Menu
Firman Rendi: Banpres Produktif Merupakan Energi Baru Bagi Usaha Saya - 36 Perusahaan Raih Predikat Best Insurance 2020 - LPDB-KUMKM Amankan Uang Negara Senilai Rp6,8 Miliar - Ekosistem Digital Bantu Percepatan Penanganan Covid-19 - MenkopUKM Perkuat Kemitraan Koperasi Dengan TaniHub Dalam Menyerap Hasil Pertanian - MenkopUKM Resmikan Logo Baru LPDB, Wujudkan Layanan Berkualitas - MenkopUKM: Transformasi Digital Koperasi Harus Dipercepat - Optimalkan Pemulihan Perekonomian Masyarakat Melalui Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Gandeng Kejari Kota Bandung - MenkopUKM Dorong Petani Bangun Korporatisasi Petani Melalui Koperasi - KemenkopUKM: Banpres Produktif Harus Tepat Sasaran, Pencairan dan Pemanfaatan

Menkop dan UKM Siap Dukung Kopisetara Kembangkan Destinasi Wisata di Indonesia

Mei 6, 2020 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)– Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan siap mendukung Koperasi Jasa Sentra Wisata alam Nusantara (Kopisetara) untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat dari aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berbicara dalam webinar diskusi di bulan Ramadhan di tengah pandemik COVID-19, mengenai “Pemanfaatan Jasa Lingkungan di Kawasan Konservasi untuk Pariwisata”, Rabu (6/5/2020), mengatakan pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan yang diharapkan menyumbangkan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa.

“Secara khusus Presiden menyampaikan ke saya untuk terus dikembangkan pemanfaatan perhutanan sosial dengan desa wisata ini, sehingga pemanfaatan jasa lingkungan itu, akan jauh lebih memberikan manfaat dan juga tidak merusak fungsi ekosistem,” kata Teten.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung aktivitas Kopisetara yang bermitra dengan Federasi Mountaineering Indonesia untuk menjadi penggerak wisata alam di Indonesia.

Terlebih Kopisetara juga punya keyakinan untuk bisa memanfaatkan jasa lingkungan memanfaatkan lokasi-lokasi konservasi untuk kegiatan wisata berkelanjutan.

“Kami ingin bekerja sama dengan Kopisetara untuk mengembangkan selain di 5 destinasi wisata, juga potensi pemanfaatan jasa lingkungan di berbagai daerah,” kata Teten.

Teten menilai pariwisata merupakan sektor yang sangat prospektif untuk mendatangkan kesejahteraan kepada masyarakat secara adil dan merata tanpa mengeksploitasi alam secara berlebihan dan tanpa harus membuka keran impor.

Untuk itu pihaknya siap berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga lain untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di tanah air.

“Kami memang masuk ke semua sektor, tapi fungsi kami lebih ke pengembangan kewirausahannya,” kata Teten.

Oleh karena itu, pihaknya siap menggandeng Kopisetara untuk mendukung gerakan kewirausahaan dan memperkuat kompetensi SDM yang bergerak di bidang pariwisata khususnya yang fokus pada kelestarian alam.

”Nanti kita bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, yang bisa berkecimpung dengan temen-teman yang berkecimpung di bisnis ini pariwisata salah satunya Kopisetara. Kita membuat rencana kerja bersama untuk mengembangkan desa-desa wisata mengembangkan wisata alam, memanfaatkan jasa lingkungan ini,” kata Teten Masduki.(jef)

Related For Menkop dan UKM Siap Dukung Kopisetara Kembangkan Destinasi Wisata di Indonesia