Menu
KemenkopUKM Dorong Kemitraan Koperasi Dengan Pertamina di Pertashop - Sesmenkop UKM Bersama Deputi UKM Menyiapkan Rumah Produksi Bersama Olahan Nanas di Kab Subang - Bank DKI Sediakan Fitur Scan To Pay Permudah Masyarakat Bayar Zakat, Infaq, dan Sedekah - KemenkopUKM Siap Dirikan Rumah Produksi Bersama Kluster Bawang Merah di Brebes - Praperadilankan KPK, Eks Bupati Talaud Tuding KPK Langgar HAM - MenkopUKM: Belanja Melalui LPSE LKPP Dapat Cegah Praktik Korupsi - Penuhi Kebutuhan Lebaran, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 12,9 Triliun per Minggu - Transaksi Digital BNI Alami Kenaikan Signifikan - Inilah Rangkaian Promo Berkah Ramadan dari BNI - MenkopUKM Apresiasi Indeks Kepercayaan UMKM kepada Pemerintah Meningkat

Pabrik Gula JBM, Pabrik Gula Pertama Milik Pribumi dan Terbesar di Asia Tenggara

Maret 21, 2021 | ekbis

Jakarta:(Globalnews.id) – Tak banyak yang menyangka bahwa kini di Indonesia, ada pabrik gula dengan teknologi canggih dengan produksi sangat besar, yakni 12.000 TCD dimiliki pengusaha pribumi dan terbesar di Asia Tenggara.

PT. PT Johnlin Batu Mandiri (JBM) Bombana, Sulawesi Tenggara merupakan pabrik gula canggih pertama milik pribumi yang di bulan Oktober 2020 lalu langsung diresmikan Presiden Jokowi. Pemiliknya adalah Andi Syamsuddin Arsyad atau karib disapa Haji Isam.

Pabrik gula ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia merupakan pabrik gula pertama milik asli pribumi dengan kapasitas 12.000 TCD.

Saat ini pabrik gula JBM sudah menggunakan teknologi canggih yang didukung outomatisasi sehingga mampu menghasilkan produk dengan Incumsa di bawah 100 UI dan total Losis di bawah 1.8 pol gula.

Dengan kapasitas produksi sebesar itu, dinilai akan bisa memenuhi kouta gula Indonesia bagian timur dengan harga di bawah HET sehingga masyarakat mampu menikmati harga gula yang wajar.

Di samping itu, pabrik gula JBM juga mampu mengangkat harkat dan kesejahteraan warga serta menciptakan lapangan kerja di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK.

Di tengah ancaman resesi ekonomi dan banyaknya PHK, JBM justru mampu terus memberi sumbangsih bagi ekonomi Indonesia dan mampu mempekerjakan warga lokal.

Pabrik gula ini juga mampu memyerap tenaga kerja langsung dan tidak langsung sebanyak kurang lebih 50.000 orang.

Tidak mengherankan bila Presiden Jokowi sewaktu meresmikan pabrik gula ini mengapresiasi apa yang telah dilakukan untuk pencapaian kemandirian bangsa ke depan. (Jef)

Related For Pabrik Gula JBM, Pabrik Gula Pertama Milik Pribumi dan Terbesar di Asia Tenggara