Menu
Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award - Ojek Sepeda Dimungkinkan Asal Ada Tempat Duduk bagi Penumpang - BNI Syariah Dukung Layanan Digitalisasi Asosiasi Haji dan Umrah Amphuri - Terdampak Pandemi Covid-19, Operator Transportasi Darat Rugi Rp 15,9 Triliun/Bulan - Webinar Balitbanghub Bersama UGM dan ITS, Dirjen Hubdar Budi Ungkap Ada Tiga Paradigma Baru dalam Bertransportasi - Tiga Bandara Besar Angkasa Pura I Sabet 9 Penghargaan ASQ Awards dari ACI - Kumpulkan PPKL, KemenkopUKM Dorong Inovasi dan Transformasi Koperasi - Dukung Pemulihan Ekonomi, KemenkopUKM Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital - KemenkopUKM Perjuangkan LPS Koperasi Masuk RUU Cipta Kerja - KemenkopUKM Persiapkan Transformasi UMKM Pasca Pandemik

Menteri Teten Masduki : PLUT Bisa Jadi Kantor Regional Kemenkop UKM dan Tradimg House KUMKM

Januari 24, 2020 | koperasi dan ukm

KENDAL:(GLOBALNEWS.ID)- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan PLUT yang dibangun oleh Kementerian Koperasi dan UKM menyediakan pendampingan terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Pendampingan diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan  pelaku UMKM untuk  mengakses pembiayaan dan kemampuan produksi. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat berkunjung ke PLUT Kendal, Jumat (24/01/2020).

Teten mengatakan PLUT dapat menjadi kantor regional dari Kemenkop UKM untuk memberikan konsultasi pengembangan usaha dan pada akhirnya menjadi trading house bagi produk UMKM. 

Menkop UKM juga menambahkan arah kebijakan pemerintah untuk pengembangan UMKM  terbagi menjadi 2 program utama. 

Pertama untuk sektor mikro yang jumlahnya hampir 98% dan pada umumnya merupakan kegiatan usaha untuk kehidupan sehari – hari. “Seperti bagaimana pelaku mikro berusaha membiayai keluarganya hingga menyekolahkan anaknya. Saat ini yang diperlukan adalah bagaimana mereka punya modal kerja yang memastikan usaha mereka,” kata Teten. 

Kedua,  mendorong pelaku usaha kecil dan menengah naik kelas dan tumbuh kembang. Menkop UKM mengatakan Presiden Jokowi telah mengamanatkan pendekatan pembangunan ekonomi nasional ke depan akan berbasis usaha kecil dan menengah. Karena itu target UKM naik kelas akan menjadi pondasi untuk memperkuat ekonomi masyarakat denhan mempermudah pembiayaan, mendorong ke pasar ekspor dan sekaligus masuk ke dalam pasar global.(jef)

Related For Menteri Teten Masduki : PLUT Bisa Jadi Kantor Regional Kemenkop UKM dan Tradimg House KUMKM