Menu
Hari Santri 2020, LPDB-KUMKM Gandeng Santri Dalam Upaya Pendampingan Dana Bergulir - Pemerintah Wajibkan K/L Belanja Produk UMKM Minimal 40 Persen Dari Pagunya - KUARTAL III/2020, LABA BTN MELESAT 39,72% - Export Revolution, Gebrakan Penetrasi Pasar Luar Negeri Bagi UKM dan Petani Indonesia Melalui Indonesian Grocery KOPITU - MenkopUKM: Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi Adalah Pilihan Tepat - BNI Syariah Gandeng Universitas Islam Bandung (UNISBA) terkait Layanan Perbankan - Pemerintan Libatkan 9 Agregator UMKM untuk Memproduksi 27 Juta Ptg Masker Kain - Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro Untuk Menambah Modal dan Inovasi Produk - MenkopUKM Apresiasi UMK Difabel Produksi Masker Pesanan Kemenkes - Wapres Dorong UMK Jadi Bagian Penguatan Ekosistem Ekonomi Syariah

Menkop UKM Berharap Aplikasi Grab Merchant Dorong Percepatan UMKM Go Digital

Juni 11, 2020 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap aplikasi Grab Merchant dapat menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM di Indonesia, sekaligus mempercepat proses go digital UMKM.

Menkop UKM Teten Masduki dalam acara “Peluncuran Aplikasi GrabMerchant” secara daring, Kamis, mengapresiasi diinisiasinya aplikasi rintisan Grab tersebut, yang bisa mendorong pelaku UMKM semakin produktif.

“Aplikasi ini juga kami harapkan bisa menjadi jalan keluar yang baik bagi UMKM, agar semakin mudah dalam memberikan layanan konsumen,” kata Teten.

Menurut Teten, teknologi untuk aktivitas ekonomi sejalan dengan upaya pemerintah menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) pada setiap aktivitas ekonomi di masyarakat.

UMKM, khususnya yang telah menjadi mitra Grab, diharapkan juga dapat menjadi bagian dari gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, dengan secara konsisten menggunakan bahan baku lokal.

GrabMerchant, yang mencakup aplikasi dan web portal, dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara menyeluruh. Aplikasi ini akan membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan
pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia.

“Platform GrabMerchant ini bertujuan membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia, dengan menyediakan solusi bisnis berbasis digital yang mudah digunakan untuk membantu UMKM memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online secara mandiri,” ujar Neneng.

Muhammad Faisyal, Kongkowrongok, Bandung membagi pengalamannya dalam menggunakan GrabFood sejak 2016, “Ini sangat membantu saya dalam mengelola kedua toko online yang saya miliki secara efisien,” katanya.

Desi Iriyanti, Bakso Muncul Kebantenan, Jakarta, menyebut aplikasi GrabMerchant yang baru ini sangat mudah digunakan, “Ini juga membantu kami untuk memantau pesanan dan pendapatan setiap harinya. Kami juga tidak perlu lagi menyimpan uang tunai dengan adanya pembayaran digital.” ujarnya. (jef)

Related For Menkop UKM Berharap Aplikasi Grab Merchant Dorong Percepatan UMKM Go Digital