Menu
Dorong UMKM Naik Kelas dan Ciptakan Enterpreneur Produktif, Menteri Teten Luncurkan New PLUT - Menteri Teten Dorong Kopi Robusta Lombok Go Internasional Melalui Ajang MotoGP - KemenkopUKM Gelar Pelatihan Vocational Bagi Penyandang Disabilitas Di NTB - Laba BNI 2021 Naik 3 Kali Lipat - LPDB-KUMKM Siap Lakukan Pendampingan Koperasi Potensial - Lepas Lair Band Tur ke Enam Negara, MenKopUKM: Akar Budaya Indonesia Adalah Sumber Ekonomi Kreatif - MenKopUKM Teten Masduki Sambut Inisiatif Bill Gates dan Filantropis Dunia Dukung UMKM Indonesia - MenKopUKM Dorong Peternak Ayam Ciremai Group untuk Manfaatkan KUR Klaster Pertanian - Tim Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Audiensi dengan Kejagung RI - Menteri Teten: Kacang Koro Pedang Jadi Alternatif Atasi Ketergantungan Impor Kedelai

Basarnas Berikan Pelatihan Dasar pada Kader Baguna PDI Perjuangan

November 23, 2017 | news


JAKARTA: (Globalnews.id) – Basarnas memberikan pelatihan dasar pencarian dan pertolongan (SAR) kepada kader Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan di Buperta Cibubur. “Terima kasih atas kerjasama ini, semua dilakukan sebagai bagian dari dedikasi kepada bangsa dan negara, sejak awal dibentuknya Baguna karena melihat pentingnya penanggulangan bencana dan penanganan korban boncana dimana kondisi geografis Indonesia yang rawan bencana karena merupakan area Ring of fire.” Demikian diungkapkan Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarnoputri saat pidato penutupan Pelatihan Dasar SAR Baguna PDIP di Buperta Cibubur, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Menurut Megawati, sudah 12 tahun Baguna terbentuk dan banyak operasi pencarian dan pertolongan yang sudah dilakukan, salahsatunya di Aceh saat terjadi tsunami. “Partai politik harus memiliki tanggung jawab sosial dan kemanusian, dan satu-satunya partai yg memiliki tim rescue secara serius adalah PDIP,” tegas Megawati yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M Syaugi mengatakan, bahwa pihaknya telah lama melakukan kerjasama pelatihan dasar SAR kepada Baguna PDIP yang juga telah dituangkan dalam Nota Kesepahaman dimana kerjasama pelatihan yang terakhir dilakukan pada tahun 2016 lalu. “Basarnas memberikan pelatihan dasar pencarian dan pertolongan dan juga memfasilitasi pelatihan, alat pelatihan milik Basarnas seperti perahu karet, kendaraan amphibi, dan helikopter juga digunakan agar para peserta pelatihan mengetahui kondisi dilapangan, karena materi pelatihan yang diberikan tidak hanya metode tetapi juga teknis dilapangan.” Tuturnya.

M Syaugi menjelaskan, saat ini ada 89 peserta dari Baguna yang mengikuti pelatihan selama 7 (tujuh) hari di Buperta dari 12 Provinsi. “Rencananya mereka yang dilatih akan berjumlah 1 Batalyon Tim Rescue Baguna sesuai dengan MOU, dan Basarnas terbuka untuk memfasilitasi untuk memberikan pelatihan, karena potensi SAR bisa dari mana saja, termasuk masyarakat.” Jelas M Syaugi.

Penutupan program pelatihan dasar SAR Tim Rescue Baguna PDIP diawali dengan demonstrasi pertolongan dan pencarian korban banjir yang melibatkan seluruh Tim Rescue Baguna PDIP, seluruh personil mampu menjalankan peran dan fungsinya dalam misi pencarian dan pertolongan dan menggunakan alat-alat pendukung operasi seperti perahu karet, kendaraan amphibi dan alat lainnya dalam mencari dan menolong korban bencana. sejak awal hingga akhir demonstrasi berjalan mulus Demonstrasi pencarian dan pertolongan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri PUPR Basuki, Kepala Basarnas M Syaugi dan Pimpinan Partai PDIP. “Melihat demostrasi yang dilakukan oleh seluruh peserta, sepertinya mendatang perlu dibuat lomba mendayung perahu karet, agar bisa cepat mencari dan menolong korban.” Pungkas Megawati Soekarnoputri. (jef)

Related For Basarnas Berikan Pelatihan Dasar pada Kader Baguna PDI Perjuangan