Global News Indonesia
Menu
Kemenkop dan UKM Fasilitasi KUKM Potensial Ekspor untuk Ikut TEI 2018 - Koperasi Miliki Peran Strategis untuk Pemerataan Ekonomi Daerah - Indonesia Siap Edukasi UMKM dengan Fintech - BNI ITB Ultra Marathon, Momentum Cintai Kampus dengan Olahraga & Reksadana - Berperan Untuk Ekonomi Dunia yang Lebih Baik - Kemenkop dan UKM Sebut Banyak Peluang Anak Muda di Era Revolusi Industri 4.0 - Kemenkop dan UKM Ingatkan Dekopin Evaluasi Pelaksanaan Tugas dan Rekomendasi Hasil Kongres Koperasi - Presiden Jokowi Bersama Para Menteri Kabinet Kerja Apresiasi Kopi Solidaritas - BNI Mendapat Dukungan dari Standard Chartered, DBS, UOB dan HSBC - Bantu Korban Bencana, BNI Ajak Psikolog Beri Pertolongan Pertama Psikologi Pascabencana

Tingkatkan Good Governance OJK Luncurkan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi

Mei 14, 2018 | ekbis


JAKARTA:(Globalnews.id)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi (SI-AUTO) sebagai bentuk transformasi keuangan untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di OJK.

“Pembenahan terus menerus dilakukan agar pengelolaan keuangan OJK semakin transparan dan akuntabel. Continuous improvement merupakan salah satu budaya kerja OJK untuk terus dapat memberikan yang terbaik tidak hanya bagi industri jasa keuangan, tetapi juga bagi bangsa dan negara,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat peluncuran Si-Auto di Jakarta, Senin.

Menurut Wimboh, SI-AUTO diharapkan dapat menciptakan sistem manajemen keuangan OJK yang mengintegrasikan aspek perencanaan keuangan dalam bentuk anggaran berbasis kinerja, sistem pembayaran yang cepat dan otomatis, perhitungan perpajakan yang akurat dan tepat waktu, pengelolaan aset yang andal serta pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan akuntabel.
Dengan SI-AUTO ini, diharapkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK selama ini dapat dipertahankan oleh OJK, untuk tahun-tahun berikutnya.
“Upaya tersebut tentunya juga harus diiringi dengan peningkatan kinerja OJK sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh Industri Jasa Keuangan di Indonesia pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” katanya.

Aplikasi SI-AUTO merupakan pengintegrasian lima aplikasi keuangan terpisah sebelumnya, yaitu empat aplikasi keuangan dan satu aplikasi pengelolaan aset.
Di samping transformasi keuangan melalui SI-AUTO, OJK juga melakukan transformasi keuangan melalui tiga aspek lainnya yaitu penyempurnaan standar dan kebijakan akuntansi OJK, penerapan anggaran berbasis kinerja atau Performance Based Budgeting (PBB) dan penyiapan SDM petugas implementasi SI-AUTO.

Dengan transformasi keuangan tersebut, diharapkan Laporan Keuangan OJK mulai semester 1 tahun 2018 dapat dihasilkan secara otomatis melalui SI-AUTO. Selanjutnya, laporan keuangan secara real time dapat dihasilkan sesuai kebutuhan OJK.(jef)

Related For Tingkatkan Good Governance OJK Luncurkan Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi