Menu
Menkop dan UKM: Transformasi UMKM ke Ekonomi Digital Jadi Keniscayaan - Menkop dan UKM: Pelaku UMKM Harus Tahan Banting   - DWP KemenkopUKM Berbagi Peduli Untuk Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Garut - MenkopUKM Minta UMKM di NTT Berkoperasi - Kemenhub Siap Antisipasi Pergerakan Saat Libur Panjang Agar Tak Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 - Libur Panjang Pekan Depan, Kemenhub Prediksi Penumpang Pesawat Naik 20 Persen - Pentingnya Memperkuat Posisi UMKM dalam Rantai Pasok - Hari Santri 2020, LPDB-KUMKM Gandeng Santri Dalam Upaya Pendampingan Dana Bergulir - Pemerintah Wajibkan K/L Belanja Produk UMKM Minimal 40 Persen Dari Pagunya - KUARTAL III/2020, LABA BTN MELESAT 39,72%

Kemenkop dan UKM Dukung Banten Kembangkan Pariwisata Berbasis KUMKM

Mei 4, 2017 | koperasi dan ukm
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam dalam Silaturahmi dan Sarasehan Tokoh Masyarakat Banten dengan tema 'Refleksi 17 tahun Provinsi Banten, antara cita-cita dan realita', di Pendopo Kantor Gubernur Banten, Serang, Rabu (3/5/2017).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam dalam Silaturahmi dan Sarasehan Tokoh Masyarakat Banten dengan tema ‘Refleksi 17 tahun Provinsi Banten, antara cita-cita dan realita’, di Pendopo Kantor Gubernur Banten, Serang, Rabu (3/5/2017).

SERANG:(Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM mendukung Provinsi Banten sebagai salah satu tujuan wisata. Propinsi Banten dinilai memiliki potensi alam dan pantai yang sangat indah yang apabila dikelola dengan baik bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk mendukung sektor-sektor unggulan (pariwisata) yang sedang dikembangkan oleh Provinsi Banten, antara lain dengan mengembangkan produk UMKM berbasis pariwisata.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram dalam acara Silaturahmi dan Sarasehan Tokoh Masyarakat Banten di pendopo kantor Gubernur Banten, Serang, Rabu (3/5/2017).

Untuk memajukan perekonomian masyarakat, menurut Agus harus sejalan dengan upaya memajukan Koperasi dan UMKM. Karena UMKM ibarat rumah, Usaha Mikro dan Kecil sebagai pondasi,  Pilarnya Usaha Menengah dan atapnya Usaha Besar.

Pengembangan UMKM melalui pendekatan koperasi itu jelasnya, pihaknya sudah melakukan dengan fasilitas pembiayaan melalui program kredit usaha rakyat (KUR) dan dana bergulir LBDB.

“Itu semua harus didukung dengan pengawasan yang kuat. Juga dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, investor, perguruan tinggi dan lain-lain. Pembangunan ekonomi kerakyatan itu juga harus tetap memelihara kearifan lokal masyarakat Banten,” katanya.

Agus meyakini Banten sangat potensial karena kota dan masyarakatnya sangat religius dengan didukung SDM yang baik, apalagi lokasi provinsi tersebut sangat dekat dengan Ibukota Jakarta.

Pembangunan Banten itu ke depan diharapkan jangan hanya berorientasi pada pembangunan fisik pemerintahan, tapi harus berorientasi pada pembangunan masyarakat miskin.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh Banten Irsyad Djuwaili mengatakan dengan potensi Banten yang sangat besar ini, harusnya Banten sudah menjadi daerah yang sangat maju.

Ia berharap semoga Gubernur yang baru dapat bekerja dengan baik untuk kemajuan Banten. Supaya Banten menjadi kuat, maju, beriman dan menjadi  masyarakat agamis.(jef)

 

Related For Kemenkop dan UKM Dukung Banten Kembangkan Pariwisata Berbasis KUMKM