Menu
Para Stakeholder Terus Dorong Digitalisasi Perparkiran - 100 Koperasi Besar Indonesia Bukukan Akumulasi Aset Rp 66,6 Triliun - LPDB-KUMKM Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Penjamin Daerah - PP Nomor 7/2021 Terbit, Koperasi dan UMKM Mendapat Banyak Kemudahan - Kisah Bahagia Ditengah Pandemi, UKM Masih Tetap Ekspor - LPDB-KUMKM Support Permodalan Untuk Dua Koperasi di NTB - JD.ID Resmi Buka Warehouse ke-13 di Kota Palembang, Sumatera Selatan - Koperasi yang Banyak Menaungi UMKM Diarahkan Mengakses Pembiayaan ke LPDB KUMKM - LPDB-KUMKM Siap Fasilitasi Pembiayaan pada Dua Calon Mitra di NTB - BNI dan Satgas Covid-19 Sosialisasikan Penanganan Limbah Masker

TINGKATKAN PELAYANAN HAJI, BPKH LUNCURKAN PROGRAM IKHSAN (INTEGRASI KEUANGAN HAJI SISTEM APLIKASI NYATA )

Februari 3, 2021 | news

Jakarta:(Globalnews.id)- Mewujudkan sistem keuangan haji yang transparan, akuntable dan memberikan manfaat
kepada calon Jemaah haji Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan program
IKHSAN (Integrasi Keuangan Haji Sistem Aplikasi Nyata) yakni sistem koneksi host to host yang mengintegrasikan 2 (dua) sistem yang masing-masing dikelola oleh Kementrian Agama yakni SISKOHAT ( Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) dan sistem yang dikelola oleh BPKH yaitu SISKEHAT (Sistem Keuangan Haji Terpadu).

Peluncuran secara resmi dilakukan pada Rabu (03/02) di Jakarta oleh Kepala BP BPKH Anggito Abimanyu dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta disaksikan Ketua Dewan Pengawas BPKH Yuslam Fauzi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dan Sekjen Kemenag Nizar.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menyatakan dengan terintegrasinya 2 sistem utama dalam pengelolaan haji ini diharapkan untuk mampu meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji dan peningkatkan nilai manfaat dana kelolaan keuangan haji.

Program IKHSAN akan secara real time memberikan informasi mengenai data calon Jemaah haji, jumlah dana kelolaan, bank penerima setoran biaya haji dan informasi penting lainnya terkait pengelolaan dana haji. “Jadi kalau sebelumnya antara Kemenag dan BPKH sering mengalami kendala dalam rekon (anggaran), maka dengan sistem ini hal tersebut tidak perlu terjadi lagi. Menteri Agama bisa melihat semua kondisi keuangan haji secara real time,” ungkap
Anggito.

IKHSAN juga merupakan bagian dari transformasi digital BPKH dalam melayani Jemaah Haji. Selain itu IKHSAN menjadi program yang mendukung penuh sinergi BPKH dan kementerian agama dalam meningkatkan pelayanan haji Indonesia serta diharapkan meningkatkan
akuntabilitas pengelolaan keuangan haji. Program ini selain bisa diakses oleh otoritas terkait, calon jamaah juga nantinya dapat melihat perkembangan uang yang telah disetorkan
(Jef)

tags:

Related For TINGKATKAN PELAYANAN HAJI, BPKH LUNCURKAN PROGRAM IKHSAN (INTEGRASI KEUANGAN HAJI SISTEM APLIKASI NYATA )