Global News Indonesia
Menu
Lanjutan Gerakan Kawal Musim Tanam OKMAR 2018/2019, BNI Garap Deli Serdang - Hari Ibu dan HUT DWP Momentum Kebangkitan Perempuan Indonesia - Bluebird Jalin Kerja Sama dengan UNICEF untuk Pendidikan Anak Indonesia - Penerapan Cukai Plastik Diragukan Bisa Mengubah Perilaku Masyarakat - Bank DKI - Taspen Dukung Layanan Keuangan bagi Pensiunan - Peresmian Kampung Nelayan Teknologi Warnai Baksos Dharma Pertiwi - Milenial BUMN Diajak Peduli Petani, Gerakan Kawal Masa Tanam Sentuh Banyumas - KSP Harus Terapkan Tata Kelola Keuangan Yang Bertanggung Jawab - Sambut Nataru, Lima Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan 2 Minggu - Mulai di Malang, KUR BNI Wujudkan Drying Center Petani

Menteri Puspayoga Ajak Lulusan Unas Jadi Pengusaha

November 12, 2018 | koperasi dan ukm


JAKARTA:(Globalnews.id) -Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak para lulusan Universitas Nasional (Unas) menjadi pengusaha. Pemerintah telah memberi kemudahan terhadap akses permodalan sehingga kesempatan menjadi pengusaha sangat terbuka bagi semua orang.

“Saya ajak jadilah pengusaha. Jangan bercita-cita jadi PNS. Bukan tidak boleh, tapi kesempatannya sangat kecil. Jadilah wirausahawan,” kata Pusayoga, dalam orasi pada acara wisuda sarjana dna pasca sarjana Universitas Nasional Periode II Tahun Akademik 2017/2018, Minggu (11/11) di Jakarta.

Menteri mengatakan pemerintah bukan hanya melonggarkan akses permodalan, namun juga memberi berbagai pelatihan termasuk dari swasta untuk meningkatkan kemampuan masuk ke dunia usaha. Pajak bagi UMKM dan koperasi pun diturunkan agar kemudahan berusaha semakin besar.

Lahirnya gerakan revolusi industri 4.0 di dunia turut mempermudah setiap orang menjadi pengusaha. Perkembangan teknologi yang demikian pesat adalah kesempatan untuk menciptakan dan memperbesar bisnis dalam skala yang sangat luas. Dia mencontohkan, sekarang menjadi pengusaha hotel tidak harus memiliki hotel, teknologi memungkinkan hal tersebut terjadi. “Karena itu mari jadi pengusaha. Jangan sampai menambah pengangguran,” kata Menteri.

Menteri mengatakan Kemenkop UKM mengemban misi menaikkan rasio kewirausahaan di Indonesia agar mengejar standar minimal dunia, yaitu 2 persen. Berkat kerja sama dengan sinergi antara pemerintah pusat, gubernur, walikota, bupati selama empat tahun terakhir, rasio kewirausahaan di Indonesia yang tahun 2014 baru 1,65 persen telah meningkat menjadi 3,1 persen tahun 2016. Dia yakin angka tersebut akan naik lagi pada akhir tahun 2018.

Ia menegaskan Indonesia harus mengejar ketertinggalan rasio kewirausahaan dengan negara tetangga seperti Singapura yang telah mencatatkan rasio kewirausahaan 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4 persen. “Tahun 2018 kita bisa bersaing dengan negara tetangga,”kata Puspayoga. Dalam akhir orasinya, Menteri mengajak Unas kerja sama dengan Kemenkop UKM sehingga dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa untuk meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.(jef)

Related For Menteri Puspayoga Ajak Lulusan Unas Jadi Pengusaha