lingkup Pemprov Kalsel di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel, Paman Birin sepanjang tahun 2016- 2020 mencatat seratus lebih prestasi nasional. Dan khusus untuk tahun 2020, sekitar 15 penghargaan diraih Pemerintah Provinsi maupun Gubernur Kalsel secara perorangan. “Saya saksi sejarah bagaimana Pak Gubernur bekerja, mendorong kami yang di bawah untuk maju,” ujar Muhidin.

Prestasi yang menjulang itu adalah diraihnya penghargaan IGA Award (Inovation Government Award) Kemendagri pada Desember 2020. Untuk Penghargaan IGA diberikan atas keberhasilan Pemprov Kalsel di bawah komando Paman Birin mampu menciptakan berbagai inovasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik dan pembangunan sumber daya manusia. Seperti diketahui, Pemprov Kalsel mendorong seluruh SKPD menciptakan inovasi untuk mempercepat dan mendukung upaya pembangunan di Banua. “Alhamdulillah, Kalsel dapat penghargaan bergengsi. Kami harus memberi apresiasi,” kata Muhidin.

Bagi Muhidin, Paman Birin dinilai mampu mendorong setiap sektor di lingkup pemerintahan, khususnya SKPD untuk melakukan trasformasi sistem layanan publik dengan pendekatan inovatif. Ini merupakan terobosan sistem pelayanan publik di mana paradigma ‘melayani’ masyarakat menjadi kata kuncinya.

Untuk mengubah sistem pelayanan publik di jajaran birokrasi yang selama ini lebih bersifat pasif dan menunggu menjadi pelayanan publik yang bersifat proaktif, memang bukan segampang membalikkan telapak tangan. Diperlukan komitmen penuh serta teladan dari pucuk pimpinan untuk memberi contoh. “Inilah yang dilakukan Paman Birin saat mengomandoi pemerintahan Provinsi Kalsel,” ujarnya.

Prestasi menonjol lainnya adalah meraih Predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) A untuk tingkat Provinsi dan berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak Tujuh Kali berturut turut sejak 2013 dari BPK RI.

Segudang prestasi dan keberhasilan ini membawa Kalsel menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang terus bersinar cemerlang. Wajah Kalsel senantiasa menunjukkan harapan yang besar bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian dunia, nasional dan daerah menjadi lesu, “Kalsel mampu terus menjaga stabilitas perekonomiannya. Ini menjadi catatan emas yang cemerlang di bawah kepemimpinan Paman Birin,” Kata Muhidin menegaskan. (Jef)

Related For Ini Lho Sosok Pemimpin yang Bikin Kalsel Bertabur Penghargaan