Menu
RUPST BNI 2019, Herry Jadi Dirut, Agus Komut, Manajemen Komit Lanjutlan RBI 2020 dengan Perdalam Implementasinya - Tingkatkan Daya Saing, Petani Cabai di NTB Sepakat Bentuk Koperasi - Dirikan Industri Peternakan Sapi Terpadu, GDA Gandeng Petani Lokal - Bigbird Premium, Layanan Transportasi Aman, Nyaman dan Mewah - PMI Harap Sinergi Permodalan dengan LPDB untuk Pemuda Papua - Kemenkop dan UKM Cari Masukan Skema Pembiayaan Murah dan Ramah - DEPUTI BIDANG PENGEMBANGAN SDM AKAN MEREFORMULASI DAN REFORMASI SISTEM PELATIHAN - BRI Bagikan Dividen Rp. 20,6 Triliun - Kemenkop dan UKM Dukung Pekerja Dirikan Koperasi - Kemenkop dan UKM Siapkan Langkah Digitalisasi Koperasi

KKP Minta Dukungan Kemenkop dan UKM dalam Pembentukan Koperasi bagi Kelompok Budidaya Perikanan

November 28, 2019 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan menjalin sinergi program untuk penguatan dan pemberdayaan pembudidaya. Sinergi sangat penting dalam rangka penguatan kelembagaan, peningkatan skala usaha, penyerapan tenaga kerja, peningkatan produksi dan ekspor dari kelompok-kelompok usaha budidaya.

“Kami minta dukungan dan support kepada Menteri Koperasi dan UKM dalam bentuk penguatan kelembagaan termasuk pembentukan koperasi kepada pelaku usaha budidaya, karena bantuan di perikanan budidaya harus berbentuk koperasi,” kata Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Subiakto usai bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di ruang kerja Menteri Koperasi dan UKM, Kamis (28/11).

Slamet mengatakan dari 6 juta pembudidaya, umumnya masih berbentuk kelompok usaha dan yang berbentuk koperasi masih sangat sedikit, hanya sekitar dua persen. Melalui penguatan kelembagaan dengan membentuk koperasi akan mendorong budidaya lebih berkembang, mempermudah akses pembiayaan berbunga ringan seperti KUR. Ini akan menjadikan pembudidaya menjadi kelompok usaha mandiri dan mampu naik kelas.

“Kelompok usaha budidaya yang selama ini mendapat intervensi penuh dari pemerintah setelah naik kelas dapat mengakses pembiayaan komersial dan menjadi mitra pembina baru kelompok-kelompok usaha baru,” kata Slamet.

Karena itu, ia mengharapkan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi pembentukan koperasi bagi kelompok usaha budidaya agar prosesnya berlangsung cepat. Dengan berkoperasi diharapkan para pembudidaya usahanya lebih terintegrasi, usahanya fokus dan lebih cepat untuk maju.

Ia mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan data kelompok usaha budidaya di seluruh Indonesia agar penguatan kelembagaan segera dapat direalisasikan.(jef)

Related For KKP Minta Dukungan Kemenkop dan UKM dalam Pembentukan Koperasi bagi Kelompok Budidaya Perikanan