Menu
36 Perusahaan Raih Predikat Best Insurance 2020 - LPDB-KUMKM Amankan Uang Negara Senilai Rp6,8 Miliar - Ekosistem Digital Bantu Percepatan Penanganan Covid-19 - MenkopUKM Perkuat Kemitraan Koperasi Dengan TaniHub Dalam Menyerap Hasil Pertanian - MenkopUKM Resmikan Logo Baru LPDB, Wujudkan Layanan Berkualitas - MenkopUKM: Transformasi Digital Koperasi Harus Dipercepat - Optimalkan Pemulihan Perekonomian Masyarakat Melalui Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Gandeng Kejari Kota Bandung - MenkopUKM Dorong Petani Bangun Korporatisasi Petani Melalui Koperasi - KemenkopUKM: Banpres Produktif Harus Tepat Sasaran, Pencairan dan Pemanfaatan - Panen Udang Vaname di Lahan Perhutanan Sosial di Muara Gembong Bekasi, KemenkopUKM - KKP Siap Fasilitasi Pengembangan Usaha dan Offtaker Udang

Pengelola Bandara Kalimarau Ajak Maskapai Buka Rute Baru

Januari 17, 2020 | news

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)-Tidak dipungkiri kalau Kabupaten Berau memiliki potensi yang sangat besar dari sektor pariwisata. Dan sebagai pintu masuk untuk dapat menikmati keindahan destinasi yang ada, pengelola Bandara Kalimarau mengajak para maskapai untuk membuka rute baru ke daerah tersebut.

Kepala Bandara Kalimarau, Bambang Hartoto mengatakan pihaknya siap memberikan layanan yang terbaik baik maskapai yang akan membuka rute ke Kalimarau. Terlebih lagi, dari sisi udara Bandara Kalimarau sudah memiliki runway (landasan pacu) sepanjang 2250 meter, lalu lebarnya 45 meter, dengan ketebalan runway sekitar 56 dan ditambah ada 2 unit garbarata. Sehingga sisi udara Bandara Kalimarau sudah sangat layak di darati oleh pesawat-pesawat besar seperti Boeing NG800 dan Airbus A320.

“Kedepannya beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air, Garuda Air dan Batik Air dapat menganti tipe pesawat dengan jenis yang lebih besar sehingga dapat lebih banyak membawa penumpang ke Berau. Dan kami dari pihak bandara akan memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Bambang dalam siaran persnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjajaki pihak maskapai untuk melakukan penambahan rute, yaitu Kalimarau-Banjarmasin, Kalimarau-Surabaya, Kaimarau-Samarinda dan Kalimarau-Makassar yang diharapkan dapat terealisasikan sehingga dapat memudahkan calon penumpang untuk mengunjungi destinasi pariwisata unggulan di Berau.

Bambang menjelaskan bahwa saat maskapai yang beroperasi saat ini sebagai berikut : Maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ-1000 melayani penerbangan 2 x sehari dengan rute Berau – Balikpapan PP, Sriwijaya Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737/300/400/500 melayani rute Berau – Balikpapan PP (setiap hari) dan Berau – Surabaya PP (selasa, kamis dan sabtu).

Selain itu ada Wings Air menggunakan pesawat ATR 73 – 500/600 melayani penerbangan 3x sehari rute Berau – Balikpapan PP dan 1x sehari Berau-Samarinda, Express Air menggunakan pesawat ATR 42/300/500 melayani rute Berau – Samarinda PP setiap hari dan Berau – Tarakan setiap hari dan Susi Air (perintis) dengan menggunakan jenis pesawat C208 melayani penerbangan 1x seminggu rute Tarakan – Maratua – Kalimarau PP.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Cabang Perum LPPNPI Bandara Kalimarau Berau, Muchammad Iwan mengatakan bahwa saat ini di Bandara Kalimarau Berau rata-rata ada 20 pergerakan pesawat, yaitu 10 pesawat yang mendarat dan 10 yang lepas landas. Dan saat ini yang melayani rute dari dan ke Berau ada Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Express Air, Wings Air dan Susi Air.

“Dan untuk jadwal padat penerbangan di Bandara Berau yaitu berada di pukul 10.00 sampai 11.00 Wita dan Pukul 15.00 hangga 16.00 Wita. Untuk penerbangan paling awal pukul 07.00 Wita dan yang paling akhir pukul 21.00 Wita,” katanya.

Dari Balikpapan

Iwan mengatakan untuk rute yang paling banyak adalah dari dan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Walaupun demikian, dari Bandara Kalimarau Berau ada melayani penerbangan ke Bandara APT. Pranoto Samarinda, Bandara Juwata Tarakan dan Bandara Maratua Derawan.

“Yang membuat pelayanan kenavigasian di Bandara Berau maksimal adalah bandara ini telah dilengkapi dengan instrumen terbang malam seperti lampu pendaratan AFL, alat navigasi VOR dan juga ada prosedur instrumen pendaratan sehingga pelayanan penerbangan malam tidak hanya optimal namun menjadi terkontrol dari keselamatannya,” katanya. (jef)

Related For Pengelola Bandara Kalimarau Ajak Maskapai Buka Rute Baru