Global News Indonesia
Menu
Dua Tahun, Kerugian Ekonomi Akibat Pengendalian Impor Jagung Capai Rp52,16 Triliun - Peringati Hari Sampah, BNI Jadi Pionir Sustainable Financing - Produk Hasil Koperasi dan UKM Akan Berkembang Bila Pariwisata Maju - Impor Jagung Memang Turun, Namun Impor Gandum Naik - Kemenkop dan UKM Dukung Target Kunjungan 1 Juta Wisman ke Danau Toba - Menkop dan UKM Dorong Industri Jasa Boga Lestarikan Kuliner Tradisional - Hadapi Revolusi Industri 4.0 Menhub Dorong Revitalisasi Badan Litbang Perhubungan - Ajukan BNI Griya Kini Lewat Online, Ngak Pake Ribet - Kemenkop dan UKM Lakukan Sinergitas Kegiatan Pemulihan UMK Pasca Bencana di Provinsi NTB dan Sulteng - Lewat Reuni Akbar BNI Trisakti Festival Connect 2019, BNI Ajak Alumni Guyub & Melek Produk Bank

Menteri Puspayoga Resmikan Pabrik Pakan Ternak Koperasi KAN Jabung

Mei 25, 2017 | koperasi dan ukm

IMG-20170524-WA0018

MALANG: Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga meresmikan pabrik pakan ternak Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang dengan nilai investasi Rp 23 miliar.

Pabrik berkapasitas 200 ton/hari tersebut merupakan pabrik pakan ternak kedua KAN Jabung yang produksinya 50 ton/hari. KAN Jabung menargetkan utilisasi produksi 200 ton/hari akan tercapai sepenuhnya dalam waktu tiga tahun.

Untuk mencapai target itu, Menkop mendorong KAN Jabung menjalin kolaborasi dengan koperasi lainnya dalam hal pemasaran.

“Saya sarankan KAN Jabung memanfaatkan jejaring dengan koperasi lainnya untuk pemasaran sehingga distribusi sampai ke seluruh Indonesia. Biaya distribusi lebih efisien dan koperasi bisa bergerak dan tumbuh bersama,” kata Puspayoga pada peresmian KAN Jabung, Rabu (24/5), di Kecamatan Jabung, Malang,  Jawa Timur.

Menteri mengapresiasi KAN Jabung yang tumbuh dan berkembang melakukan berbagai inovasi,  termasuk dalam usaha pengolahan pakan ternak.

IMG-20170524-WA0017

Ketua I KAN Jabung, Ali Suhadi mengatakan investasi pakan ternak KAN Jabung berasal dari pembiayaan bank senilai Rp 5 miliar dan sisanya Rp 18 miliar dari dana cadangan koperasi.

“Koperasi berinvestasi tidak lepas dari semakin berkembangnya peternakan sapi di dalam negeri. Untuk itu,  kami mengantisipasi kebutuhan pakan ternak yang akan sangat tinggi dengan membangun pabrik baru,” kata Ali.

Saat ini produksi pakan ternak KAN Jabung sebanyak 1.300 ton/bulan atau 50 ton/hari. Sebanyak 700 ton/bulan dipasok kepada anggota dan 600 ton/bulan didistribusikan kepada peternak di luar anggota.

Anggota KAN Jabung merupakan salah satu koperasi peternakan terbesar di Jawa Timur dengan anggota 2400 orang, dengan perincian 2200 adalah peternak dan 200 anggota petani tebu. Populasi ternak yang dimiliki anggota 9.500 ekor dan 1000 ha lahan tebu.

Peternakan sapi perah merupakan bisnis utama KAN Jabung, di samping unit bisnis lainnya antara lain,  unit pengolahan susu,  ritel,  bengkel,  simpan pinjam.  KAN Jabung memiliki aset Rp 120 miliar dengan omset sekitar Rp 200 miliar.  (jef)

Related For Menteri Puspayoga Resmikan Pabrik Pakan Ternak Koperasi KAN Jabung