Global News Indonesia
Menu
Puspayoga Ajak Masyarakat Belanja Alat Musik Lokal di Smesco Music Expo - Bintang Puspayoga Kunjungi UKM Garam Gunung di Krayan - Bintang Puspayoga Buka Pelatihan Koperasi dan UKM Di Perbatasan Kaltara - Membangun Pelayanan Kesehatan Berkualitas, Ground Breaking Ceremony MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI - Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi - BNI dan Mandiri Fokus Percepat Pembangunan HUNTARA di Sigi - LPDB KUMKM Optimis Kucurkan Dana Bergulir Rp 1,2 Triliun di 2018 - Pendampingan Kemenkop dan UKM di Pesisir Barat, Masyarakat Mampu Tingkatkan Nilai Jual Kopi - Tekan Angka Kecelakaan, DPP Organda Rekomendasikan Perusahaan Otto - Pemerintah Dorong Milenial Berkoperasi dan Manfaatkan Teknologi

Layani Relasi Jakarta-Surabaya, KA Jayakarta Premium Resmi Beroperasi

September 28, 2017 | news

JAKARTA:(Globalnews.id)- Bertepatan dengan HUT PT KAI (Kereta Api Indonesia) ke 72, PT KAI Daop I Jakarta meluncurkan KA Jayakarta Premium, kereta api non subsidi yang melayani relasi Para Senen-Surabaya Gubeng (PP)

KA Jayakarta inimerupakan peningkatan status dari KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) Premium menjadi perjalanan reguler, dan merubah nama KA tambahan tersebut dengan nama KA “Jayakarta Premium”.

“Peningkatan status ini untuk mengakomodir tingginya permintaan penumpang KA dengan rute Stasiun Pasar Senen – Surabaya Gubeng P.P. ini,” ujar Senior Manager  Angkutan Penumpang PT KAI Daop I Jakarta, Sigit Irawanta, di sta Pasar Senen, Kamis (28/9).

Sigit menjelaskan, perubahan status KA tersebut tidak merubah susunan kereta yang ada. KA Jayakarta tetap akan menggunakan 8 kereta kelas ekonomi (K3) premium dengan masing-masing jumlah tempat duduk per kereta 80 kursi, serta 2 kereta ekonomi premium dengan kursi khusus penyandang disabilitas masing-masing berjumlah 64 kursi. Total ada 10 kereta dengan 768 kursi yang disediakan dalam 1 kali perjalanan.

“Dilihat sejak kemunculan KA GBMS Premium pada Lebaran tahun 2017 ini, yang mana okupansinya selalu tinggi atau tempat duduk yang selalu terjual habis. Maka dengan ini PT KAI mengeluarkan kebijakan untuk merubah status KA tambahan menjadi KA Reguler,” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto, melalui rilis resmi yang dikeluarkan oleh KAI.

Adapun jadwal perjalanan KA Jayakarta Premium, baik dari Pasar Senen maupun dari Surabaya Gubeng adalah sebagai berikut:

  1. Berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 13.20 WIB dan tiba di Stasiun akhir Surabaya Gubeng pukul 03.47 WIB.
  2. Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun akhir Pasarsenen pukul 05.30 WIB.

Adapun tarif Kereta Api Jayakarta Premium ini nantinya akan menerapkan skema tarif berdasaran jarak yang dijabarkan sebagai berikut :

  1. 0 – 250 Km, tarif batas bawah Rp110.000,00 dan tarif batas atas Rp300.000,00
  2. 251 – 515 Km, tarif batas bawah Rp140.000,00 dan tarif batas atas Rp350.000,00
  3. Di atas 515 Km, tarif batas bawah Rp180.000,00 dan tarif batas atas Rp450.000,00.

Skema tarif diatas dihitung dari stasiun keberangkatan penumpang sampai stasiun tujuan yang dilayani oleh KA Jayakarta Premium. Nantinya, KA Jayakarta Premium akan melayani naik-turun penumpang di beberapa stasiun berikut :

  1. Stasiun Pasarsenen
  2. Stasiun Jatibarang
  3. Stasiun Cirebon
  4. Stasiun Bumiayu
  5. Stasiun Purwokerto
  6. Stasiun Randegan
  7. Stasiun Kroya
  8. Stasiun Tambak
  9. Stasiun Karanganyar
  10. Stasiun Kebumen
  11. Stasiun Wonosari
  12. Stasiun Prembun
  13. Stasiun Kutoarjo
  14. Stasiun Yogyakarta
  15. Stasiun Klaten
  16. Stasiun Solo Balapan
  17. Stasiun Masaran
  18. Stasiun Walikukun
  19. Stasiun Paron
  20. Stasiun Madiun
  21. Stasiun Nganjuk
  22. Stasiun Baron
  23. Stasiun Kertosono
  24. Stasiun Jombang
  25. Stasiun Mojokerto
  26. Stasiun Surabaya Gubeng

Penambilan nama KA Jayakarta berasal dari Nama Lama Jakarta Ke-3 Sebelum Menjadi Jakarta. Nama ini diberikan oleh pasukan pimpinan Fatahillah dari Kesultanan Demak bagi kawasan pelabuhan Sunda Kelapa setelah mengusir tentara Portugis dari pelabuhan itu pada tahun 1527. Penamaan ini mengisyaratkan bahwa perjalanan KA ini berawal dari wilayah Jakarta. (jef)

v

Related For Layani Relasi Jakarta-Surabaya, KA Jayakarta Premium Resmi Beroperasi