Global News Indonesia
Menu
Tanggap Darurat Bencana NTB, BUMN Realisasikan 1.500 Huntara - Puspayoga Ajak Masyarakat Belanja Alat Musik Lokal di Smesco Music Expo - Bintang Puspayoga Kunjungi UKM Garam Gunung di Krayan - Bintang Puspayoga Buka Pelatihan Koperasi dan UKM Di Perbatasan Kaltara - Membangun Pelayanan Kesehatan Berkualitas, Ground Breaking Ceremony MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI - Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi - BNI dan Mandiri Fokus Percepat Pembangunan HUNTARA di Sigi - LPDB KUMKM Optimis Kucurkan Dana Bergulir Rp 1,2 Triliun di 2018 - Pendampingan Kemenkop dan UKM di Pesisir Barat, Masyarakat Mampu Tingkatkan Nilai Jual Kopi - Tekan Angka Kecelakaan, DPP Organda Rekomendasikan Perusahaan Otto

Kemenkop dan UKM Dorong KSP/USP Kembangkan Jaringan Usaha

November 20, 2017 | koperasi dan ukm

SEMARANG:(Globalnews.id)-Salah satu amanat yang tertuang dalam UU Nomor 25 Tahun 1992  tentang  prinsip koperasi, yaitu melaksanakan kerjasama antar koperasi. “Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar Forum Komunikasi Advokasi Kerjasama Antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi di Provinsi Jawa Tengah”, kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati, dalam rilisnya, kemarin.

Untuk mendukung dan mewujudkan hal tersebut, lanjut Yuana, sebelum pelaksanaan forum komunikasi itu pihaknya telah melaksanakan kegiatan  Pendampingan Jaringan Kerjasama Antar Usaha KSP/USP Koperasi di Provinsi Jawa Tengah, yang telah dilaksanakan selama empat bulan pada 20 Kabupaten/Kota.

“Kegiatan forum komunikasi ini merupakan sarana bagi para pelaku koperasi, dimana dalam acara tersebut juga akan dilaksanakan penandatanganan kesepakatan dan komitmen untuk membentuk jaringan sebagai wujud dari kesepakatan dan komitmen para pelaku koperasi”, tandas Yuana.

Kerjasama antar koperasi dimaksudkan agar koperasi dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan. “Sehingga, disamping dapat memperkuat solidaritas antar koperasi, meningkatkan daya saing dan daya banding juga akan mampu melakukan efektivitas dan efisiensi”, papar Yuana.

Bagi Yuana, koperasi perlu bersinergi dalam bentuk kerjasama antar usaha simpan pinjam koperasi. “Koperasi diharapkan dapat saling mendukung dengan mengoptimalkan keunggulan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak”, imbuh Yuana.

Dengan terbentuknya jaringan tersebut memudahkan pemerintah pusat dan daerah dalam memfasilitasi dukungan terhadap Usaha Simpan Pinjam Koperasi, baik dalam regulasi, pembinaan, pengawasan, pendanaan, pengembangan Sumber Daya, dan sebagainya. “Kegiatan tersebut harus didukung penuh, baik oleh pemerintah maupun Dinas Koperasi dan UKM Provinsi /Kabupaten/Kota di Jawa Tengah”, pungkas Yuana.(jef)

 

Related For Kemenkop dan UKM Dorong KSP/USP Kembangkan Jaringan Usaha