Global News Indonesia
Menu
Pemerintah Dorong Milenial Berkoperasi dan Manfaatkan Teknologi - Kuartal III Tahun 2018, BNI Cetak Laba Bersih Rp 11,4 Triliun, Didorong Pertumbuhan Kredit 15,6% - Insurance Day 2018, Rekor MURI Literasi Kampus Terbanyak Sasar Generasi Millenial Cerdas, Sejahtera & Mandiri - Kemenkop dan UKM Fasilitasi KUKM Potensial Ekspor untuk Ikut TEI 2018 - Koperasi Miliki Peran Strategis untuk Pemerataan Ekonomi Daerah - Indonesia Siap Edukasi UMKM dengan Fintech - BNI ITB Ultra Marathon, Momentum Cintai Kampus dengan Olahraga & Reksadana - Berperan Untuk Ekonomi Dunia yang Lebih Baik - Kemenkop dan UKM Sebut Banyak Peluang Anak Muda di Era Revolusi Industri 4.0 - Kemenkop dan UKM Ingatkan Dekopin Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Rekomendasi Hasil Kongres Koperasi

Menkop Kukuhkan Kepengurusan Koperasi Saudagar Minang

April 30, 2017 | koperasi dan ukm

IMG-20170428-WA0013

JAKARTA (Globalnews.id)- Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengapresiasi kehadiran Koperasi Saudagar Minang Raya sebagai wujud nyata bagi terciptanya pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Sumatera Barat.

“Pendirian Koperasi SMR memang harus dilakukan, karena Bapak Koperasi Bung Hatta berasal dari Tanah Minang”, kata Puspayoga pada peresmian kepengurusan Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) dan Festival Kampoeng Minangkabau 2017 di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (28/4).

Di acara yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datoek Intan Bano, Puspayoga mengatakan, pertumbuhan ekonomi harus bisa memberikan pemerataan kesejahteraan. Kalau kemiskinan dan gini rasio masih tinggi, artinya pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Untuk pemerataan kesejahteraan, tidak ada jalan lain selain dengan koperasi. Karena, di dalam koperasi banyak UKM yang menjadi anggotanya. Jadi, pembentukan Koperasi SMR ini sebagai langkah strategis”, kata Menkop.

Puspayoga juga mengingatkan bahwa saat ini tidak perlu memiliki banyak koperasi. Yang harus ditingkatkan adalah jumlah anggota koperasi. “Membangun koperasi berkualitas merupakan tujuan utama dari program reformasi koperasi yang sudah kita gulirkan. Kita sudah membubarkan 43 koperasi tidak aktif. Sisanya yang 150 ribu koperasi, separuhnya sedang kita bina untuk disehatkan dengan melakukan RAT. Kalau tidak sehat juga, maka koperasi itu akan kita bubarkan, dikeluarkan dari database kita”, tandas Puspayoga.

Sementara itu, Ketua Koperasi SMR Prof Fashbir Noorsidin mengatakan, Koperasi SMR merupakan wadah pemersatu para saudagar Minang dalam satu gerakan untuk kemajuan ranah dan rantau.

“Koperasi ini merupakan sinergi kalangan akademisi dan praktisi dengan ratusan pengusaha asal Minang. Koperasi SMR juga diharapkan dapat memberi solusi dan menjembatani dengN menghimpun para pelaku usaha dari berbagai sektor dan skala usaha”, ujar Fashbir.

Selain itu, lanjut Fashbir, Koperasi SMR diharapkan  mampu membesarkan skala dan menggandakan usaha sebagai jalan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya. “Tak lama lagi, kita akan mendirikan pusat perkulakan bernama GORO SMR yang akan ada di seluruh Indonesia. Ini merupakan hasil positif dari sinergi para saudagar Minang yang tergabung dalam Koperasi SMR”, pungkas dia.(jef)

Related For Menkop Kukuhkan Kepengurusan Koperasi Saudagar Minang