Tasikmalaya:(GLOBALNEWS.ID)- Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya menggenjot potensi daerah dengan menggelar berbagai pelatihan. Kali ini, bersama Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya, Kemenkop menggelar pelatihan bidang marketing media sosial, branding sederhana untuk UKM, logo dan merk dagang dan smartphone photography melalui pelatihan kewirausahaan berbasis potensi lokal.
“Kegiatan ini tentunya sebagai upaya meningkatkan daya saing produk lokal dengan memiliki berbagai olahan dan kualitas yang bagus”, kata Asisten Deputi Standardisasi dan Sertifikasi SDM KUMKM Kemenkop UKM, Retno Endang Prihantini, dalam sebuah acara pelatihan di Tasikmalaya, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Retno menambahkan, pelatihan ini diikuti 130 orang yang terdiri dari berbagai macam pesantren di Tasikmalaya. “Rinciannya, 40 orang pelatihan kewirausahaan, 30 orang pelatihan akuntansi koperasi dan penyusunan kaporan keuangan, 30 orang pelatihan bagi pengelola Lembaga Keuangan Mikro berbasis kompetensi, dan 30 orang pelatihan vocational keterampilan teknis bagi SDM KUMKM”, ujar Retno.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tensga Kerja Kabupaten Tasikmalaya Eddy Nurmana mengatakan, pihaknya menyambut positif pelatihan yang diadakan Kemenkop UKM untuk pengembangan usaha santri di pesantren.”Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan dampak positif untuk mengenal lebih dalam terkait potensi daerah yang dapat meningkatkan tumbuhnya perekonomian daerah dan perbaikan taraf hidup masyarakat”, pungkas Eddy.(jef)