Menu
Perlu Sinergi antar Pelaku Usaha dengan Regulator Agar Industri Jasa Logistik Bisa Survive - Angkasa Pura I Tetap Lakukan Investasi Namun Selektif Sesuai Kebutuhan - MenkopUKM Fokus Siapkan Koperasi Percontohan di Sektor Pangan - Agar Mampu Jadi Kekuatan Ekonomi, Koperasi Diarahkan Dikelola Secara Modern - MenkopUKM Siapkan Model Bisnis Koperasi Pangan Mirip Korporasi - Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, BNI Syariah Gelar ELSYA MES Goes To Campus - Per September 2020, Realisasi Program PEN Melalui LPDB-KUMKM Capai Rp1 Triliun - Akses Pasar Terbuka Luas, KemenkopUKM Latih Pengrajin Anyaman untuk Dorong Ekspor Produk - Bank DKI Raih Penghargaan Infobank Awards 2020 - *Masalah Likuiditas Koperasi Jadi Pemicu Rush Money*

Putri Tanjung dan Teten Masduki Berburu Pahlawan Digital

Agustus 14, 2020 | koperasi dan ukm

Jakarta:(Globalnews.id)-UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian menjadi pihak yang terpukul selama masa pandemi ini. Tercatat 56% UMKM yang mengalami penurunan pendapatan dari total 64 juta UMKM di seluruh Indonesia akibat pandemi Covid-19. 

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci penting untuk membuat UMKM bisa bertahan serta memperluas skala bisnis dan pasar. Namun hingga kini dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13 persen yang telah go digital.

Ditengah harapan akan semakin banyaknya UMKM yang go digital, ternyata selama ini banyak innovator muda yang telah membantu mendigitalisasi UMKM di berbagai sektor. Mereka membuat inovasi dalam teknologi ataupun sistem untuk membantu UMKM “Naik Kelas”. Innovator muda inilah bisa kita sebut sebagai “Pahlawan Digital UMKM”.

Pahlawan Digital UMKM adalah sebuah program yang hadir untuk memberi apresiasi kepada para inovator digital UMKM dan menjaring banyak innovator muda lain yang sudah memulai inovasi untuk membantu UMKM. Dalam program ini Putri Tanjung yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, bertujuan untuk menemukan dan mendukung lebih banyak lagi tech start up, SaaS, dan/atau gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu UMKM terdigitalisasi.

Salah satu target pencapaian dari program ini untuk mengumpulkan 10 pemenang terbaik yang akan menjadi mitra Kementerian Koperasi & UMKM untuk melaksanakan digitalisasi UMKM. Selain itu program ini juga membuka peluang agar para inovator digital yang telah terkurasi, bisa dipertemukan dengan modal ventura untuk mendapatkan investasi agar mereka bisa memperbesar skala usahanya dan membantu lebih banyak lagi UMKM terdigitalisasi.

Tidak hanya mencari para pahlawan digital, program ini juga memberikan pelatihan kepada para inovator muda untuk bisa lebih berdaya, serta memberi apresiasi para innovator – innovator yang selama ini telah membantu UMKM.

Setiap minggunya, Pahlawan Digital UMKM akan berbagi inspirasi dengan mengadakan talk show dengan para inovator digital yang selama ini membangun bisnisnya yang secara langsung atau tidak langsung membantu mendigitalisasi UMKM.

Program ini dimulai pada 15 Agustus 2020, jam 14.00 WIB. Nantinya Menteri Koperasi dan UKM bersama penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung akan berbincang bersama CEO Titipku Henri Suhardja dan CEO Wahyoo Peter Shearer untuk berbagi inspirasi terutama kepada anak muda Indonesia. Wahyoo dan Titipku adalah dua diantara banyak sekali inovator digital yang berkembang pesat dan telah membantu ribuan UMKM intuk go digital dan naik kelas.

Program ini direncanakan akan berlangsung mulai 15 Agustus 2020, sampai puncaknya pada 28 Oktober 2020.(jef)

Related For Putri Tanjung dan Teten Masduki Berburu Pahlawan Digital