Menu
Angkasa Pura I Berikan Bantuan kepada Korban Banjir Banjar dan Manado - Komitmen KemenkopUKM Dorong Kolaborasi dan Digitalisasi Warteg untuk Tingkatkan Produktivitas Usaha - Tahun 2021, LPDB-KUMKM Juga Fokus Kembangkan Koperasi Syariah - MESKI PANDEMI, KINERJA 2020 PELINDO 1 TETAP POSITIF - SEMARAK HUT KE-71, BTN GELAR LOMBA KARYA TULIS DAN FOTO JURNALISTIK BTN siapkan hadiah total sebesar Rp171 juta - 2021, LPDB-KUMKM Dampingi Koperasi Potensial Melalui Inkubator Wirausaha - Sriwijaya Air Dampingi Keluarga Penumpang Tabur Bunga di Lokasi Musibah SJ-182 - LPDB-KUMKM Bantu Koperasi Bertahan di Masa Pandemi - MenKopUKM Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM agar Pasar Ekspor Meningkat - KemenKopUKM Fokus Kembangkan Enam Program pada 2021

Sukses Terbangkan Pesawat Wide Body, Bandara Lombok Segera Berbenah

Agustus 12, 2017 | news


PRAYA:(Globalnews.id) Sebanyak 488 jamaah calon haji kelompok terbang (Kloter) pertama Nusa Tenggara Barat (NTB) diterbangan dengan pesawar B 747- 400 dari Lombok Intetnasional Airport (LIA), Lombok Tengah NTB, Sabtu (12/8) ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi.

Pesawat dengan registrasi EC – KKN tersebut disewa Garuda Indonesia dari maskapai WA Mos Air dari Spanyol.

Penerbangan dengan pesawat berbadan besar B 747 – 400 merupakan sesuatu yang istimewa di LIA, karena baru pertama kali pesawat jumbo tersebut mendarat di LIA. Tahun lalu penerbangan haji Embarkasi Lombok menggunakan pesawat A 330 – 300.

GM PT Angkasa Pura (AP) I LIA, I Gusti Ngurah Ardita menjelaskan, penerbangan dengan pesawat wide body di LIA merupakan sebuah prestasi. ” Penerbangan sukses berkat usaha dan doa semua pihak,” ujarnya.

Untuk mengoperasikan pesawat B 747 – 400 pihaknya sudah memperhitungkan tingkat resiko yang dihadapi.
” Resiko harus perhitungkan untuk mewujudkan keselamatan penerbangan. Karena itu persiapan harus dilakukan dengan matang sesuai prosedur standar operasi sehingga bisa meminimlaisir resiko,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah melakukan bimbingan dalam penyelenggaraan penerbangan haji di LIA

Setelah berhasil menggunakan pesawat wide body, ke depan LIA harus siap untuk didarati pesawat wide body.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengembangan fasilitas Bandara antara lain pembangunan apron dan terminal internasional.

Di tempat sama, GM Garuda Indonesia Cabang Lombok Yans Verio penggunaan pesawat B 747-400 telah dipersiapkan secara matang.

“Penggunaan pesawat wide body untuk mengantisipasi bertambahnya kuota haji di NTB agar semua bisa terangkut,” terangnya.

Pihak WA Mos Air, sebagai pemilik pesawat tidak mempermasalahkan kondisi LIA.
” Setelah data spesifikasi LIA dari AP I kami sampaikan, WA Mos Air tidak mempermaslahkan.Mereka langsung menyatakan clear,” tegasnya.

Masyarakat NTB meminta pemerintah agar menambah kuota jamaah haji NTB, karena animo masyarakat NTB sangat tinggi.Daftar tunggu calon jamah haji NTB saat ini selama 23 tahun.(jef)

i

Related For Sukses Terbangkan Pesawat Wide Body, Bandara Lombok Segera Berbenah