Global News Indonesia
Menu
Apotik Kimia Farma Kini Jadi Agen46 BNI - Asian Games 2018 Peluang Produk UMKM Masuk Pasar Internasional. - Dimulai di NTT, BNI Pionir Penyaluran KUR untuk Petani Garam - Kemenkop dan UKM Berikan Bantuan Bagi Penyuluh Koperasi Korban Gempa Lombok - Tingginya Arus Mutasi di Daerah Jadi Kendala Pembinaan ASN Perkoperasian - Literasi Keuangan & Kampanye AG 2018, BNI Hadiahi 2.000 Taplus Anak - Bank DKI Raih Penghargaan Top Bank Bidang Fintech - Transaksi Non Tunai - Pelaku WP Antusias Sambut Program Bantuan Modal dari Kemenkop dan UKM - Kemenkop dan UKM Ajak Pensiunan Bantu Program Pengembangan KUMKM - Bintang Puspayoga Buka Pelatihan Klinik Bisnis Pelaku Usaha Kuliner

Tingkatkan Keamanan Transaksi, BNI Terapkan 3D Secure

Mei 5, 2018 | ekbis

Foto: Okki

BOGOR: (Globalnews.id)- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kini menerapkan sistem pengamanan baru untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat bertransaksi menggunakan Kartu Debit BNI. Pengamanan yang ditanamkan BNI untuk melindungi transaksi Kartu Debit BNI saat ini adalah sistem 3 Domain Secure (3DS).
3DS merupakan protokol pengamanan yang digunakan oleh bank-bank diseluruh dunia untuk
mengotentifikasi transaksi kartu secara online dengan menggunakan real card number dalam bertransaksi online. Demikian disampaikan oleh General Manager Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies saat menyampaikan update terbaru tentang perkembangan produk dan layanan BNI terbaru kepada media di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5 Mei 2018). Hadir juga pada kesempatan tersebut General Manager Divisi Bisnis Kartu BNI Okki Rushartomo.
Corina menuturkan, sistem 3DS ini akan menambah pengamanan transaksi online saat menggunakan Kartu Debit BNI. 3DS juga mampu meningkatkan kepercayaan pemegang Kartu Debit
BNI dalam bertransaksi online.
“Dengan adanya peningkatan pengamanan ini, kami berharap akan ada peningkatan penggunaan Kartu Debit BNI pada transaksi online. Untuk memanfaatkan sistem 3DS ini, masyarakat sebaiknya segera mengunduh aplikasi transaksi digital BNI atau mobile banking BNI”, lanjut Corina.
Okki Rushartomo mengungkapkan, BNI sendiri sudah menerapkan 3DS untuk transaksi Kartu Kreditnya sebelum diterapkan pada Kartu Debit.

foto: Corina

“Keamanan transaksi 3DS Kartu Kredit sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012 dan sampai saat ini, transaksi Kartu Kredit BNI khusus di online sudah berkembang dengan growth mencapai 50% setiap tahunnya dalam 2 tahun terakhir,” imbuh Okki.
Keamanan bertransaksi baik pada saat menggunakan Kartu Debit BNI, Kartu Kredit BNI, maupun aplikasi transaksi online BNI yap! merupakan langkah penting karena produk-produk layanan BNI tersebut merupakan tulang punggung gaya hidup cashless. Terdapat 7 keuntungan bagi masyarakat yang ingin menerapkan gaya hidup cashless, yaitu Pertama, meminimalkan kerugian akibat kehilangan. Kedua, membayar hanya sebesar yang dibeli. Ketiga, menghemat uang karena banyak promo transaksi dari BNI. Keempat, pengeluaran menjadi lebih terukur. Kelima, menghindari uang palsu. Keenam, hidup menjadi lebih praktis. Ketujuh, jumlah merchant yang menerima transaksi cashless semakin banyak.
Beberapa waktu yang lalu BNI menjadi bank pertama yang menerbitkan Kartu Debit BNI berlogo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. Langkah ini penting karena salah satu tujuan penerapan GPN pada produk Kartu BNI adalah peningkatan keamanan saat bertransaksi. Tujuan lain dikembangkannya sistem GPN adalah menciptakan ekosistem yang interkoneksi, interoperabel, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik dengan memperhatikan keamanan, kelancaran, dan efisiensi. Dengan sistem GPN yang lebih terintegrasi, transfer antar bank juga menjadi lebih murah dan semua EDC dapat menerima kartu dari bank manapun.

