Global News Indonesia
Menu
Tanggap Darurat Bencana NTB, BUMN Realisasikan 1.500 Huntara - Puspayoga Ajak Masyarakat Belanja Alat Musik Lokal di Smesco Music Expo - Bintang Puspayoga Kunjungi UKM Garam Gunung di Krayan - Bintang Puspayoga Buka Pelatihan Koperasi dan UKM Di Perbatasan Kaltara - Membangun Pelayanan Kesehatan Berkualitas, Ground Breaking Ceremony MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI - Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi - BNI dan Mandiri Fokus Percepat Pembangunan HUNTARA di Sigi - LPDB KUMKM Optimis Kucurkan Dana Bergulir Rp 1,2 Triliun di 2018 - Pendampingan Kemenkop dan UKM di Pesisir Barat, Masyarakat Mampu Tingkatkan Nilai Jual Kopi - Tekan Angka Kecelakaan, DPP Organda Rekomendasikan Perusahaan Otto

Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan Kredit Nasabah Bank Sultra

Januari 12, 2018 | ekbis


SURABAYA:(Globalnews.id) – Perum Jamkrindo menandatangani pembaharuan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara untuk penjaminan , kredit Umum, kredit Mikro Kecil, Kredit Konstruksi dan Pengadaan Barang/Jasa, Kontra Bank Garansi serta Kredit Pegawai atau Multiguna.

Kerjasama ini merupakan pembaharuan atas Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) atas perjanjian kerjasama yang dilakukan pada tahun 2011 dan telah berakhir pada tahun 2016. Dengan ada pembaharuan kerjasama ini diharapkan saling memberikan kontribusi dan sinergi bagi masing-masing perusahaan dalam optimalisasi kinerja dan target yang telah ditetapkan.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Amin Mas’udi dengan Direktur Pemasaran Bank Sultra, Depid, dan di Surabaya, Jumat, 12 Januari 2018.Yang disaksikan oleh para Direksi dan jajaran terkait diantaranya Kepala Divisi Perkreditan Bank Sultra Hasbi Arfa, Kepala Divisi Bisnis Penjaminan Bank Suwarsito dan Kepala Divisi Klaim & Subrogasi Agus Supriadi, Kepala Kantor Wilayah IX Makassar Hamim Bugi Afianto, Kepala Kantor Wilayah VI. Loesdarwanto dan Kepala Kantor Cabang Kendari Abdul Qodir.

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo, Amin Mas’udi menjelaskan bahwa kerjasama antara Perum Jamkrindo dan Bank Sultra ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis untuk meningkatkan sinergi kedua perusahaan serta kelancaraan kegiatan bisnis kedua belah pihak, dengan prinsip saling menguntungkan.

“Kerjasama  ini  sangat strategis dan bertujuan lebih meningkatkan kinerja kedua pihak, sekaligus volume penjaminan di Perum Jamkrindo,” ujarnya.

Potensi penjaminan cukup signifikan kerjasama penjaminan kredit baik cash loan maupun non cash loan dengan Bank Sultra masih sangat besar untuk ditingkatkan dalam rangka meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku usaha UMKMK kepada Bank Sultra.

Realisasi penjaminan antara Bank Sultra dan Perum Jamkrindo pada Tahun 2015 yang lalu, volume penjaminan Bank Sultra untuk kredit konstruksi dan pengadaan barang jasa sebesar Rp  4.5 miliar,  kredit mikro sebesar Rp 2.2 miliar, kredit multiguna sebesar Rp 11,7 miliar dan kredit umum sebesar Rp 42,9 miliar.

Pada tahun 2016 Bank Sultra juga mendapat kepercayaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai Bank Penyalur KPR-FLPP sebagai upaya ekspansi kreditnya. Bank Sultra juga tengah mengembangkan kredit pertanian untuk membantu UMKM yang memegang peran penting dalam menunjang perekonomian daerah.

Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya  BUMN Penjaminan yang telah 47 tahun melayani UMKM di Indonesia melalui penyediaan jasa penjaminan, dengan bermitra kerja perbankan dan non bank.  Ruang lingkup usaha Perum Jamkrindo adalah melakukan penugasan Pemerintah yaitu Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), penjaminan komersial dan melakukan  Penjaminan Sistem Resi Gudang (SRG) atau warehouse receipt system.

Di Tahun 2017 ini, Perum Jamkrindo terus mengembangkan berbagai produk penjaminan untuk terus mempertegas perannya bagi perkembangan UMKMK di Indonesia. Diantaranya melalui Penjaminan peer-to-peer landing. (jef)

Related For Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan Kredit Nasabah Bank Sultra