Global News Indonesia
Menu
Pemerintah Akan Perkuat UMKM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi - Angkasa Pura Logistik Kini Cashless dengan BNI - Wirausaha Indonesia Harus Mampu Adaptasi dengan Revolusi Industri 4.0 - Apotik Kimia Farma Kini Jadi Agen46 BNI - Asian Games 2018 Peluang Produk UMKM Masuk Pasar Internasional. - Dimulai di NTT, BNI Pionir Penyaluran KUR untuk Petani Garam - Kemenkop dan UKM Berikan Bantuan Bagi Penyuluh Koperasi Korban Gempa Lombok - Tingginya Arus Mutasi di Daerah Jadi Kendala Pembinaan ASN Perkoperasian - Literasi Keuangan & Kampanye AG 2018, BNI Hadiahi 2.000 Taplus Anak - Bank DKI Raih Penghargaan Top Bank Bidang Fintech - Transaksi Non Tunai

Kemenkop dan UKM Dorong Pembentukan PPKD di Daerah

Maret 28, 2018 | koperasi dan ukm

GORONTALO: (Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pembentukan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) di setiap provinsi di Indonesia. Kementerian pun intens menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan stakeholders daerah dalam rangka mendukung percepatan pembentukan PPKD.

“Pendirian PPKD memang membutuhkan waktu, sehingga tidak mungkin dengan sekali pertemuan dapat segera berdiri,” kata Asdep Pembiayaan Non bank dan Perpajakan, Kemenkop dan UKM, Suprapto dalam rapat koordinasi di Provinsi Gorontalo, Rabu (28/3/2018).

Rakor dibuka oleh Asisten I Setda Prov. Gorontalo, dengan dihadiri Ketua Komisi II DPRD Gorontalo, Kepala Bappeda Gorontalo,
Direktur Utama PT Jamkrida Babel Erlan Hadi Susanto, Direktur Utama Perum Jamkrindo Syairah Kadar Wisnuwarman, dan dinas terkait lainnya.

“Berkaitan dengan hal itu maka Kementerian Koperasi dan UKM tidak berhenti untuk mendorong pembentukan PPKD tidak terkecuali bagi Provinsi Gorontalo,” tandasnya.

Anis selaku Asisten I Setda Gorontalo mengungkapkan apresiasi atas pembentukan PPKD di Provinsi Gorontalo guna mendukung pengembangan UMKM di daerah. UMKM di Gorontalo menghadapi kendalan akses permodalan. Dengan adanya PPKD ini diharapkan kendala
tersebut dapat teratasi.

“Kiranya PPKD di Gorontalo dapat segera terbentuk untuk membantu menanggulangi akses permodalan tersebut dan beroperasi dengan baik sehingga PPKD di Gorontalo tidak hanya menjadi target institusi semata melainkan dapat memajukan UMKM dan mendongkrak perekonomian di Prov. Gorontalo,” ujar Anis.

Dirut PT Jamkrida Babel, Erlan Hadi Susanto menjelaskan bahwa pendirian PPKD diperlukan untuk mempermudah koperasi dan UMKM yang tidak memiliki agunanan, atau yang agunannya kurang untuk mengakses sumber pembiayaan dari perbankan.

“Hal ini dikarenakan PPKD dapat memberikan jaminan kepada bank, sebab PPKD juga dapat menjadi mitra bagi bank sebagai debitur,” terangnya.
Selanjutnya sebagai wadah bagi PPKD yang ada diseluruh Indonesia terbentuklah ASIPPINDO (Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia)

“Saat ini sudah terbentuk 18 (delapan belas) PT. Jamkrida di Indonesia dan telah tergabung menjadi anggota ASIPPINDO. PPKD di Gorontalo diharapkan dapat segera terbentuk sehingga dapat bergabung dengan ASSIPPINDO untuk turut mendorong penjaminan bersama” tutup kadar. (jef)

Related For Kemenkop dan UKM Dorong Pembentukan PPKD di Daerah