Sambut HUT dan Bulan Suci
Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Okki Rushartomo juga menuturkan, BNI telah menyiapkan berbagai program untuk memberikan ekstra kenyamanan bagi nasabah pemilik Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI, dan BNI yap!. Promo ini dikaitkan dengan program BNI untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 dan sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan, hingga menyambut Hari Raya Idul Fitri 2017.
Okki menuturkan bahwa selama Bulan Suci Ramadhan 2018, Kartu Kredit BNI dapat dimanfaatkan nasabah untuk mendapat promo di merchant Dining, Electronic & Gadget, Fashion, Groceries & Department Store, Theme Park, dan juga Travel. Promo di merchant-merchant tersebut sengaja disiapkan jauh jauh hari sesuai dengan animo berbelanja masyarakat yang meningkat pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018.
“BNI memahami kebutuhan masyarakat selama bulan suci berlangsung. Sejalan dengan tren belanja online akhir-akhir ini, Kartu Kredit BNI juga memungkinkan nasabah untuk mendapatkan diskon atau cashback di Zalora, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Elevenia. Dengan Kartu Kredit BNI Co Brand & Affinity, nasabah juga berkesempatan mendapatkan cashback 2,5% untuk pembelian Tiket Pesawat Garuda dengan minimum transaksi Rp 5 juta,” ujar Okki.
Setelah bulan suci Ramadhan berlangsung, BNI masih menawarkan promo melalui Kartu Kredit BNI di berbagai merchant untuk merayakan HUT BNI ke-72. Promo yang ditawarkan memiliki unsur angka 72 seperti misalnya hanya membayar 72% dari total transaksi di Lotte Mart dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal diskon Rp 280 ribu.
Begitu juga dengan Kartu Debit BNI yang menawarkan banyak diskon di berbagai merchant.
Untuk pecinta film, di CGV Cinema tersedia Buy 3 Get 1 Free khusus pada Hari Rabu & Minggu (tiket reguler class). Berlaku sampai 31 Agustus 2018, serta di XX1 (bioskop terpilih) bayarnya 1 nontonnya berdua setiap hari Jum’at.
Bagi penggemar makan, di BAKMI GM, terdapat Free Fruitilala untuk minimum transaksi Rp 125.000,- berlaku di outlet Bakmi GM kecuali outlet di Bandara, Stasiun dan Food Court. Berlaku sampai 31 Mei 2018
Jajan di McDONALD pun tersedia promo Beli 1 Gratis 1 Choco Sundae. Berlaku setelah pembelian minimal Rp 55.000,- dengan menggunakan Kartu Debit BNI berlogo Mastercard. Berlaku setiap hari Sabtu dan Minggu dan berlaku Sampai 30 September 2018.
Bagi penggemar donat di Krispy Kreme Reguler BNI membuat program Buy 1 get 1/2 Free Dozen Doughnut atau free Beverage (Outlet Bandara minimal transaksi Rp 150.000,-) pada setiap Sabtu dan Minggu dengan kartu Debit BNI. Di Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno – Hatta, tersedia FREE 1 cup minuman setiap pembelian 1/2 lusin donat dengan Kartu Debit BNI Garuda. Periode hingga 31 Januari 2019.
Adapun promo bersama pemegang Kartu Debit dan Kredit BNI dpt ditemui antara lain di Gramedia dimana di BNI memberikan Diskon 10% untuk Buku terbitan Kompas Gramedia. Berlaku hingga 30 September 2018.
Tengok juga di Bakerzin, karena tersedia diskon 20%, dengan minimum transaksi Rp. 350.000,- dan maksimum transaksi Rp. 1.500.000,-. Berlaku setiap hari hingga 14 Mei 2018.
Begitu juga di Shaburi, ada diskon 20% dengan minimum transaksi Rp 600.000,- dan maksimum transaksi Rp. 1.500.000,-. Berlaku setiap hari Hingga 14 Mei 2018.
Diskon yang sama tersedia juga di Pepper Lunch, dengan minimum transaksi Rp. 250.000,- untuk Pepper Lunch dan Rp 200.000,- untuk Pepper Lunch Express, maksimum transaksi Rp. 1.500.000,-. Berlaku setiap hari hingga 14 Mei 2018.
Tidak ketinggalan bagi penggemar es krim di Coldstone tersedia diskon 40% untuk minimal transaksi Rp 100.000,- dan maksimal transaksi Rp 1 juta. Promo ini berlaku setiap Senin – Jumat. Berlaku sampai 30 September 2018.
Untuk penggemar kopi yang berkunjung ke CERITA KOPI, dapatkan diskon 20%. Maksimal transaksi Rp 2 juta berlaku sampai 30 September 2018.
Adapun bagi penggemar The Jungle Waterpark, BNI menyiapkan diskon hingga 50% untuk pembelian tiket. Promo ini berlaku sampai 14 Mei 2018. Lalu untuk pengunjung SNOWBAY, BNI menyajikan diskon 40% untuk pembelian tiket. Promo ini berlaku sampai 30 September 2018.
BNI juga menggelar program Go! Wet Waterpark Bekasi, Pay 1 For 3. Promo di GO! Wet Waterpark Bekasi ini berlaku sampai 30 Juni 2018. (jef)

Related For Tingkatkan Keamanan Transaksi, BNI Terapkan 3D Secure