Menu
Seminar virtual PWI Jaya: Menatap New Media di Era Pandemi - MenkopUKM Melepas Ekspor Perdana Lidi Nipah ke Nepal dan Lada ke Jepang - Mompreneur Penopang Ekonomi Keluarga di Masa Krisis - Pelaku UMKM Mulai Merasakan Manfaat Program PEN - Transaksi Kartu Kredit BNI Syariah Wajib Pakai Pin - Stok Darah Menipis, PMI Ajak Donor Darah sesuai Protokol Kesehatan Aman - Band Kotak Siap ' All Out' dalam konser Penggalangan Dana bagi 1000 Pekerja Seni Terdampak Covid-19 - HUT BNI, Pegawai dan Serikat Pekerja BNI Membagikan 146.000 Paket Sembako - MenKopUKM Ingin KSPPS BMT BUS Rembang Fokus Garap Sektor Pertanian dan Kelautan - MenKopUKM Dorong KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Pati Naik Kelas Ke Level Nasional

STERILISASI PENCEGAHAN COVID-19, BALAI KESEHATAN PENERBANGAN DESINFEKSI SELURUH RUANG DAN LINGKUNGAN KERJA

Maret 19, 2020 | news

JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Badan Layanan Umum (BLU) Balai Kesehatan Penerbangan (Hatpen) melakukan desinfeksi atau penyemprotan desinfektan seluruh ruangan dan lingkungan kerja di Kemayoran, Jakarta, pada Rabu (18/3/2020) dinihari. Hal ini dilakukan sebagai langkah sterilisasi dan kewaspadaan serta usaha pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Sebelumnya kami telah melakukan beberapa langkah preventif, yaitu pengecekan suhu tubuh pada seluruh pegawai dan personel penerbangan yang berkunjung atau melakukan pengecekan kesehatan di BLU Balai Hatpen, nuga disediakan penambahan penempatan hand sanitizer,” kata Sri Muraniariningsih (Rindu), Kepala BLU Balai Hatpen di Jakarta usai dilakukannya desinfeksi itu.

Menurut Rindu, langkah-langkah preventif penyebaran Covid-19 itu dilakukan sesuai dengan standard operasional procedur (SOP) yang sudah ditetapkan dan berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Perhubungan. Seperti imbauan untuk tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial (social distancing), serta imbauan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini dituangkan, baik dalam Surat Edaran Kepala Balai Hatpen maupun pengumuman-pengumuman, juga sosialisasi di layar monitor pelayanan.

“Kami juga mengimbau kepada para personel penerbangan untuk mengisolasi diri selama 14 hari jika yang bersangkutan baru melaksanakan tugas atau baru tiba dari negara atau wilayah atau kota terjangkit,” ucap Rindu.

Sebagaimana diketahui, BLU Balai Hatpen mempunyai tugas pemeriksaan dan pengujian kesehatan bagi personel penerbangan, seperti pilot, awak kabin, petugas operasi penerbangan (FOO, Flight Operation Officer), dan petugas pemandu lalu lintas udara (ATC, Air Traffic Controler). Setiap hari dikunjungi lebih dari 100 orang personel penerbangan guna mendapatkan medical certificatr bagi para personel penerbangan tersebut.

“Kami terus berupaya untuk tetap dapat melaksanakan pelayanan Prima dan juga berusaha agar para tenaga medis, serta tenaga pelayanan dan administrasi kami tetap dalam kondisi kesehatan yang prima. Secada bergantian, bagi tenaga yang bertugas juga kami terapkan untuk tidak masuk kantor atau melakukan work from home (WFH),” tutur Rindu.

Ditambahkan pula, “Meski waswas, kami selalu memberikan semangat dan motivasi pada seluruh pegawai agar berpikir positit, optimis, dan senantiasa berdoa. Kami juga mengimbau agar mereka terus meningkatkan daya tahan tubuh masing-masing.”

“Manajemen Balai Hatpen terus mengikuti dan memantau perkembangan berita tentang Covid-19. Semoga pandemi virus Corona ini segera berlalu. Itu harapan kami,” ujar Rindu.(jef)

Related For STERILISASI PENCEGAHAN COVID-19, BALAI KESEHATAN PENERBANGAN DESINFEKSI SELURUH RUANG DAN LINGKUNGAN KERJA