Global News Indonesia
Menu
Perum Jamkrindo dan LPDB KUMKM Kerja Sama Penjaminan Pinjaman Langsung dan Tidak Langsung pada KUMKM - Kemenkop dan UKM Berharap Koperasi Menjelma Jadi Konglomerasi - Kemenkop dan UKM Rilis Skema Baru Penyaluran KUR - Mahasiswa dan Alumni Magister Kenotariatan Universitas Jambi Dapat Pembekalan Perkoperasian - BNI Cetak Laba Bersih Rp 13,62 Triliun Tumbuh 20,1% - Ketua DK OJK Wimboh Santoso Jadi Ketum MES 2017-2020 - Menteri Puspayoga Minta Koperasi Bisa Profesional Kelola Pasar Rakyat - Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan Kredit Nasabah Bank Sultra - NPAK yang Terdaftar di SISMINBHKOP Baru 25 Persen - Koordinasi dengan Tim OK OC, Bank DKI Siap Dukung Program Pembangunan UMKM

Tingkatkan Faktor Keselamatan, Ditjen Hubdat Laksanakan Ramp Check Secara Periodik

December 10, 2017 | news

JAKARTA: (Globalnews.id)- Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub akan melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan orang dan barang (ramp check) secara periodik dan terprogram. Salah satu tujuannya untuk menyadarkan kembali kepada masyarakat betapa pentinganya aspek keselamatan dalam bertransportasi.

“Kami akan lakukan kegiatan ini (ramp check) secara periodik, seperti yang dilakukan Polri. Harapannya nantinya tidak ada lagi kecelakaan yang disebabkan karena tidak laiknya kendaraan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi saat memimpin ramp check kendaraan angkutan logistik di Puninar Logistic, Cakung Jakarta Timur, Minggu (10/12/2017l.

Budi menegaskan, kegiatan ramp check sebagai bagian dari upaya meningkatkan keselamatan ini nanti akan dibudayakan tidak hanya pada event-event tertentu saja. “Kita akan mencoba meniru polanya dari teman2 kepolisian. Kalau bisa ini menjadi suatu kebiasaan, karena ini harus terus menerus kita lakukan. Kita harus bangun opini ini kepada para pengusaha dan masyarakat,” jelasnya.

Budi menambahkan, saat ini hingga tiga hari ke depan pihaknya mengadakan ramp check di seluruh indonesia. “Jadi kita secara serentak sekarang melakukan di seluruh indonesia dan bagi yang melanggat akan dilakukan tilang,” tegasnya.

Budi juga mengatakan, tujuan dari ramp check ini adalah untuk membangun kembali kesadaran masyarakat supaya sadar bahwa keselamatan itu utama. “Kalau sekarang ini mungkin banyak menyangkut masalah kemacetan, itu mungkin bagian daripsa transportasi tapi keselamatan adalah prioritas utama kita semuanya,” ujarnya.

Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Hubdat Kemenhub, Ahmad Yani menjelaskan, pelaksanaan ramp check saat ini dilakukan di 22 provinsi di seluruh Indonesia. Pemeriksaan meliputi unsur administrasi, unsur utama terkait dengan wiper lampu dan lainnya.

Dari 22 provinsi tersebut telah diperiksa 200 kendaraan dengan rincian 101 dinyatakan lulus dan 99 lainnya dikenakan sanksi administrasi karena ditemukan pelanggaran. (jef)

 

Related For Tingkatkan Faktor Keselamatan, Ditjen Hubdat Laksanakan Ramp Check Secara Periodik