Menu
DWP KemenkopUKM Berbagi Peduli Untuk Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Garut - MenkopUKM Minta UMKM di NTT Berkoperasi - Kemenhub Siap Antisipasi Pergerakan Saat Libur Panjang Agar Tak Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 - Libur Panjang Pekan Depan, Kemenhub Prediksi Penumpang Pesawat Naik 20 Persen - Pentingnya Memperkuat Posisi UMKM dalam Rantai Pasok - Hari Santri 2020, LPDB-KUMKM Gandeng Santri Dalam Upaya Pendampingan Dana Bergulir - Pemerintah Wajibkan K/L Belanja Produk UMKM Minimal 40 Persen Dari Pagunya - KUARTAL III/2020, LABA BTN MELESAT 39,72% - Export Revolution, Gebrakan Penetrasi Pasar Luar Negeri Bagi UKM dan Petani Indonesia Melalui Indonesian Grocery KOPITU - MenkopUKM: Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi Adalah Pilihan Tepat

Kemenkop dan UKM Gandeng Kemendag dan Kemlu Genjot Ekspor Usaha Menengah

Februari 12, 2020 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Kementerian Koperasi dan UKM fokus untuk mendampingi dan mendorong usaha skala menengah untuk naik kelas agar masuk ke pasar ekspor.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit dalam acara IDX Economic Forum bertema Roadmap UMKM 2020-2024 di Jakarta, Rabu (12/2/2020), mengatakan sasaran strategis kementeriannya adalah fokus pada usaha menengah berbasis sektor riil dan berskala ekonomi melalui sinergi lintas stakeholder.

“Usaha menengah di Indonesia mencapai 60.702 pelaku dengan total kontribusi ekspor 10,85 persen,” kata Victoria.

Usaha menengah yang dimaksud merupakan usaha beromzet Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar dengan aset lebih dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar.

Pihaknya akan menerapkan strategi “high touch” untuk skala usaha menengah dengan di antaranya melakukan market driven atau market intelijen dengan bekerja sama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan.

“Kami akan melakukan kurasi champion dengan melibatkan asosiasi profesi, komunitas kreatif, local brand activist, dan akun media sosial,” katanya.

Di sisi lain juga melakukan digitalisasi UMKM (proses bisnis dan akses pasar), memperluas
creative space (local brand) di daerah, dan membuka channel distribusi (Horeka, Mall, Marketplace).

Seiring dengan itu juga dilakukan scalling up dan internasionalisasi produk UKM melalui dukungan trading house, standardisasi, sertifikasi internasional, investasi atau IPO.

“Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memobilisasi experties menjadi mentor UKM dalam pengembangan usaha dan mengembangkan factory sharing berbasis value chain,” kata Victoria.

Pada kesempatan yang sama SVP Micro Development & Agent Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Zedo Faly mengatakan sudah semakin besarnya dukungan sektor perbankan terhadap UMKM dari sisi akses permodalan, insentif bunga kredit, bahkan hingga perlakuan khusus atau insentif dalam hal proses persetujuan pengajuan kredit.

Perbankan kini kata dia, juga semakin memandang bahwa UMKM merupakan segmen pasar yang kian prospektif.

Sementara Direktur Ritel Sarinah (Persero) Lies Permana Lestari mengatakan pihaknya membuka peluang kepada lebih banyak pelaku UMKM untuk memanfaatkan Sarinah sebagai jendela UMKM Indonesia atau menjadi etalase produk-produk UMKM.

Pihaknya juga menekankan pentingnya kurasi produk sebelum bisa masuk ke etalase Sarinah yang sekaligus untuk memicu pelaku UMKM agar dapat menghasilkan produk yang senantiasa terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Ketua UKM IKM Apindo Ronald Walla mengatakan selama ini para pelaku UMKM telah melakukan berbagai upaya agar bisa bertahan dan bersaing di pasar dalam negeri di tengah disrupsi digital dan dinamika revolusi industri 4.0.(jef)

Related For Kemenkop dan UKM Gandeng Kemendag dan Kemlu Genjot Ekspor Usaha Menengah