Global News Indonesia
Menu
BNI Dukung Program Wirausaha bagi Pensiunan Peserta Taspen - Gerakan Koperasi Pertanyakan Soal Dekopin , Pembahasan RUU Koperasi Segera Dirampungkan - Barisan Prabowo Sandi: Melalui Pemilu Inginkan Perubahan, Kebijakan ke Depan Harus Berpihak pada Rakyat - Kemenkop dan UKM Diharapkan Fokus Pada Upaya Reformasi Total Koperasi - Kemenkop dan UKM Berharap Kemitraan dengan India mampu perkuat eksistensi UMKM Hadapi Revolusi Industri 4.0 - Jadi Entrepreneur Jangan Mudah Menyerah - Peroleh SMM ISO 9001:2015, Kini RTGS, Remitansi, dan Garansi Bank BNI Berstandar Dunia - 3,9 Juta Pelaku UMKM Nikmati KUR BRI Senilai Rp.80,2 Triliun di 2018 - Sukses Salurkan Rp 7,3 Triliun di 2018, BNI Kembali Salurkan Bansos PKH Non Tunai Tahun 2019 - Capai Pertumbuhan Remitansi Dua Digit Pada 2018, BNI Jadi Pioneer Go Live SWIFT GPI di Indonesia

Jadi Wirausahawan, Jangan Takut Gagal

Februari 27, 2017 | koperasi dan ukm

malang

MALANG:(Globalnews,id)–Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa  harus kreatif dan terus berinovasi dan tidak takut gagal menjadi wirausahawan.“Mahasiswa harus memiliki cita-cita dan berani mencoba sebagai wirausaha. Jangan takut gagal, tetap berinovasi  dan bangun kreativitas akan menjadikan wirausahawan yang berhasil,” kata Prakoso saat memberi kuliah umum kewirausahaan yang dihadiri mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (23/2).

Dia mengatakan Gerakan Kewirausahaan yang dicanangkan Kementerian Koperasi dan UKM mendukung masyarakat termasuk kalangan mahasiswa menjadi wirausaha melalui pelatihan. Kementerian, tegas Prakoso, akan melakukan sinergi dengan UMM melatih dan menyiapkan  mahasiswa sebagai wirausaha yang tangguh. Rektor UMM Fauzan dalam acara yang sama menyampaikan mahasiswa tidak perlu  menunggu hingga lulus sarjana untuk menjadi wirausaha, tapi  harus dimulai sejak masih mahasiswa.

Setelah mendapatkan kuliah umum kewirausahaan, selanjutnya sebanyak 80 mahasiswa peserta yang tergabung dalam koperasi masiswa mendapatkan pelatihan kewirausahaan bersama dengan 80 peserta pelatihan kewirausahaan bagi perempuan yang bekerjasama dengan UMM dan dinas koperasi kota malamg. Pelatihan kewirausahaan dibuka oleh Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo.

Saat membuka pelatihan Budi Mustopo mengatakan usaha harus dimulai bukan hanya diwacanakan  atau di bicarakan saja.  Jangan takut gagal, kembangkang jejaring, berani mengambil resiko, gunakan kesempatan menjadi peluang. Keuntungan ataupun kerugian saat usaha sudah berjalan akan lebih berguna sebagai pembelajaran, dibandingkan usaha belum dijalankan,” lanjutnya, Dalam pengarahannya mahasiswa diajak memanfaatkan teknologi informasi sebagai peluang usaha yang paling mudah. Teknologi informasi sudah terbukti memberi kesempatan membangun usaha secara efisien sekaligus  memberikan keuntungan yang wajar.  “Yang penting dalam berwirausaha hilangkan gengsi, tapi miliki optimisme yang tinggi. Gengsi tidak membuat kita kaya tapi kaya akan membuat kita mempunyai gengsi,” katanya. (jef)

tags:

Related For Jadi Wirausahawan, Jangan Takut Gagal