Menu
Menaker Ida Fauziah, Terpilih Sebagai Ketua Menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN - Ada Peluang Bisnis Bagi UMKM di Tengah Covid-19 - Inilah Para Pahlawan Digital UMKM 2020 - KemenkopUKM Terus Perkuat Ketahanan Finansial dan Transformasi Perkoperasian - BNI Fokus Pemberdayaan UMKM GoDigital - Masyarakat Papua Ingin Memiliki Koperasi Grosir Pada 2021 - Pengamat: Bisa Hancur Keduanya,Rencana merger PT INKA-PT KAI Tidak Tepat - UU Cipta Kerja Buka Ruang Konsolidasi Data Tunggal KUMKM - MenkopUKM: inkubasi Wadah Tepat Ciptakan UMKM Unggul - Koperasi Menjadi Garda Terdepan Pemulihan Ekonomi Nasional

PENDAMPING KUMKM HARUS BERPIKIR OUT OF THE BOX.

September 24, 2019 | koperasi dan ukm

Bandung:(Globalnews.id)- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI Prof. Rully Indrawan, memberikan motivasi semangat kewirausahaan pada peserta pelatihan kewirausahaan bagi pendamping KUMKM di Bandung Jawa Barat. Dalam paparannya, beliau menyampaikan pelatihan ini menjadi momentum berharga agar semua peserta mampu merubah mindset dan memahami karakter generasi millennial.

Dalam paparannya, beliau berpesan sebagai wirausaha jangan pernah takut dengan yang namanya kegagalan, karena kegagalan dalam berwirausaha hal yang biasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk menginternalisasikan nilai-nilai jiwa kewirausahaan sebagai dasar membangun pondasi mental wirausaha yang tanguh. Pendamping KUMKM harus berbifikir dengan berbeda ‘Out of the box’ karena yang dihadapi adalah generasi millennial yang kecendrungan gaya berfikir nya berbeda dengan generasi sebelumnya. Paparnya.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan kewirausahaan Nasrun, S.Sos. M.AB., menuturkan bahwa dengan dukungan pemerintah yang sangat serius terhadap pengembangan semangat kewirausahaan, saat ini untuk memulai suatu usaha menjadi lebih mudah dikarenakan adanya berbagai program dan kegiatan yang mendukung hal tersebut, antara lain program pelatihan kewirausahaan yang saat ini kita lakukan dan juga program pendampingan UKM yang sangat bermanfaat tentunya bagi para pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya.

Dengan adanya program pendampingan, maka para pelaku UKM dapat mendapatkan bimbingan, arahan dan dapat berkonsultasi kepada pendamping mengenai permasalahan yang dihadapi, baik dalam hal permodalan, produksi, pemasaran dan SDM. Para Pendamping KUMKM memiliki tugas sebagai tempat konsultasi para wirausaha dan mampu memberikan manfaat pada pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya dan UKM menjadi naik kelas, imbuhnya.

Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendamping KUMKM dilaksanakan pada tanggal 18-21 September 2019 di Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini diikuti sebanyak 35 orang peserta pendamping DAK Provinsi Jawa Barat dan beberapa Kabupaten/Kota penerima DAK Non Fisik Fungsi Pendidikan Tahun Anggaran 2019. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas peserta pelatihan dalam pelaksanaan tugas pendamping KUMKM.(jef)

Related For PENDAMPING KUMKM HARUS BERPIKIR OUT OF THE BOX.