Global News Indonesia
Menu
Embung Mampu Gairahkan Perekonomian Desa - Bank BTN Gelar 'Nobar' Final Liga Champions Real Madrid vs Liverpool di Taras Cafe - Dorong BUMDes Perluas Usaha, Bank BRI Gandeng Lion Parcel - BNI dan Angkasa Pura Kargo Perluas Kerja Sama, Ragam Implementasi Transaksi Cashless Diperbanyak - Koperasi Gumarang Lombok dari NIK hingga Menjadi Nazhir Wakaf - 3.978 BUMDes Binaan BNI Dapat Layanan Lion Parcel - Kemenkop dan UKM Beri Pelatihan Manajemen Bisnis Bagi Koperasi dan UKM - Gelar BNI Digimudik 2018, BNI Buka Pendaftaran Peserta Secara Online - Koperasi Angkutan Laut di Lombok Rasakan Manfaat Kepemilikan NIK - Kemendes Resmi Luncurkan Akademi Desa 4.0

Negara Berkembang Amati Program Dana Desa dan Prukades di Indonesia

Mei 8, 2018 | koperasi dan ukm

Bali: (Globalnews.co.id)- Sedikitnya 17 negara berkembang yang berasal dari negara-negara asia pasifik telah membentuk tim yang dikirim ke Indonesia untuk mengamati dan mempelajari program dana desa dan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) karena dinilai dapat mengurangi angka kemiskinan.

Hal itu disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo kepada wartawan disela-sela saat melakukan kunjungan ke Bali pada Selasa (7/5).

Eko menyampaikan bahwa program dana desa itu yang pertama di dunia dan memiliki pendekatan yang berbeda dari negara-negara berkembang. Pasalnya, dana desa yang dikucurkan dari pemerintah pusat bukan hanya untuk mengelola administrasi pemerintahan saja.

“Pemerintah pusat memberikan dana yang cukup besar kepada desa bukan hanya untuk mengelola administrasi pemerintahannya saja. Tapi juga untuk mengelola keuangan dan pemberdayaan ekonomi di desa,” katanya.

Untuk model prukades, Eko menyampaikan bahwa model prukades ini pemerintah pusat mengarahkan agar desa dapat membentuk suatu klustet ekonomi nantinya akan melibatkan semua pemangku kepentingan didesa yakni masyarakat, Pemerintah pusat, daerah, dunia usaha dan perbankan.

“Jadi model ini baru, pendekatannya melibatkan semua stakeholder. Jadi lembaga internasional dan negara berkembang lain saat ini sedang mengamati dan akan mengirim timnya ke Indonesia untuk mempejari lebih lanjut supaya bisa diterapkan di negera-negara merek masing-masing. Ada 17 negara asia pasifik sudah mengirim timnya, malaysia juga sudah mengirim delegeasi ke Indonesia untuk mempelajari prukades dan dana desa,” katanya. (jef)

tags:

Related For Negara Berkembang Amati Program Dana Desa dan Prukades di Indonesia