Menu
MenkopUKM Ungkapkan 3 Strategi Utama Tingkatkan Ekspor UMKM - KemenkopUKM Gelar FGD Pengembangan Usaha Mikro di Kawasan Wisata Mandalika - Indahnya Keberagaman pada Festival Teluk Jailolo - Pelaku Kreatif Kuliner Bandung Inisiasi Wadah Koperasi untuk Permudah Pembiayaan - MenkopUKM: Berwirausaha Menjadi Pilihan Strategis bagi Kaum Milenial - MenkopUKM Dorong Kopkar RSCM Masuk ke Sektor Usaha Alat Kesehatan - Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030 - Kanwil BRI Jakarta II Salurkan Sembako ke Anak Yatim dan Lansia di Desa Cidokom, Bogor - SeskemenkopUKM: Target Pembangunan Koperasi dan UMKM Tercapai Bila Program Pusat dan Daerah Selaras - MenkopUKM: UMKM Harus Bangun Produk Unggulan yang Khas dan Unik

Dorong BUMDes Perluas Usaha, Bank BRI Gandeng Lion Parcel

Mei 25, 2018 | ekbis

YOGYAKARTA:(Globalnews.id)-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkomitmen untuk melakukan pendampingan kepada Badan usaha milik desa (BUMDes) binaan di berbagai wilayah kerjanya. Kali ini, Bank BRI bekerja sama dengan PT. Lion Express (Lion Parcel) melakukan terobosan dengan membuat konsep kemitraan dengan cara menjadikan BUMDes Binaan BRI sebagai Agen Lion Parcel.

Kesepakatan kerjasama ini dituangkan dalam Memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dengan Direktur Utama Lion Parcel Farian Kirana disaksikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Direktur Utama Lion Group Edward Sirait, di Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (25/5).

Dalam kesempatan ini, Bank BRI mendorong 5 BUMDes binaannya menjadi Agen Percontohan Lion Parcel dengan memberikan sepeda motor, komputer dan printer untuk mempermudah menjalankan operasional sebagai Agen Lion Parcel. Kelima BUMDes Binaan BRI yakni BUMDes Maju Mandiri Gunung Kidul, BUMDes Wiguna Utama Pemalang, BUMDes Jaya Sejahtera Tasikmalaya, BUMDes Sukadamai Sukabumi, dan BUMDes Bangkuyung Pandeglang.

Sis Apik mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan hasil kolaborasi Bank BRI dengan Lion Grup agar BUMDes kian berkembang. Melalui kantor-kantor Lion Parcel, diharapkan BUMDes dapat turut membantu ekpedisi pengiriman sekaligus meningkatkan cakupan usaha. “Teknisnya, untuk barang kiriman ke area yang belum ada jaringan milik Lion Parcel, maka Lion Parcel akan meneruskan kiriman paket tersebut melalui BUMDes, lalu BUMDes akan menyampaikan kepada si penerima. Begitu pula sebaliknya, barang kiriman dari pengirim akan ditampung di BUMDes, diinput ke dalam sistem, dan kemudian BUMDes akan meneruskannya ke Sub Konsol Lion Parcel.” ungkap Sis Apik.

Saat ini Bank BRI telah menjadikan sekitar 14.000 BUMDes sebagai mitra BRI dimana 2.008 diantaranya telah menjadi Agen BRILink. Ke depan, sinergi antara Bank BRI dan Lion Group yang telah terjalin baik selama ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata terutama bagi masyarakat pedesaan melalui BUMDes.(fan)

Related For Dorong BUMDes Perluas Usaha, Bank BRI Gandeng Lion Parcel