Menu
LPDB-KUMKM Optimalkan Peran Satgas Percepat Penyerapan Dana PEN - MenkopUKM Tegaskan Pemulihan Ekonomi Nasional Dimulai dari UMKM - BNI Syariah Gelar Qurbanku Hasanahku Salurkan 530 Hewan Kurban Senilai Rp4,3 Miliar - KemenkopUKM Raih Opini WTP Dari BPK Enam Tahun Berturut-Turut - SEMESTER I/2020, BTN KANTONGI LABA BERSIH RP768 MILIAR - Tinjau Grand Smesco Hills, MenKopUKM Akan Fokus Untuk Pelatihan Bisnis - Nurdin Halid Somasi Dirjen Peraturan Perundang-undangan - MenKopUKM Optimis Rungkun Awi Cisarua Menjadi Titik Ekonomi Baru Masyarakat - Berkat Program PEN, Debitur Mikro Bank BRI Kembali Bangkit - MenkopUKM Tegaskan Perlunya Koperasi Pangan Diperkuat di Indonesia

Menteri Teten Minta Ruangguru Buatkan Tutorial untuk Digitalisasi UMKM

Desember 18, 2019 | koperasi dan ukm

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menerima kunjungan Iman Usman, Co-Founder dan Chief Product & Partnership Officer (CPO) dari startup di bidang pendidikan yakni Ruangguru beserta rekan kerja. Pertemuan keduanya berlangsung di ruang kerja Teten, di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Teten berharap Ruangguru membuat tutorial bagaimana UMKM bisa mengembangkan usahanya lewat digital yang bisa diakses oleh jaringan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Toturial itu bisa meliputi cara memulai usaha, akses pembiayaan, mencari market, menciptakan produk, hingga mendistribusikannya.

“Butuh materi-materi yang bisa mengubah mindset kewirausahaan UMKM. Ada keperluan untuk menjangkau 99 pelaku usaha. Kita butuh channel yang tepat untuk itu, dan saya pikir Ruangguru yang tepat,” kata Teten dalam pertemuan itu.

Skill Kunci UMKM Naik Kelas

Sementara itu, Iman Usman mengatakan bahwa digitalisasi bisa mempercepat UMKM meningkatkan skala usahanya. Karena itu, pihaknya siap mensupport Kemenkop dan UKM dalam menyiapkan kegiatan pelatihan online, maupun offline yang menyasar berbagai kebutuhan UMKM.

“Kita sudah ada platform yang namanya Skill Academy, dan juga Ruangguru yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha atau individu untuk meningkatkan skill mereka di bidang apapun. Itu yang bisa diintegrasikan atau dimanfaatkan oleh siapapun termasuk juga pelaku UMKM,” papar Iman Usman.

Menurut Iman Usman, dengan meningkatkan skill dapat mendorong UMKM naik kelas dari yang mikro menjadi kecil, dari yang kecil menjadi menengah, dari yang menengah menjadi besar.

“Kita bahas dalam bentuk pelatihan online dan offline yang bisa langsung diaplikasikan menyasar bidang-bidang yang dibutuhkan supaya bisa naik kelas tadi kata Pak Menteri. Misalnya bagaimana mereka bisa mengemas lebih baik, dan memasarkan,” ujar dia.

Ruangguru selama ini sudah mengadakan kegiatan pelatihan online bekerja sama dengan berbagai kementerian/lembaga. “Misalnya Kementerian Perindustrian untuk industri kecil menengah, dengan Ristekdikti untuk membantu dosen mempublikasikan jurnal ilmiah, dan banyak lainnya,” lanjut Iman Usman.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk membantu pemerintah memajukan UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian negara. Sekaligus dalam membantu mewujudkan visi ekonomi Indonesia tahun 2020 untuk menjadi digital energy of Asia.(jef)

Related For Menteri Teten Minta Ruangguru Buatkan Tutorial untuk Digitalisasi UMKM