Menu
KemenkopUKM Gelar FGD Pengembangan Usaha Mikro di Kawasan Wisata Mandalika - Indahnya Keberagaman pada Festival Teluk Jailolo - Pelaku Kreatif Kuliner Bandung Inisiasi Wadah Koperasi untuk Permudah Pembiayaan - MenkopUKM: Berwirausaha Menjadi Pilihan Strategis bagi Kaum Milenial - MenkopUKM Dorong Kopkar RSCM Masuk ke Sektor Usaha Alat Kesehatan - Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030 - Kanwil BRI Jakarta II Salurkan Sembako ke Anak Yatim dan Lansia di Desa Cidokom, Bogor - SeskemenkopUKM: Target Pembangunan Koperasi dan UMKM Tercapai Bila Program Pusat dan Daerah Selaras - MenkopUKM: UMKM Harus Bangun Produk Unggulan yang Khas dan Unik - SeskemenkopUKM Dorong Pelaku UKM Tingkatkan Kapasitas Guna Menembus Pasar Ekspor

Kemenkop UKM Hibahkan Gedung PLUT-KUMKM ke Pemkab Wakatobi

Februari 28, 2018 | koperasi dan ukm

WAKATOBI:(Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM menghibahkan gedung PLUT-KUMKM kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Deputi Restrukturisasi Usaha,  Kemenkop dan UKM Abdul Kadir Damanik mengatakan keberadaan gedung PLUT-KUMKM tersebut dapat memberikan kontribusi yang optimal guna memberdayakan koperasi dan UMKM bagi peningkatan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat.

PLUT-KUMKM merupakan salah satu program unggulan Kementerian Koperasi dan UKM. Sejak diluncurkan tahun 2013, hingga kini telah terealisasi pembangunan 51 unit, terdiri dari 24 PLUT tingkat Provinsi dan 27 PLUT tingkat Kab/Kota. PLUT-KUMKM Kab. Wakatobi merupakan program tahun 2014 dan menjadi salah satu dari 27 PLUT tingkat Kab/Kota.

“Gedung PLUT Kabupaten Wakatobi merupakan gedung ke 34 yang dihibahkan dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada Pemda Wakatobi,” kata Kadir,  Rabu (28/3).

Kadir juga menegaskan perlu komitmen Pemda menyediakan APBD untuk operasional PLUT dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan UKM.

Di Wakatobi terdapat 150 koperasi dan  5000 unit UMKM yang bergerak di sektor kelautan, perikanan, pariwisata dan perdagangan. Koperasi dan UMKM di sana sangat potensial untuk dikembangkan mengingat Wakatobi merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang sangat berkembang.  Perkembangan pariwisata akan mendukung meningkatnya produktivitas UMKM.

“PLUT-UMKM akan menjadi wadah meningkatkan kemampuan UMKM dalam berbagai hal,  seperti peningkatan kualitas produk,  pemasaran dan  kemasan,” lanjut Kadir.

Acara penyerahan hibah gedung PLUT-KUMKM dirangkaikan dengan acara lain dari PT Telkom Indonesia, Tbk dan BULOG. PT. Telkom Indonesia, Tbk melakukan sosialisasi kegiatan peluang usaha Wifi Corner (WiCo) 2.0 layaknya usaha yang biasa dikenal dengan warung internet (warnet). Kegiatan usaha ini dapat dilakukan secara sambilan dan/atau digabungkan dengan kegiatan-kegiatan usaha lainnya.

Adapun BULOG melakukan sosialisasi dan sekaligus memberikan kesempatan peluang usaha kepada para Koperasi dan UKM di Wakatobi untuk mengembangkan usaha penyaluran beberapa komoditi pokok dan sekaligus sebagai upaya stabilitas harga.

Kadir mengatakan kedua jenis kegiatan ini dapat dijadikan peluang usaha baik bagi masyarakat yang belum memiliki usaha maupun dalam kaitan meningkatkan skala usaha Koperasi dan UKM yang sudah ada. (jef)

 

 

 

 

 

 

Related For Kemenkop UKM Hibahkan Gedung PLUT-KUMKM ke Pemkab Wakatobi