Menu
KemenkopUKM Gelar FGD Pengembangan Usaha Mikro di Kawasan Wisata Mandalika - Indahnya Keberagaman pada Festival Teluk Jailolo - Pelaku Kreatif Kuliner Bandung Inisiasi Wadah Koperasi untuk Permudah Pembiayaan - MenkopUKM: Berwirausaha Menjadi Pilihan Strategis bagi Kaum Milenial - MenkopUKM Dorong Kopkar RSCM Masuk ke Sektor Usaha Alat Kesehatan - Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030 - Kanwil BRI Jakarta II Salurkan Sembako ke Anak Yatim dan Lansia di Desa Cidokom, Bogor - SeskemenkopUKM: Target Pembangunan Koperasi dan UMKM Tercapai Bila Program Pusat dan Daerah Selaras - MenkopUKM: UMKM Harus Bangun Produk Unggulan yang Khas dan Unik - SeskemenkopUKM Dorong Pelaku UKM Tingkatkan Kapasitas Guna Menembus Pasar Ekspor

FL Technics Indonesia dan PT Angkasa Pura Properti Tandatangani MoU Kembangkan Fasilitas MRO di Bandara I Gusti NGurah Rai Bali

Juni 3, 2021 | ekbis

Jakarta:(Globalnews.id)-Potensi industri kedirgantaraaan Indonesia semakin menguat dengan ditandatanganinya nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara FL Technics Indonesia (PT Avia Technics Dirgantara), perusahaan joint venture Lithuania-Indonesia yang bergerak di bidang MRO (maintenance, repair, overhaul) pesawat udara dengan PT Angkasa Pura Properti, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero).

Nota kesepahaman ini menjadi awal bagi rencana pengembangan kerja sama operasi antara kedua perusahaan untuk membangun fasilitas perawatan pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh kedua pimpinan perusahaan, yaitu Presiden Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigalavicius dan Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Pikri Ilham Kurniansyah di Kantor Pusat PT Angkasa Pura Properti, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis 3 Juni 2021.

Nota kesepahaman ini diharapkan menjadi angin segar bagi bangkitnya perekononomian di Bali yang selama ini sangat bertumpu pada bidang pariwisata dan bagi industri transportasi yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan kerjasama operasi ini, maka bisnis MRO diproyeksikan dapat menjadi salah satu investasi menarik bagi pemulihan ekonomi di Bali dan juga Indonesia. Melalui MRO pesawat udara, diharapkan tingkat kunjungan internasional ke Indonesia, terutama Bali, menjadi kembali aktif. Mengingat klien-klien FL Technics Indonesia selama ini merupakan maskapai-maskapai penerbangan asing.

Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan salah satu langkah PT Angkasa Pura Properti dalam melakukan ekspansi bisnisnya dimana sejak 2012 PT Angkasa Pura Properti telah memberikan kontribusi dalam pengembangan fasilitas dan peningkatan kualitas bandara – bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

Hal ini juga menandai berlanjutnya kehadiran FL Technics Indonesia, yang sejak tahun 2015 telah menjalankan bisnis MRO-nya di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan berhasil menarik perhatian maskapai-maskapai penerbangan internasional untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pesawat di hanggar FL Technics Indonesia yang berada di dekat Terminal 2 bandara tersebut.

Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigalavicius mengatakan, “Sejak berbisnis di Indonesia, saya menjadi jatuh cinta dengan negara ini dan melihat bahwa Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan bersama dengan negara-negara lain. Karena itu saya berkomitmen untuk mengembangkan lebih banyak kerja sama internasional ini melalui kehadiran FL Technics di Indonesia. Untuk itulah selain terus melanjutkan eksplorasi potensi usaha lainnya di tempat kami beroperasi saat ini, kami antusias sekali merespon peluang usaha dari pihak PT Angkasa Pura Properti untuk mengembangkan bisnis di Bali. Selain keindahannya, kami melihat bahwa Bali merupakan destinasi yang tepat bagi kami untuk mengembangkan industri MRO. Dengan kerja sama ini, akan tercipta lebih dari 500 lapangan kerja baru bagi para profesional di bidang aviasi dan saya optimis kita bisa bersama-sama mengembalikan perekenomian di Bali dan menyemarakkan kembali industri transportasi udara Indonesia”.

Pada kesempatan tersebut Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti, Pikri Ilham Kurniansyah juga mengatakan “Kami sangat optimis dalam menyambut kerjasama MRO. Hal ini akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi industri transportasi khususnya transportasi udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kolaborasi kami bersama FL Technics merupakan wujud dalam mendukung bangkitnya perekonomian di Bali. Kami selalu membuka peluang untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal ekspansi bisnis. Meskipun kita masih harus hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 Angkasa Pura Property akan terus bergerak dan bertumbuh dalam mengembangkan bisnisnya.”

Sebagai induk perusahaan PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut positif penandatanganan nota kesepahaman ini. Hadir di acara penandatanganan nota kesepahaman ini, Dendi T. Danianto, Direktur Pengembangan Bisnis PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan “Saya sangat senang dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini. Hal ini akan menjadi proyek yang dibanggakan di airport kita nanti. Dengan dimulainya Kerjasama ini maka PT Angkasa Pura Properti memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis dengan MRO Global Players dan ini sejalan dengan strategi PT Angkasa Pura I (Persero) untuk ekspansi bisnis yang tidak tergantung dengan penerbangan saja. Sehingga dengan adanya bisnis MRO akan terjadi transfer knowledge dari FL Technic khususnya tentang manajemen MRO. Saya berharap kerjasama ini menjadi awal yang baik dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak serta bersama kita dapat rebound dari pandemi Covid-19 ini.(Jef)

Related For FL Technics Indonesia dan PT Angkasa Pura Properti Tandatangani MoU Kembangkan Fasilitas MRO di Bandara I Gusti NGurah Rai Bali