Perpustakaan Kalbis Institute Terima Sertifikat Akreditasi Perpustakaan dengan peringkat “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Perpustakaan Kalbis Institute menerima sertifikat Akreditasi Perpustakaan dengan peringkat “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan senin (13/1/2020). Pada kesempatan ini, Kasie. Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Perpustakaan dan Pelestarian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (Dispusip Jakarta), Bapak Christian T. Hutagalung, S.P., M.Si. secara langsung menyerahkan sertifikat Akreditasi Perpustakaan kepada, Wakil Rektor II (Operasi dan Pengelolaan Sumber Daya) Ibu Tri Juniarty, S.Kom., M.M. didampingi oleh Ibu Anastasia Santi, S.Sos., M.I.Kom. selaku Kepala Perpustakaan Kalbis Institute.

Sertifikat akreditasi tersebut dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), berdasarkan evaluasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Nomor 00104/LAP.PT/X.2019, tertanggal 28 Oktober 2019. Perpustakaan Kalbis Institute berhasil mendapatkan predikat A dan menjadi perpustakaan yang mampu menunjukan kesesuaian terhadap standar nasional perpustakaan yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan. Standar nasional yang ditetapkan mencakup koleksi, sumber daya manusia, layanan, kerjasama serta sarana dan prasarana.

Ibu Anastasia Santi menyatakan, persiapan untuk mengikuti proses akreditasi perpustakaan cukup panjang salah satunya adalah mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Dispusip Jakarta pada tanggal 7-9 Oktober 2019. Kegiatan workshop yang diadakan diikuti oleh perpustakaan anggota FPPTI DKI Jakarta, perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus. Acara ini merupakan bentuk pembinaan/pembekalan dalam rangka pengajuan akreditasi kepada perpustakaan-perpustakaan yang ada di wilayah DKI Jakarta. Setelah berkas siap, proses pengajuan akreditasi perpustakan diajukan kepada Dispusip Jakarta dan dilakukan proses verifikasi berkas. Tepatnya pada 21 Oktober 2019 Perpustakaan Kalbis Institute divisitasi oleh dua orang asesor dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Ibu Dra. Zurniaty dan Ibu Martini, S.Sos. yang akhirnya ditetapkan memperoleh nilai A.

Akreditasi A bagi Perpustakaan Kalbis Institute menjadi sebuah bukti bahwa Kalbis Institute unggul dalam tataran kompetisi pengelolaan institusi perguruan tinggi. Berkat kerja keras dan inovasi yang didukung kreativitas dari semua bagian, maka Kalbis Institute telah menjelma menjadi sebuah perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan berkualitas dan diharapkan mampu meningkatkan daya saing Kalbis Institute secara global.(jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.