Menu
KemenKopUKM Dukung Inisiatif #MelajuBersamaGojek Sebagai Solusi UMKM Go-Digital - Rabithah Alawiyah Jawa Tengah Sinergi dengan KemenkopUKM dalam Pelatihan Kewirausahaan Pondok Pesantren - KemenkopUKM Apresiasi Tekad Pelaku UMKM Milenial Papua Yang Siap Sukseskan PON dengan Produk Lokal - Kembangkan Destinasi Wisata Alam Petungkriyono Melalui Koperasi dan Medsos - Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pondok Pesantren - Selenggarakan Pelatihan, DWP Kemenkop UKM Ingin Pemahaman Perkoperasian Benar - KemenkopUKM Siap Dukung Digitalisasi Koperasi dan UKM Di Papua - MenkopUKM: Kelembagaan Koperasi Nelayan Harus Diperkuat - BNI Bangun Ekosistem Digital Nelayan di Kotabaru, Pulau Laut - Dukung Inklusi Keuangan Syariah, Pemerintah Kembangkan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah Berbasis Pondok Pesantren

PWI Jaya dan BAKTI Kominfo Selenggarakan Webinar Terkait Akses Internet di Tengah Pendemik

Juni 4, 2020 | news

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya dan Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyelenggarakan
Web dan Seminar, (Webinar) via Zoom meeting, yang mengambil tema “Solusi Bakti Kominfo di Tengah Pandemi”.

Sebagai pembicara dalam webinar tersebut adalah Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif dan Pengamat Telekomunikasi/Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institut, Heru Sutadi dipandu moderator Kesit B Handoyo dan Ary Julianta.

Webinar yang berlangsung Kamis (4/6/2020) ini, diikuti sebanyak 60 peserta dari kalangan media massa.

Sementara itu Direktur Utama BAKTI Anang Latif mengatakan, saat ini pihaknya sedang menentukan prioritas dari 2.000 titik akses internet di lokasi baru, sebagai respons kegiatan bekerja dan belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19.

“Dalam periode COVID-19, BAKTI telah menyelesaikan pembangunan peningkatan sebanyak 600 BTS USO 2G menjadi 4G. Saat ini total 1.000 BTS USO telah ditingkatkan ke 4G. BAKTI menargetkan untuk menyelesaikan peningkatan 600 BTS USO pada akhir Juni 2020,” kata Anang.

Direktur Utama Bakti berharap, dengan adanya layanan 4G ini, akan memudahkan masyarakat melakukan aktivitas semuanya dari rumah, WFH, belajar dari rumah, dan lain-lain, ujarnya.

“Dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, BAKTI telah melakukan optimalisasi jaringan di daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal), untuk mendapatkan kemampuan ICMS (Integrated Management Content System). Sehingga, ketika masyarakat setempat mengakses internet secara gratis, pada landing page mereka akan mendapat konten edukasi yang telah disiapkan oleh Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, serta Kementerian Kesehatan,”paparnya.

Kegiatan webinar ini, disambut baik oleh Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah. Ia menyebutkan teknologi perlu kita ketahui, apalagi yang berkaitan dengan akses internet, yang merupakan kebutuhan orang banyak.

“Kita dukung upaya yang dilakukan BAKTI dalam menyiapkan perangkat internet bagi masyarakat luas, apalagi saat ini banyak yang membutuhkan informasi melalui akses internet, mengingat dampak Covid – 19,” kata Sayid.

Ketua PWI Jaya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan oleh BAKTI dengan PWI Jaya.

“Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berlangsung untuk kedepannya. Mengingat diskusi seperti ini menjadi hal penting dalam mendapatkan akses internet bagi masyarakat luas,” ujarnya. (jef)

Related For PWI Jaya dan BAKTI Kominfo Selenggarakan Webinar Terkait Akses Internet di Tengah Pendemik