Global News Indonesia
Menu
Dua Produk Bancassurance Terbaru Asuransi BRI Life, Davespro dan Davestera Optima Syariah - Dukung Ekspor Indonesia, BNI Biayai Importir Burung Walet - Kemenkop UKM dan Gojek Kerja Sama Pelatihan Kewirausahaan - Menkop dan UKM Resmikan Kampung Ramadhan 2019 - Tren Ekonomi Kolaborasi Sesuai dengan Marwah Koperasi - Prospek Berkarir di Industri Syariah Cukup Bagus - Kemenkop dan UKM Targetkan 25 Ribu IUMK Melalui OSS - BTN AKAN AMBIL ALIH MAYORITAS SAHAM PNMIM, RUPST BTN menyetujui perubahan pengurus bank dan pembagian dividen sebesar 20% - Koperasi Siap Belajar Sistem Pengawasan dari Bank Dunia dan OJK - Kemenkop dan UKM Targetkan Semua Konsultan PLUT-KUMKM Miliki Sertifikat

Menteri Puspayoga Ajak Lulusan Unas Jadi Pengusaha

November 12, 2018 | koperasi dan ukm


JAKARTA:(Globalnews.id) -Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak para lulusan Universitas Nasional (Unas) menjadi pengusaha. Pemerintah telah memberi kemudahan terhadap akses permodalan sehingga kesempatan menjadi pengusaha sangat terbuka bagi semua orang.

“Saya ajak jadilah pengusaha. Jangan bercita-cita jadi PNS. Bukan tidak boleh, tapi kesempatannya sangat kecil. Jadilah wirausahawan,” kata Pusayoga, dalam orasi pada acara wisuda sarjana dna pasca sarjana Universitas Nasional Periode II Tahun Akademik 2017/2018, Minggu (11/11) di Jakarta.

Menteri mengatakan pemerintah bukan hanya melonggarkan akses permodalan, namun juga memberi berbagai pelatihan termasuk dari swasta untuk meningkatkan kemampuan masuk ke dunia usaha. Pajak bagi UMKM dan koperasi pun diturunkan agar kemudahan berusaha semakin besar.

Lahirnya gerakan revolusi industri 4.0 di dunia turut mempermudah setiap orang menjadi pengusaha. Perkembangan teknologi yang demikian pesat adalah kesempatan untuk menciptakan dan memperbesar bisnis dalam skala yang sangat luas. Dia mencontohkan, sekarang menjadi pengusaha hotel tidak harus memiliki hotel, teknologi memungkinkan hal tersebut terjadi. “Karena itu mari jadi pengusaha. Jangan sampai menambah pengangguran,” kata Menteri.

Menteri mengatakan Kemenkop UKM mengemban misi menaikkan rasio kewirausahaan di Indonesia agar mengejar standar minimal dunia, yaitu 2 persen. Berkat kerja sama dengan sinergi antara pemerintah pusat, gubernur, walikota, bupati selama empat tahun terakhir, rasio kewirausahaan di Indonesia yang tahun 2014 baru 1,65 persen telah meningkat menjadi 3,1 persen tahun 2016. Dia yakin angka tersebut akan naik lagi pada akhir tahun 2018.

Ia menegaskan Indonesia harus mengejar ketertinggalan rasio kewirausahaan dengan negara tetangga seperti Singapura yang telah mencatatkan rasio kewirausahaan 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4 persen. “Tahun 2018 kita bisa bersaing dengan negara tetangga,”kata Puspayoga. Dalam akhir orasinya, Menteri mengajak Unas kerja sama dengan Kemenkop UKM sehingga dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa untuk meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.(jef)

Related For Menteri Puspayoga Ajak Lulusan Unas Jadi Pengusaha