Global News Indonesia
Menu
Melalui RAT, Koperasi Harus Bisa Mengantisipasi Perubahan Zaman - Kopma Harus Tumbuh Sebagai Koperasi Kreatif - Koperasi Perikanan Seharusnya Kelola Kembali TPI - Gelar Java Jazz on The Move, BNI Perkenalkan yap! - Kemenkop dan UKM Minta Pemerintah Bijaksana Pungut Pajak KUMKM - Kemenhub Benahi Keselamatan Perkeretaapian - Organisasi Pemuda Desak Pemerintah Responsif Atasi Intoleransi - Gelar Travel Experience, BNI & HIS Gandeng 4 Maskapai Penerbangan - OJK Lakukan Penyehatan Komprehensif AJBB 1912 - Pelaku Usaha Sambut Positif Early Warning System Kemenkop dan UKM

KSP/USP Koperasi Perlu Bersinergi dalam Bentuk Kerjasama Antar Usaha

October 3, 2017 | koperasi dan ukm

DENPASAR (Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi (KSP/USP) untuk mengembangkan jaringan kerjasama usaha antar koperasi dan lembaga pembiayaan lainnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Drs. Ahmad Husein MM saat memberi arahan pada acara Forum Komunikasi Advokasi Kerjasama Antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi Provinsi Bali, di Denpasar, Selasa (3/10).

“KSP/USP Koperasi perlu bersinergi dalam bentuk kerjasama antar usaha, supaya dapat saling mendukung dengan mengoptimalkan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing pihak dengan fokus yang mengarah pada pemberdayaan UMKM,” kata Ahmad Husein.

Untuk pembentukan jaringan kerjasama atau kemitraan antar usaha koperasi tersebut, peran pendamping sangat penting, sehingga proses pembentukannya dapat berjalan dengan lancar.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Patra, Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Braman Setyo, Pakar Koperasi Suwandi, dari World Bank Nasirwan, Kadiskop se provinsi Bali, pengurus/pengelola/manajer koperasi dan para pendamping koperasi.

Pada acara tersebut juga ditandatanganani Kesepakatan Kerjasama antar Usaha Simpan Pinjam Koperasi, pelaku koperasi, koordinator pendamping provinsi, yang diaaksikan Asdep Simpan Pinjam pada Deputi bidang Pembiayaan dan Kadiskop UKM Provinsi Bali.

“Kerjasama dan kesepakatan ini perlu dilakukan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi yang tidak mungkin dilakukan oleh koperasi primer secara sendiri-sendiri,” kata Husein.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Bali I Dewa Nyoman Putra dalam sambutannya mengatakan, 4.900 Koperasi yang ada di Bali dapat dijadikan wadah berkoordinasi dan sinergi, sehingga koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa dapat meningkatkan ekonomi rakyat.

Melalui jaringan kerjasama usaha KSP/USP ini, imbuh Nyoman Putra, secara bertahap menjadikan koperasi berkembang dan dapat meningkatkan KSP dan USP yang tangguh dan sehat untuk meningkatkan angggotanya.(jef)

Related For KSP/USP Koperasi Perlu Bersinergi dalam Bentuk Kerjasama Antar Usaha