Global News Indonesia
Menu
Dua Produk Bancassurance Terbaru Asuransi BRI Life, Davespro dan Davestera Optima Syariah - Dukung Ekspor Indonesia, BNI Biayai Importir Burung Walet - Kemenkop UKM dan Gojek Kerja Sama Pelatihan Kewirausahaan - Menkop dan UKM Resmikan Kampung Ramadhan 2019 - Tren Ekonomi Kolaborasi Sesuai dengan Marwah Koperasi - Prospek Berkarir di Industri Syariah Cukup Bagus - Kemenkop dan UKM Targetkan 25 Ribu IUMK Melalui OSS - BTN AKAN AMBIL ALIH MAYORITAS SAHAM PNMIM, RUPST BTN menyetujui perubahan pengurus bank dan pembagian dividen sebesar 20% - Koperasi Siap Belajar Sistem Pengawasan dari Bank Dunia dan OJK - Kemenkop dan UKM Targetkan Semua Konsultan PLUT-KUMKM Miliki Sertifikat

KSP/USP Koperasi Perlu Bersinergi dalam Bentuk Kerjasama Antar Usaha

Oktober 3, 2017 | koperasi dan ukm

DENPASAR (Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi (KSP/USP) untuk mengembangkan jaringan kerjasama usaha antar koperasi dan lembaga pembiayaan lainnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Drs. Ahmad Husein MM saat memberi arahan pada acara Forum Komunikasi Advokasi Kerjasama Antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi Provinsi Bali, di Denpasar, Selasa (3/10).

“KSP/USP Koperasi perlu bersinergi dalam bentuk kerjasama antar usaha, supaya dapat saling mendukung dengan mengoptimalkan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing pihak dengan fokus yang mengarah pada pemberdayaan UMKM,” kata Ahmad Husein.

Untuk pembentukan jaringan kerjasama atau kemitraan antar usaha koperasi tersebut, peran pendamping sangat penting, sehingga proses pembentukannya dapat berjalan dengan lancar.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Patra, Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Braman Setyo, Pakar Koperasi Suwandi, dari World Bank Nasirwan, Kadiskop se provinsi Bali, pengurus/pengelola/manajer koperasi dan para pendamping koperasi.

Pada acara tersebut juga ditandatanganani Kesepakatan Kerjasama antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi, pelaku koperasi, koordinator pendamping provinsi, yang diaaksikan Asdep Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan dan Kadiskop UKM Provinsi Bali.

“Kerjasama dan kesepakatan ini perlu dilakukan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi yang tidak mungkin dilakukan oleh koperasi primer secara sendiri-sendiri,” kata Husein.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Putra dalam sambutannya mengatakan, 4.900 Koperasi yang ada di Bali dapat dijadikan wadah berkoordinasi dan sinergi, sehingga koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa dapat meningkatkan ekonomi rakyat.

Melalui jaringan kerjasama usaha KSP/USP ini, imbuh Nyoman Putra, secara bertahap menjadikan koperasi berkembang dan dapat meningkatkan KSP dan USP yang tangguh dan sehat untuk meningkatkan angggotanya.(jef)

Related For KSP/USP Koperasi Perlu Bersinergi dalam Bentuk Kerjasama Antar Usaha