Menu
Miliki Varian Beragam dengan Harga Terjangkau, Daging Merah Australia Sasar Pasar Menengah keatas - KemenKopUKM Siap Bawa Galendo, Makanan Khas Ciamis Perluas Pasar Hingga Mancanegara - Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Vokasional Usaha Mikro di Sektor Perikanan dan Peternakan - UNAIDS Dukung Kelompok Marjinal Indonesia Bangkit dari Dampak Pandemi - Gelar Sosialisasi PP No. 7 Tahun 2021, KemenKopUKM Ajak Pelaku UKM dan Koperasi di Ciamis Berdaya Saing - KemenKopUKM dan Komisi VI DPR RI Sinergi Gelar Temu Bisnis Pedagang Pasar Kabupaten Sukoharjo - Kominfo dan MUI Ajak Masyarakat Papua Bangkit dari Pandemi - Karpet Merah bagi Pelaku UMKM untuk Ikut Pengadaan Barang Jasa Pemerintah - Menko Perekonomian Tinjau Kesiapan Bandara Internasional Lombok Jelang Perhelatan WSBK 2021 - Lewat Kelas Mengajar Online Sesi III, Kemkominfo dan Kemendikbud Ristek Ajak Pendidik Menjadi Content Creator

Menkop dan UKM Teten Masduki: UMKM Harus Mampu Memahami Tren Market Dunia

September 29, 2020 | koperasi dan ukm

Jakarta:(Globalnews.id)- Di tengah pandemi COVID-19, Kementerian Koperasi dan UKM terus menggulirkan aneka program untuk menyiapkan UMKM agar memiliki kemampuan kompetitif dengan produk-produk dari luar.

*”Oleh karena itu, penting juga dipahami tentang tren market dunia,” tegas Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, saat menjadi Keynote Speaker melalui live streaming YouTube pada acara Pekan Raya Nasional Mahasiswa 2020 yang diselenggarakan ID Next Leader, Senin (28/09).

Apalagi saat ini perubahan pasar begitu cepat, termasuk lifestyle yang sangat mempengaruhi perubahan tingkat konsumsi masyarakat. *”Penting juga bagaimana kita memanfaatkan hasil-hasil riset di kampus-kampus untuk dikembangkan menjadi produk unggul yang bisa dijual di marketplace online,” lanjut Teten.*

Teten juga menyebutkan, saat pandemi COVID-19 ini banyak anak muda berjualan dan mahasiswa menjadi reseller produk UMKM di platform digital, termasuk media sosial. *”Pertumbuhan mereka cukup signifikan,” puji Teten.*

Untuk itu, Teten berharap agar para pemuda dan mahasiswa memperhatikan kualitas produk dan kapasitas produksi dari barang yang dijualnya. Pasalnya, di marketplace juga banyak produk yang sudah memiliki brand image yang kuat.

*”Ke depan, kita ingin menyiapkan UMKM yang sudah memiliki keunggulan yang bisa menjadi The Future SME’s yang bisa bersaing di pasar domestik dan global,” tutur Teten.*(Jef)

Related For Menkop dan UKM Teten Masduki: UMKM Harus Mampu Memahami Tren Market Dunia