Sila Butik Populerkan Batik Pamekasan Asal Madura

SURABAYA:(GLOBALNEWS.ID)-Pelaku UMKM Sila Butik Batik Collection berupaya mempopulerkan batik Pamekasan asal Madura yang unik ke publik yang lebih luas bersamaan dengan rangkaian perayaan Hari Batik Nasional tahun ini.

Sila Butik Batik mengusung tema Batik Pamekasan Paradise Wonderful of Indonesian Heritage dalam perayaan hari batik nasional tahun ini.

Sila sekaligus menjadi brand ambassador yang digandeng oleh Best Western Papilio Hotel Surabaya dalam ajang Meet And Greet Community Gathering Batik Lover.

Siti Hamidah atau biasa dipanggil Ida Rizal pemilik Sila Butik Batik Collection berharap gathering batik lover itu menjadi momentum sejarah baru dalam rangka meningkatkan kecintaan dan loyalitas masyarakat untuk mencintai, mengoleksi, dan memakai batik sebagai busana dalam setiap aktifitas keseharian.

Pelaku usaha yang akrab disapa Non Sila itu menyajikan rancangan koleksi batik tulis Pamekasan yang ditampilkan pada fashion show dengan style casual look yang selama ini banyak diminati dan dipesan pengunjung untuk menjadi pilihan seragam instansi/organisasi maupun koleksi pribadi untuk dipakai ‘ngantor’ sehari-hari.

Sementara itu Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin yang hadir dalam acara gathering tersebut yang sekaligus sebagai ikon dan ambassador batik memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya mempromosikan produk UKM terutama batik sebagai warisan budaya luhur bangsa Indonesia yang mendunia.

“Upaya melestarikan batik sebagai warisan adiwastra Nusantara harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat serta menjadi kebijakan pemerintah pusat hingga daerah yang terintegrasi dengan upaya mensejahterakan para pengrajin kecil yang tersebar di seluruh pelosok negeri,” katanya.

Puncak pagelaran fashion show batik day celebration kali ini menampilkan gaun malam yang glamor yang dipadu headpiace bertema ayam bekisar Madura karya tim kreatif Cak Herdy Seset Art.

Sementara aksesoris sospeso kreasi olahan perca batik karya Iis Febriyanti dimana keduanya merupakan putra-putri daerah asli Pamekasan yang selalu diajak untuk menjadi tim kreatif Sila Butik Batik Collection dalam setiap pagelaran adi busana maupun road show peringatan hari batik nasional setiap tahun.

Dengan Tagline “More Than Just Batik Wear” Sila Butik Batik Collection sudah memasarkan batik tulis Madura hingga ke-27 negara bukan saja dalam bentuk komoditas berupa kain batik namun juga busana, aneka kerajinan olahan, perca batik menjadi craft dan aksesoris cantik seperti tas, sepatu/sandal, bros, kalung, anting dan hiasan kepala seperti kopyah, topi pantai, aneka headpiace, dan bandana yang bisa dipesan satu paket dengan busananya.

Pengunjung disuguhi penampilan aneka trik dan kreasi tutorial mengenakan kain batik yang berpadu cantik dengan make-up “Beauty Look Batik Style” yang dipersembahkan Venus Cosmetic dari Kalbe Farma sebagai co sponsor kosmetik terpercaya untuk kecantikan dan kesehatan kulit wanita Indonesia.

Para batik lover terutama kaum wanita bisa mengeksplorasi kreatifitas berkain dan berbusana batik dimana selembar kain batik difungsikan sebagai kain lilit untuk bawahan kebaya, blazer, t-shirt , bahkan juga bisa digunakan sebagai outer, scraf, long torso maupun selendang yang menyempurnakan penampilan berbusana apalagi make up yang dipakai juga serasi dalam konsep daily beauty look batik style touch up yang fashionable.

Acara ini merupakan rangakaian road show 3 kota perayaan hari batik nasional mulai dari mulai 2 – 20 Oktober 2019.

Sila Butik Batik juga menggelar Bazaar Batik Exhibition di Smesco Jakarta, Pamekasan Madura, dan Surabaya.

Sila mengkampanyekan gerakan cintai, bela, beli, koleksi, dan wariskan batik tulis sebagai ikon identitas bangsa dengan melibatkan UKM dan industri hotel internasional dalam konsep kopi batik rempah.

Tiga komoditas asli Indonesia itu yang dinilai sebagai konsep city branding conectivity dalam meningkatkan PAD Jatim lewat karya industri kreatif untuk kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha.(jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.